Minggu, 22 Juli 2012

Gedung tercanggih dan teraman di dunia

5 Gedung ‘Terketat dan Teraman’ di Dunia

Saat ini banyak gedung-gedung pemerintahan dan non pemerintahan yang memiliki gaya dan konstruksi yang canggih, meskipun harus mengeluarkan biaya yang mahal namun demi mengamankan dan menyelamatkan aset dan orang-orang yang berada di dalamnya biaya tersebut bukanlah apa-apa. Terlebih ancaman terorisme, gempa bumi, tsunami dan pencurian yang semakin canggih, seringkali terjadi. Berikut 5 gedung terketat dan teraman di dunia:


1. Pentagon, Washington
 
Pentagon, markas besar Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dikabarkan menjadi salah satu gedung dengan fasilitas keamanan tercanggih sekaligus terketat di dunia. Gedung seluas 113 hektar ini berada dalam pengawasan Pentagon Force Protection Agent (PFPA), sebuah kesatuan khusus yang terdiri dari berbagai unsur aparat keamanan pemerintah, termasuk di dalamnya Polisi Pentagon Amerika Serikat, teknisi ahli dan tim Anti-Terorisme. Dikababarkan semua orang yang masuk terutama tamu harus menjalani investigasi dan interogasi yang ketat sebelum memasuki kawasan Pentagon ini. Kehumasan Departemen Pertahanan Amerika Serikat pun memiliki program tur bagi para pelancong yang ingin berwisata dan mengetahui informasi tentang Pentagon.


2. Jewel House, Menara London
  
Jewel House yang terdapat di dalam bangunan Menara London, merupakan salah satu kawasan bangunan dengan tingkat keamanan tertinggi. Jewel House merupakan penyimpanan harta karun Kerajaan Inggris di masa lalu dan sekarang. Koleksinya meliputi mahkota dan tongkat kerajaan milik Ratu Victoria, Ratu Elizabeth dan sebagainya. Maka tidak heran apabila tingkat keamanannya pun super ketat dan canggih, sebuah ruangan khusus disediakan sebagai ruang pusat pengawasan. Setiap benda yang dipamerkan tidak luput dari segi pengamanan, kaca pelindungnya saja memiliki ketebalan 2 inchi, anti goncang. Sementara dana sebesar 4,5 juta poundsterling telah digelontorkan untuk membuat sistem keamanan anti api (mencegah adanya kebakaran) dan lainnya yang tidak diketahui oleh umum. Terdapat dua ruangan yang paling steril,yakni Tower Guard dan Yeoman Warders.


3. Gedung AT&T Long Lines, New York
 
Gedung yang berdiri di lahan seluas 167,95 m dibuat sebagai bangunan penyimpanan sekaligus perlindungan terhadap sistem dan peralatan telefon yang sensitif dan mahal. Gedung ini tidak memiliki jendela dan bagian eksteriornya pun terbuat dari panel-panel berbahan beton granit. Ada kabar bahwa bangunan ini selain untuk melindungi dari pencurian, bencana alam, juga untuk melindungi sistem komunikasi apabila terjadi serangan bom ataupun rudal berbahan nuklir. Gedung ini memiliki daya tahan luar biasa terhadap goncangan dan radiasi baik dalam bentuk suara, cahaya, panas dan udara. Woow!
4. Cathedral of Our Lady of Angels, Los Angeles
 
Mungkin ini adalah salah satu bangunan peribadatan yang paling aman di dunia, Cathedral of Our Lady Angels dibangun dengan kontruksi dasar antin gempa dan goncangan lainnya, sebuah teknologi yang kuat dan mahal namun efektif hingga saat ini. Katedral ini mampu menampung sebanyak 3.000 umat yang beribadah sekaligus melindungi mereka dari bahaya gempa bumi.


5. Gedung Empire State, New York
 
Gedung Empire State yang terletak di Kota New York, telah terbukti sebagai salah satu bangunan paling aman di Kota New York dan dunia. Gedung dengan 102 ruangan dan berlantai 15 ini bahkan termasuk ke dalambangunan tertinggi di dunia, terbuat dari rangka baja dengan balutan komposisi beton, batu khusus yang didatangkan dari Indiana dan granit. Bangunan ini memiliki kekuatan dalam menahan angin dan goncangan gempa bumi, sehingga karyawan yang sebanyan 21.000 orang dapat bekerja dengan tenang di dalamnya. Dari segi keamanannya pun cukup ketat, yakni setiap pengunjung dan pekerja diwajibkan memiliki tiket masuk, dan mereka baik masukmaupun keluar gedung harus melewati tahapan scanning/pemindaian sehingga diharapkan tidak membawa benda-benda yang berbahaya ke dalam gedung

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer