Selasa, 03 April 2012

perusahaan penerbangan ternama

Dunia dirgantara Amerika Serikat, sedikitnya diwarnai perusahaan-perusahaan penerbangan ternama. Diantara sekian banyak perusahaan penerbangan tersebut, terciptalah produk-produk pesawat terbang legendaris yang menyimpan sejarah tersendiri. Berikut 5 produsen pesawat terbang ternama Amerika

1. Boeing Company 
 

Boeing Company adalah sebuah perusahaan pembuat pesawat dan aeroangkasa, bermarkas di Chicago, Illinois, dengan fasilitas produksi terbesarnya di Everett, Washington, dekat Seattle, Washington Dia juga merupakan kontraktor pertahanan, dan sebuah komponen dari Dow Jones Industrial Average.

Boeing didirikan oleh William Edward Boeing, seorang yang awalnya adalah pebisnis dan penebang kayu yang sukses. Bersama rekannya George Conrad Westervelt pada tahun 1916, dia mendirikan perusahaan pabrik pesawat terbang yang saat itu bernama Pacific Aero Products. Dua divisi utama dari Boeing adalah Boeing Integrated Defense Systems (IDS), bertanggung jawab untuk produk militer dan angkasa, dan Boeing Commercial Airplanes (BCA), bertanggung jawab untuk pesawat sipil.

2. McDonnell Douglas 
 

McDonnell Douglas adalah sebuah perusahaan aeroangkasa Amerika Serikat yang terkenal. Perusahaan ini terbentuk pada tahun 1967 hasil merger antara Douglas Aircraft Company dengan McDonnell Aircraft Corporation. Pada tahun 1997 McDonnell Douglas menjadi bagian dari Boeing.

3. Northrop Grumman Corporation 
 

Northrop Grumman Corporation adalah sebuah konglomerat aeroangkasa dan pertahanan yang merupakan hasil dari penggabungan pada tahun 1994 antara perusahaan Northrop dan Grumman. Komponen utama ditambahkan belakangan dengan pengambil alihan Logicon, Teledyne Ryan,Litton (Ingalls, Avondale), Newport News, dan TRW (sans LucasVarity). Pada 2005 Ronald Sugar adalah CEOnya.

Produk paling terkenal dari Northrop Grumman adalah B-2 Spirit. Pada 2002 perusahaan ini mempekerjakan 120.000 orang yang bekerja di ratusan lokasi di AS dan luar, dan memiliki pendapatan tahunan AS$17,2 miliar (~ Rp150 trilyun).

4. Lockheed Martin 
 

Lockheed Martin adalah sebuah produsen pesawat dibentuk pada 1995 dengan merger dari Lockheed Corporation dengan Martin Marietta. Dia bermarkas di Bethesda, Maryland dan mempekerjakan 135.000 orang di seluruh dunia. Sampai 2007, Robert J. Stevens adalah CEOnya. Lockheed Martin adalah sebuah kontraktor pertahanan utama. Pada 2003 hampir 80% dari pelanggannya adalah Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan Pemerintahan Federal Amerika Serikat lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer