Minggu, 25 Maret 2012

Seks anal sebabkan kanker dubur

 Farrah Fawcett, artis yang terkenal berkat perannya di serial Charlie’s Angels, meninggal pada usia 62 tahun. Berita kematiannya belum banyak terekspos media karena "kalah" oleh berita kematian Michael Jackson yang terjadi pada hari yang sama. Fawcett meninggal akibat kanker dubur yang sudah ia perangi selama tiga tahun.

Menurut American Cancer Society, pada 2009 kasus kanker dubur akan meningkat hingga 5.290 dan sekitar 700 pengidapnya akan meninggal. Meskipun penyakit ini masih banyak diidap oleh pria, wanita pun memiliki risiko terkena kanker jenis ini.

Kanker dubur terkait dengan virus yang sama dengan penyebab kanker serviks, yakni human papillomavirus, HPV-16. Namun, terdapat beberapa faktor risiko lain penyebab kanker ini antara lain merokok, melakukan hubungan seks lewat dubur, pembukaan tidak normal pada dubur, memiliki pasangan seksual lebih dari satu, usia lebih dari 50 tahun, dan dubur sering mengalami pembengkakan (radang) atau iritasi.

Gejala yang muncul antara lain pengeluaran tinja dari dubur yang tidak normal, rasa sakit, perdarahan, dan gatal di sekitar dubur. Namun, sayangnya gejala-gejala ini boleh dibilang tergolong umum sehingga sering kali terlewatkan.

Pencegahannya tentu dengan tidak berhubungan seksual dengan seseorang yang memiliki virus HPV. Deteksi dini pun bisa membantu mencegah penyebaran penyakit ini. Jika Anda secara seksual aktif melakukan hubungan seksual lewat dubur, tak ada salahnya untuk secara rutin memeriksakan diri ke dokter. Cara pemeriksaannya dengan tes pap anal, tetapi tak semua orang direkomendasikan untuk melakukan proses ini. Anda bisa berkonsultasi kepada dokter untuk informasi lebih lanjut.

Perawatan kanker anal sama dengan perawatan kanker lainnya, antara lain dengan operasi pembedahan, radiasi, dan kemoterapi. Namun, ada pula beberapa perawatan alternatif yang dilakukan. Penyakit ini tak banyak diekspos, tapi apa yang dialami oleh Farrah Fawcett membawa pemberitaan tentang masalah ini lebih luas. Farrah sempat membuat video dokumentasi mengenai perjalanannya melawan penyakit ini, termasuk ketika ia mencoba pengobatan alternatif. Dari dokumentasi ini, para penggemarnya di seluruh dunia bisa menangkap penderitaan, rasa takut, dan harapannya untuk sembuh.


Sumber: msn

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer