Minggu, 11 November 2012

Ikan Berwajah Transparan

Macropinna Microstoma adalah spesies ikan dalam Genus Macropinna dari ordo Opisthoproctidae dan dari keluarga Barreleye. Ikan ini berbeda dengan ikan jenis lain pada umumnya adalah bagian kepalanya yang transparan yang didalamnya berisi cairan, dan juga lensa matanya dapat terlihat jelas.






Ikan ini ditemukan peneliti Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI), di kedalaman laut Pantai California. Ikan ini hidup pada kedalaman 200 kaki (600 meter) di bawah permukaan laut.






Biasanya Ikan diam dan hampir tak bergerak di dalam air, pada kedalaman sekitar 600 meter (2.000 kaki) sampai 800 meter (2.600 kaki), memiliki  sirip yang besar untuk menjaga kestabilannya, matanya berputar mengawasi sekelilingnya. Pada kondisi sedikit cahaya ikan ini mampu mendeteksi mangsanya melalui siluet. 

Kim Bruce Robison, yang telah sekian lama mengamati spesies ini mengatakan bahwa ketika mangsanya seperti ikan-ikan kecil dan ubur-ubur mulai terlihat, maka matanya berputar seperti teropong, dan menghadap ke depan dengan merubah tubuhnya posisi dari horisontal ke posisi vertikal untuk menangkap mangsanya. 
sumber : beritaunik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer