Jumat, 23 Maret 2012

pemeriksaan rutin mencegah kanker Payudara

Kanker payudara adalah jenis yang paling sering terjadi kedua kanker pada wanita di Amerika. Selain itu, kanker yang paling umum didiagnosis di antara wanita Kanada [www.phac-aspc.gc.ca] . Meskipun penyakit ini tidak sepenuhnya dipahami oleh para peneliti, diketahui adalah bahwa deteksi dini bersama dengan meminimalkan risiko dapat menurunkan kemungkinan mengembangkan dan menderita dari itu. Metodologi melakukan SADARI sangat mudah dan akan rinci secara menyeluruh dalam artikel ini.

Apa itu Kanker Payudara?
Hal ini didefinisikan oleh National Cancer Institute sebagai "kanker yang terbentuk pada jaringan payudara, biasanya saluran (tabung yang membawa susu ke puting) dan lobulus (kelenjar yang memproduksi susu)". Meskipun kanker payudara tidak terjadi pada pria, probabilitas sangat rendah.

Mengapa Lakukan Payudara Sendiri Ujian?
Melakukan payudara secara teratur diri ujian penting untuk sejumlah alasan. Deteksi dini dan pengobatan dapat menyelamatkan hidup Anda. Studi menunjukkan bahwa menemukan dan mengobati kanker payudara pada tahap awal dapat mencegah kematian akibat penyakit ini. Para SADARI cepat, gratis, mudah untuk melakukan, dan tidak memerlukan bantuan dari luar. Masuk ke praktek reguler diri ujian akan membiasakan Anda dengan payudara Anda dan meningkatkan kesadaran dari setiap perubahan yang tidak teratur dalam jaringan.

Faktor Risiko
Menghilangkan faktor risiko dan faktor pelindung memeluk juga sangat penting. Disarankan bahwa wanita di atas usia empat puluh harus memiliki pemeriksaan payudara dengan kesehatan terlatih profesional setidaknya sekali setiap dua tahun, namun jika Anda menyajikan satu set lebih tinggi dari biasanya faktor risiko, pemeriksaan payudara sendiri menjadi lebih dari prioritas dan penyaringan dengan dokter yang terlatih juga mungkin perlu lebih sering terjadi.

Faktor risiko tinggi termasuk, tetapi tidak terbatas pada, sebagai berikut: jenis kelamin (karena 99% dari mereka yang terkena kanker payudara adalah perempuan), usia, memiliki kerabat dekat dengan kejadian penyakit ini, obesitas (sebagaimana didefinisikan oleh Massa Tubuh Indeks pengukuran), mengalami Menstruasi sebelum usia dua belas atau menopause setelah usia lima puluh lima, memiliki bayi pertama setelah usia tiga puluh - atau tidak pernah sama sekali, tidak pernah menyusui, dan mengambil Hormon Replacement Therapy (HRT).

Faktor risiko moderat adalah mereka yang kurang konsisten meningkatkan risiko kanker, atau yang diduga sebagai kontributor mungkin. Faktor risiko moderat umumnya berhubungan dengan pilihan gaya hidup, seperti: merokok produk tembakau, minum lebih dari satu gelas alkohol per hari, aktivitas fisik, makan makanan yang kurang dalam buah dan sayuran, dan menggunakan Birth Control produk.

Apa yang harus Periksa
Periksa daerah seluruh payudara, yang meliputi payudara, ketiak, di sekitar sisi dada, dan di sepanjang jaringan sepanjang jalan sampai ke tulang kerah. Lihatlah payudara Anda di cermin, bukan melihat ke bawah pada mereka. Jika Anda memiliki payudara yang lebih besar, pastikan untuk mengangkat mereka dan periksa bawah.

Inspeksi Visual
Sebuah cermin di area yang terang diperlukan untuk inspeksi visual. Aturlah diri Anda di depan dan melihat lurus ke depan. Lakukan pemeriksaan visual Anda menggunakan semua posisi tubuh berikut: duduk, berdiri, lengan di atas kepala, tangan di pinggul, dan bersandar ke depan. Luangkan waktu sejenak untuk melihat payudara Anda di cermin sementara di masing-masing posisi dari sudut samping. Pengaturan ini mungkin tampak seperti banyak pekerjaan tapi ada tujuan, mereka akan mengubah cara payudara menggantung dan akan meningkatkan kesempatan Anda bercak kelainan apapun.

Lihatlah payudara Anda dan catat tekstur kulit, bentuk, perbedaan ukuran, dan kontur dari puting. Perhatikan apa saja yang telah berubah dalam tekstur ukuran, bentuk atau kulit. Jangan khawatir mengenai asimetri atau ketidaksempurnaan! Kuncinya adalah harus dicari adalah setiap penyimpangan dari apa yang biasa bagi Anda, yang mengapa adalah penting untuk melakukan pemeriksaan ini secara teratur. Studi profil payudara 'dari setiap sudut dan mengambil tidak dari setiap tonjolan atau benjolan yang tidak biasa yang tampaknya menonjol. Juga, perhatikan setiap dimpling atau kerutan pada kulit.

Inspeksi manual
Kunci keberhasilan pelaksanaan bagian manual dari SADARI adalah praktek yang sering. Menjadi akrab dengan apa payudara biasanya merasa seperti akan memberikan informasi tentang apa sebenarnya yang abnormal. Hal-hal utama untuk merasakan adalah benjolan, benjolan, penebalan kulit, dan / atau rasa sakit. Ada kemungkinan bahwa Anda merasa lebih baik dengan satu tangan dan bukan lainnya, sehingga membandingkan apa yang Anda rasakan dengan tangan masing-masing dengan payudara yang lain sebagai cek atau titik acuan.

Jaringan payudara perempuan biasanya agak tebal dan kental, tetapi tingkat variasi berbeda dari orang ke orang. Beberapa orang berpikir bahwa mereka tidak akan bisa membedakan apa yang normal dari apa yang tidak normal. Mengakrabkan diri dengan unsur-unsur yang membentuk daerah payudara, seperti jaringan lemak, otot, tulang, sistem limfatik dan saluran, akan membantu Anda merasa lebih nyaman saat Anda memeriksanya. Ini membutuhkan latihan tetapi Anda akan dapat membedakan perubahan dalam jaringan Anda.

Melakukan payudara pengguna diri ujian, gunakan bantalan lunak dari tiga jari tengah tangan yang lain dari payudara yang Anda memeriksa. Jauhkan jari-jari bersama sebagai Anda menerapkan tekanan ke daerah Anda memeriksa. Memanfaatkan cukup tekanan sehingga Anda tidak skim atas benjolan tapi hati-hati untuk tidak menekan terlalu keras seperti itu mungkin untuk mendorong benjolan jauh dari area yang Anda rasakan. Gerakan jari selalu melingkar; menempatkan mereka pada kulit, tekan dengan lembut, dan gosok dengan gerakan melingkar sampai Anda merasa puas bahwa daerah tersebut telah memiliki penilaian yang baik.

Inspeksi Pola
Ada beberapa pola yang dapat digunakan khusus untuk memindai daerah payudara. Hal ini harus dilakukan saat Anda sedang dalam posisi berdiri, serta ketika Anda berbaring telentang, dan / atau berbaring di sisi Anda. Hal ini memungkinkan jaringan payudara Anda bergeser sehingga Anda bisa merasakan daerah itu lebih berhasil. Percobaan dengan seluruh gerakan menggunakan gerakan jari yang dijelaskan dalam paragraf terakhir dan memilih pola pemeriksaan yang terasa paling efektif dan nyaman. Ingatlah untuk memeriksa bagian ketiak, serta daerah dada di bawah tulang selangka.

Menggunakan pola lingkaran, mulai dari titik terluar payudara dan cara kerja Anda di sekeliling payudara. Setelah Anda mencapai titik di mana Anda mulai, menutup lingkaran di sekitar satu inci atau lebih dan pergi di sekitar payudara lagi. Lanjutkan dengan pola ini, membuat cincin Anda lebih kecil dan lebih kecil sampai akhirnya mencapai areola. Ulangi pada payudara yang lain dengan tangan yang lain.

Dengan pola jam, memvisualisasikan payudara dengan jam imajiner di atasnya. Mulai dari tepi luar dari payudara mana 12:00 akan, menggunakan gerak melingkar jari Anda untuk memeriksa daerah payudara sepanjang jalan lurus menuju daerah puting. Ulangi langkah ini sebanyak yang diperlukan sampai Anda sudah memeriksa di atas permukaan jam. Ulangi proses ini pada payudara yang lain.

Konfigurasi terakhir, biasa disebut dengan pola grid, melibatkan jari-jari Anda bergerak naik dan turun dalam kolom dari atas ke bagian bawah seluruh payudara. Mulai dari jaringan payudara paling dekat dengan tulang dada, gunakan gerakan melingkar jari Anda untuk menyapu atas dan ke bawah di seluruh grid sampai Anda mencapai sisi lain. Jangan lupa untuk mengangkat payudara untuk memeriksa bagian bawahnya. Beberapa wanita lebih suka menggunakan pola grid karena merupakan metode yang lebih mudah untuk mendeteksi perubahan dalam jaringan payudara. Pola grid dimulai dari daerah paling dekat dengan tulang dada, yang berisi jaringan paling sedikit, dan bekerja ke arah ketiak, yang berisi jaringan tebal.

Pointer
Tip yang membantu adalah untuk memilih selang pilihan Anda (sekali sebulan, sekali setiap dua bulan, dll) dan menandainya pada kalender Anda. Jika menstruasi anda tidak teratur, jika Anda tidak memiliki periode lebih lama lagi, atau jika Anda sedang hamil, lakukan SADARI pada hari ditandai; menyesuaikan hari Anda jika Anda perlu untuk mengakomodasi siklus menstruasi Anda. Memeriksa payudara Anda sekitar seminggu sampai sepuluh hari setelah Anda memulai siklus Anda sehingga mereka tidak sebagai alat pembayaran. Cobalah untuk tetap berpegang pada jadwal yang konsisten sehingga Anda dapat mendeteksi perubahan yang berkembang lambat.

Salah satu cara termudah dan paling nyaman untuk secara manual memeriksa payudara Anda adalah saat Anda sedang di kamar mandi atau di kamar mandi. Tangan basah dan sabun meluncur dengan mudah di payudara dan jari juga lebih sensitif. Lotion atau pelumas pribadi dapat digunakan sebagai pengganti jika Anda lebih memilih untuk memeriksa diri di luar kamar mandi.

Kapan Laporkan ke Praktisi Kesehatan
Jika Anda mengalami rasa sakit baru atau atipikal, atau melihat adanya perbedaan dalam ukuran, bentuk, atau tekstur, laporan payudara Anda ke dokter perawatan kesehatan Anda. Tambahan, jika Anda melihat adanya perubahan di daerah puting seperti kemerahan, bocor, dimpling, atau kerutan, berada di sisi yang aman dan memberitahu dokter Anda.

Apakah Ada Sebuah Kelemahan Untuk Melakukan Sebuah Payudara Reguler Mandiri Ujian?
Tidak perlu khawatir atau kecemasan adalah sesuatu yang Anda butuhkan untuk mengelola hati-hati. Sebagian orang memilih untuk menghindari pemeriksaan dokter biasa dan pemantauan diri karena mereka begitu takut melewati sesuatu yang tidak diinginkan. Metode ini membuat Anda tetap dalam kegelapan tentang tubuh Anda berubah dan menghilangkan kemungkinan untuk intervensi tepat waktu. Bagi mereka yang takut, mempertimbangkan fakta berikut; 80% dari semua perubahan payudara tidak kanker! [www.breastselfexam.ca]

Beberapa orang mungkin juga peduli dengan biaya yang berkaitan dengan kunjungan dokter tambahan. Ini mungkin merasa frustasi untuk mengalami rasa takut dan beban yang tidak perlu hanya untuk mengetahui itu semua alarm palsu, namun yakinlah bahwa alarm palsu adalah hasil terbaik. Semakin banyak yang Anda cermati dengan payudara Anda, semakin baik Anda akan menjadi bercak pada perbedaan antara penyimpangan dan fluktuasi normal.

Pikiran Final
Tidak ada jaminan bahwa payudara diri ujian saja menurunkan tingkat kanker payudara kematian. Cara yang paling efektif untuk melindungi diri sendiri adalah dengan mengelola semua faktor risiko, tetap berhubungan dengan perubahan payudara Anda, dan menghadiri dijadwalkan secara rutin check-up dengan dokter Anda. Ini harus menjadi bagian integral dari keseluruhan Kesehatan Payudara kesadaran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer