Selasa, 03 April 2012

rasa kepiting yang gurih dan lezat

Kepiting salah satu jenis hewan laut yang banyak digemari karena rasanya yang gurih dan lezat. Kepiting biasanya dibeli dalam keadaan hidup, agar dapat menjaga kesegarannya. Namun banyak orang yang enggan membeli kepiting untuk dimasak sendiri karena tidak tahu cara membersihkannya. Selain itu juga membutuhkan trik khusus untuk memasaknya.

Bila sekali waktu Anda ingin mencoba memasaknya sendiri, ini yang harus Anda perhatikan:
1. Pastikan kedua capit kepiting dalam keadaan terikat kuat. Kemudian, balik badan kepiting dan carilah bagian yang berbentuk segitiga di bawah badannya. Tusuk dan belah bagian segitiga ini agar kepiting mati. Di dalamnya biasanya terdapat pasir dan kotoran lain yang kemungkinan bisa membuat Anda keracunan.
2. Jika masih takut untuk mematikan kepiting ini, siapkan sebuah wadah berisi air dan es batu, kemudian masukkan kepiting ke dalamnya sampai kepiting tak bergerak. Kemudian bersihkan seperti biasa.
3. Bersihkan bagian dalam kepiting seperti usus yang berupa seutas benang hitam yang menghubungkan lambung dengan pusar kepiting. Buang juga papan segi enam atau hati kepiting.
4. Belah bagian cangkang kepiting ini dan sikat sampai bersih. Kepiting siap dimasak.


Ingin merasakan pepes kepiting, abon kepiting, kepiting goreng dan kepiting saos aneka rasa datanglah ke Restoran Dandito di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang menciptakan inovasi berbagai macam rasa kepiting.

Menu andalannya adalah kepiting rasa saos dandito. Rasa saos yang berwarna merah dan kental ini sengaja diciptakan dari hasil eksperimen pemiliknya, Rudy Setiawan yang telah mencoba selama satu tahun bermacam-macam bumbu dapur sebelum memulai membuka restorannya. Nama Dandito diambil dari nama anak kedua laki-laki pemiliknya Rudy Setiawan.

Kepiting saos dandito hasil campuran dari bumbu serba merah yaitu jahe merah, tomat merah, bawang merah, gula merah, dan cabe merah. Hasilnya rasa bumbunya begitu pas di lidah rasa campuran asam, manis dan pedasnya.

Saos cairannya bumbunya agak kental berwarna merah campur orange dan kelezatannya terasa mengalir di  lidah, sangat pas  di makan bersama roti mantow yang berbentuk bulat-bulat kecil. Roti yang khusus disuguhkan untuk teman makan kepiting saos dandito.

Ukuran saos bumbunya setiap porsi sekitar satu liter kuah saos, Jadi Anda bisa bayangkan berapa banyak yang harus dimasak untuk bumbu saos bumbunya bisa sekitar  satu drum banyaknya setiap hari stok untuk bumbu saosnya.

Menu lainnya dari kepiting adalah kepiting saos tiram, asam manis, lada hitam, goreng mentega, rebus masak tim, goreng bawang putih dan sop kepiting asparagus.

Saos lada hitam yang berwarna hitam dan kental juga banyak disukai pengunjung karena rasa pedasnya dari lada hitam sangat menyengat lidah bagi penikmat kuliner yang  suka pedas. Membuat pengunjung ketagihan untuk terus menyiram kepitingnya dengan saos lada hitam.

Bagi pengunjung yang tidak suka makan kepiting ada menu udang, ikan, cumi, daging, ayam yang digoreng atau dibakar, dan bermacam-macam saos. Untuk sayuran ada pilihan cah kangkung, cah sawi, cah taoge dan cap cay.

Restoran Dandito yang beroperasi sudah sepuluh tahun di Jalan Marsma Iwahyudi, Gunung Bakaran, Balikpapan juga sudah menerima delivery order di seluruh wilayah Jakarta dan Surabaya. Dandito bekerja sama dengan Yanny Libels, salah satu personel penyanyi Trio Libels untuk pemasaran Jakarta.

Di Bandara Sepinggan, Balikpapan juga tersedia counter khusus packing ukuran satu kilogram kepiting berbagai macam rasa sehingga penumpang pesawat dari Balikpapan tinggal membeli oleh-oleh kepiting Dandito di bandara saja dan tidak perlu harus mampir ke restorannya.

Harga per porsi berbagai macam rasa kepiting tergantung jenis kepiting yang dipilih. Kepiting telur satu porsi Rp 117.000, kepiting jantan Rp 100.000, dan kepiting soka Rp 100.000. Yang paling murah pepes kepiting hanya Rp 16.500 per bungkus. Abon kepiting Rp 20.000 juga per kemasan plastik.

Harga seporsi kepiting untuk ukuran satu kilogram bisa berisi dua atau tiga ekor kepiting tergantung besar kecilnya. Kepiting disini agak unik karena ukuran badan dan  kakinya (capit) tidak proporsional. Ukuran capitnya lebih besar  daripada badannya tapi penuh berisi daging.

Khusus kepiting soka yang kulit cangkangnya lunak bisa dimakan langsung. Kepiting soka goreng rasanya hampir seperti ayam goreng crispy karena kulit cangkangnya hampir tidak terasa kulitnya apabila dimakan. Terasa ada kriuk-kriuk dan gurih pas dimakan.

Hampir semua pejabat dan artis ibukota apabila berkunjung ke Balikpapan sebagian besar menikmati kepiting Dandito. Di dinding restorannya banyak foto-foto bersama pejabat dan artis terkenal.

Untuk menetralisasi kolesterol dari kepiting, ada minuman air kelapa gula merah yang sengaja dibikin untuk menu minuman para tamu. Rasanya segar dan manis gula  arennya sangat pas diminum setelah menyantap kepiting.

Pilihan kuliner seafood di Balikpapan antara lain Restoran Kenari, Restoran Tambora, dan Restoran Torani dengan menu bandeng tanpa duri. (Asita DK Suryanto, asita@djojokoesoemo.com)
Share

(Dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer