Selasa, 27 Maret 2012

Olahraga yang rutin meningkatkan Cerdas

 Banyak cara untuk menjadi pintar. Ada yang bilang, caranya dengan rajin bermain game atau mengisi teka-teki silang. Bagi yang tak suka kedua kegiatan tersebut, cobalah untuk berolahraga. Riset terbaru mengungkapkan, olahraga ternyata membuat Anda lebih cerdas.

Dalam berbagai penelitian sebelumnya sebenarnya sudah diketahui bahwa meningkatkan tingkat kebugaran bisa membuat otot-otot lebih tahan terhadap rasa letih. Caranya dengan mendongkrak produksi ofmitochondria, struktur dalam sel-sel yang memproduksi energi bagi tubuh.

Kini, tim peneliti dari University of South Carolina mendapati fakta baru: latihan menggunakan treadmill ternyata juga mampu meningkatkan kekuatan otak, menyebabkannya bekerja lebih cepat dan lebih efisien.

"Bukti terkumpul dengan cepat bahwa olahraga menjaga otak tetap awet muda," ujar pemimpin studi ini, Dr Mark Davis.

Manfaat olahraga tidak sekadar untuk mereka yang masih dalam keadaan sehat. Dalam jangka panjang, membangun penampung mitochondria yang luas di dalam otak juga dapat menciptakan penyangga untuk penyakit otak seperti Alzheimer.

Anda tidak perlu membayangkan olahraga dengan program yang terpadu, melibatkan latihan kekuatan atau daya tahan. Melakukan jogging selama 30 menit saja ternyata juga bisa menaikkan kekuatan otak, dan meningkatkan sinyal di antara sel-sel otak.

       4 Keuntungan Olahraga Sore Hari

 Olahraga pagi sering dianggap lebih efektif. Menurut para pakar kesehatan, olahraga pagi hari bisa meningkatkan metabolisme, sehingga mampu mengatur tubuh untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Bahkan, saat Anda beristirahat pun tubuh masih membakar kalori. Selain itu, udara pagi masih bersih sehingga terasa lebih nyaman saat Anda berolahraga di luar ruangan.

Namun jika Anda bukan termasuk orang yang mudah bangun pagi, olahraga pada sore atau menjelang malam hari pun tak kalah efektif. Bahkan, ada empat keuntungan yang Anda dapatkan:

Anda lebih banyak memikirkan konsekuensi dari tindakan Anda. Sore hingga malam hari umumnya memang kerap diisi aktivitas seperti ngopi-ngopi atau makan bersama teman-teman, atau bersantai di depan TV. Namun ketika Anda merencanakan latihan sepulang kantor, aktivitas yang serba memanjakan diri tersebut akan berkurang. Anda pasti tak akan makan berlebihan sebelum berlatih aerobik atau yoga. Setelah latihan, Anda juga cenderung menjaga apa yang Anda makan, karena tak ingin semua upaya Anda untuk latihan menjadi sia-sia, kan?

Tidur lebih nyenyak. Jika Anda tergolong orang yang baru "hidup" menjelang malam, latihan olahraga akan membantu mengeluarkan energi pada puncak produktivitas Anda sepanjang hari. Setelah latihan, tubuh yang lelah membuat Anda cepat mengantuk. Hasilnya, Anda bisa tidur lebih pulas dan bangun dalam kondisi lebih segar.

Lebih mudah jadi kebiasaan. Banyak orang yang merasa terpaksa ketika harus bangun pagi untuk olahraga. Akibatnya, Anda sulit menjadikan olahraga pagi sebagai kebiasaan. Apalagi jika malam sebelumnya Anda baru begadang. Kalau memang ini yang terjadi, sudahlah, jangan dipaksa. Lebih baik, coba untuk olahraga pada sore hari. Anda tidak harus ke gym untuk olahraga sore. Anda bisa latihan sendiri di rumah, berenang di kolam renang di kompleks perumahan, jogging, bulutangkis, atau apa saja yang Anda sukai untuk membuat tubuh berkeringat.

Memulihkan diri dari stres sepanjang hari. Ini keuntungan yang paling utama. Bila sepanjang hari Anda sudah ditempa beban pekerjaan, stres karena hasil kerja Anda tidak memuaskan atasan, atau merasa pinggang dan punggung pegal karena duduk di depan komputer sepanjang, tak ada yang lebih melegakan ketimbang memulihkan diri melalui olahraga. Cukup latihan satu jam atau bahkan 30 menit, stres akan mereda dan membuat Anda mampu berpikir lebih jernih mengenai apa yang Anda alami sepanjang hari. Atau sebaliknya, Anda jadi mampu melupakan hal-hal yang menimbulkan stres. Tubuh yang lelah usai latihan, lagi-lagi membuat tidur Anda lebih nyenyak!


Sumber: FitSugar


Sumber: Marie Claire

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer