Jumat, 30 Maret 2012

cita rasa makanan Laut

Negara kita merupakan negara kepulauan sehingga sangat mudah membentuk pola makan sehat dengan menu hidangan laut. Hidangan laut (seafood) adalah sumber protein, mineral, dan vitamin, juga mengandung omega 3 yang dianjurkan para ahli untuk kesehatan jantung.

Hanya saja untuk mengonsumsinya harus dalam keadaan segar, baik dibakar, dikukus (dipepes), maupun untuk sup. Tidak jarang orang malas mengonsumsi ikan, karena dalam keadaan tidak segar bau ikan menjadi amis. Untuk itu perlu mengetahui bagaimana memilih ikan segar.

Hidangan laut yang termasuk mollusca adalah remis, kerang, oyster, dan scallops. Sedangkan yang termasuk crustaceans adalah udang, kerang, lobster, dan kepiting. Hidangan laut banyak dijual dalam bentuk beku, seperti cumi dan udang, yang sudah bersih dalam kantong plastik.

Namun, untuk selera dan aroma yang unggul sebaiknya hidangan laut dibeli dalam bentuk segar, dan setelah itu harus segera diolah. Pengolahan hidangan laut sangat mudah sehingga bisa cepat disajikan.

Kepiting Saos Padang , Mantap!



 Datang ke Kota Udang belum komplit rasanya kalau belum makan seafood. Cirebon, kota yang terletak di pinggir laut ini memang memiliki banyak makanan laut segar yang disuplai dari daerah pesisir sekitar Cirebon, seperti Gebang dan Losari. Kali ini tim Doyan Makan ingin menceritakan soal rumah makan seafood yang sangat terkenal di Cirebon yaitu Seafood H Moel yang ada di Jalan Kalibaru Selatan. Seafood H Moel ini sudah lama sekali ada di Cirebon, bahkan sekarang sudah ada 3 tempat. Dua diantaranya terletak di Jalan Kalibaru Selatan dan cabang yang terbaru adalah di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo.

Biasanya tempat ini akan ramai sekali saat jam makan malam tiba, makanya saya dan keluarga datang lebih awal sekitar jam 18.30 supaya kebagian tempat duduk dan tidak menunggu lama he-he... Sewaktu kami datang saja sudah ada sekitar 5 meja yang terisi, kebanyakan yang datang kesini adalah keluarga. Yup, seafood memang makanan yang lezat untuk di santap buat segala usia.

Malam itu pelayannya dengan ramah menawarkan menu-menu spesial mereka, dan akhirnya  kami memutuskan untuk memesan  Brokoli Ca Polos, Udang Bakar, Kepiting Telor Saos Padang, Ikan Bawal Bakar, Juice Sirsak, dan Jeruk Nipis Hangat. Saya pun sempat melihat-lihat ke dapurnya untuk melihat proses memasaknya, dapurnya memang sengaja diletakkan di depan dan berdinding kaca, jadi kita bisa sambil menyaksikan para juru masaknya mengolah kepiting dan teman-temannya itu.

Menu yang pertama dihantarkan adalah Udang Bakar, Brokoli, dan Ikan Bawalnya. Wah wah.... mantap sekali. Saya segera mengambil nasi dari bakul kecil dan sepotong udang bakar yang segar itu. Tentu saja tidak lupa sambal terasinya. Yummy sekali udangnya, manis dan segar. Seporsinya berisi sekitar 8-10 potong udang berukuran sedang. Mantap euuy porsinya, dan seporsi udang bakar yang sebanyak itu dibandrol sekitar Rp 65.000. Brokoli Polosnya juga enak, yang jelas sangat menyehatkan untuk menyantap sayur brokoli.

Berikutnya yang saya cicipi adalah Ikan Bawal yang dibakar, dagingnya tebal dan empuk.  Dan sangat enak sekali ketika saya campurkan sambal kecap ke atas daging ikannya. Lezat euy ikan bawal bakarnya.

Yang saya tunggu-tunggu pun datang, favorit saya yaitu Kepiting Telur Saos Padang. Seporsi berisi dua ekor kepiting berukuran sedang, Nyam nyam... Saos Padangnya mantap sekali pedasnya, merasuk ke daging kepitingnya yang sudah digoreng terlebih dahulu. Nendang abis rasanya.

Anda harus mencoba kepiting saos padang ala Seafood Moel, beda dari yang lain rasanya. Dan tidak terasa dua ekor kepiting ini sudah habis di santap oleh kami sekeluarga, meskipun sedikit kepedasan tapi kami puas sekali. Untuk seporsi kepiting saos padang yang berisi dua ekor ini juga tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 90.000 saja, apalagi untuk rasa yang senendang itu.

Jadi  kalau datang ke Cirebon, tidak perlu bingung lagi untuk mencari rumah makan seafood yang enak, mampir saja ke H Moel Seafood. Dan jangan lupa cobain Kepiting Saos Padangnya. (Ita)

Kepiting Lemburi Goreng, Memang Enak!



 Sore itu kami baru saja tiba di Solo, jam sudah menunjukkan pukul 18.15. Perut terasa lapar sekali setelah perjalanan menggunakan kereta dari Yogyakarta. Mana hujan pula, dingin dan perut kami benar-benar keroncongan. Setelah dijemput Budi, kami langsung mengajak dia untuk makan malam dan dia merekomendasikan Rumah Makan Canton.

Rumah makan yang menjual chinese food dan seafood ini berada di Jalan Gajah Mada 87, Solo. Tempatnya sih sederhana, tetapi cukup ramai, lho, disini. Ternyata ini adalah salah satu tempat favorit Budi di Solo. Menu favorit teman saya di sini adalah terong szechuan, hmm... terdengar sangat menarik. Menu-menu yang lain pun sangat menggiurkan. Nah, kebetulan sedang ada kepiting lemburi, makanya saya pesan kepiting lemburi yang digoreng kering. Kemudian, kami juga pesan ayam vietnam.

Rasa lapar saya pun semakin bertambah saat mencium aroma masakan itu datang ke meja kami, apalagi melihat kepiting lemburi yang digoreng kering, pasti enak ini he-he-he.... Krezzz... renyah banget bagian capitnya, dan karena ini digoreng tepung sehingga rasanya juga semakin gurih dan renyah. Wah, enak banget ini kepiting lemburinya. Kami bertiga sampai rebutan makan kepitingnya he-he-he....

Terong szechuan juga menjadi rebutan di antara kita bertiga, terong yang lembut bercampur dengan bumbu szechuan yang terasa pedas manis... asyik banget, enak disantap dengan nasi panas. Jujur saja ini pertama kalinya saya makan terong dimasak szechuan, ternyata rasanya hhmmm... enak tenan.

Menu ketiga kami adalah ayam vietnam, dan ternyata yang ini pun rasanya juga tidak kalah enaknya dengan dua menu tadi. Daging ayam fillet yang dipotong dadu ini digoreng terlebih dahulu, tapi tidak sampai kering, kemudian baru deh di masak dengan saos lada hitam dan bawang bombay. Ada rasa manisnya dan ada rasa pedas yang sangat khas yang berasal dari lada hitamnya.

Semua menu yang kami pesan rasanya enak-enak, mungkin yang lain juga sama enaknya. Next time kami mampir ke sini lagi ya karena saya masih penasaran dengan menu lainnya, seperti jamur lapis daging, sapi tibet, dan udang open garam. Terdengar sangat menarik kan menunya, he-he-he.... Ok deh, selamat mencoba masakan Canton. (Ita)


Sumber: www.doyanmakan.com




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer