Sabtu, 17 November 2012

Ikan Aneh Kelaminnya Dikepala



Phallostethus Cuulong yaitu di antara ikan aneh yang ada di lokasi asia tenggara. pejantan ikan selama cuma 2 cm ini mempunyai alat kelamin di kepala.

Phallostethus Cuulong yaitu di antara type ikan priapium, dinamai menurut nama dewa kesuburan yunani kuno, priapius. ikan ini masuk dalam famili phallostethidae.

Spesies tersebut ditemukan pada th. 2009 oleh koichi shibukawa dari nagao natural environment foundation jepang di sungai mekong, vietnam.

Alat kelamin jantan phallostethus cuulong bukan hanya berbentuk penis, namun priapium. alat ini sesungguhnya otot berupa pipa yang disebut modifikasi dari sirip dada serta panggul.Priapium mempunyai 2 sisi. di dekat ujungnya, ada sisi sama gergaji yang bergerigi, dimaksud ctenactinium. dibagian depan, ada sisi berupa batang dimaksud toxactinium.

Tidak ada yang lihat ikan ini kawin. tetapi, alat kelamin jantan digunakan untuk memegang betina waktu kawin sebelum saat selanjutnya mentransfer sperma.Untuk menolong tugas tersebut, umumnya priapium condong ke satu arah. phallostethus cuulong yang ditemukan shibukawa semuanya mempunyai priapium yang condong ke kanan.

Lynne Parenti dari smithsonian institution di washington mengungkap, belum diketahui kenapa ikan ini berevolusi mempunyai alat kelamin di kepala.

Tetapi, Phallostethus cuulong hanya di antara type dari grup ikan atherinomorpha, ikan yang memodifikasi sirip sebagai alat kelamin.Pada phallostethus cuulong, bukan hanya alat kelamin yang ada di kepala. mulut serta anusnya lalu terdapat dibagian itu.
Tidak masih banyak perihal yang menuju ke belakang pada ikan ini, ungkap parenti layaknya diambil new scientist

sumber : kompas(dot)com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer