Sabtu, 17 November 2012

Jenis Ikan Arwana dari Asia


Arwana adalah ikan tangguh yang bisa hidup sampai 1/2 abad. keinginan yang tinggi dengan ketersediaan alam yang terbatas mengakibatkan eksploitasi di alam dibatasi. cites ( convention of international trade in endangered species of wild flora and fauna ) mengambil keputusan bahwa ikan arwana asia sebagai ikan yang memperoleh perlindungan paling tinggi. beragam type arwana asia diantaranya :

1. Arwana Merah


Arwana merah datang dari beragam area di propinsi kalimantan barat, layaknya dari sungai kapuas serta danau sentarum yang dikenal sebagai habitat dari super red ( chili serta blood red ). perairan ini adalah lokasi rimba gambut yang menciptakan lingkungan primitif untuk ikan purba tersebut. walau demikian situasi mineral, lingkungan air gambut (black water), serta banyaknya cadangan pangan yang cukup sudah mengkondisikan dampak yang baik pada evolusi warna pada ikan yang berkaitan. dampak geografis itu juga mengakibatkan terciptanya variasi yang tidak sama pada morfologi ikan ini, layaknya badan yang lebih lebar, kepala berupa sendok, warnah merah yang lebih intensif, serta warna dasaryang lebih pekat.
warna merah penuh terlihat pada sirip ikan muda, pada bibir serta juga sungut. menyambut dewasa, warna merah dapat nampak di beragam sisi tubuh yang lain, terlebih pada tutup insang serta tepian sisik, hingga tubuh ikan tampak berwarna merah.
arwana merah dikelompokkan dalam 4 varietas, yakni merah darah ( blood red ), merah cabai ( chili red ), merah orange ( orange red ), serta merah emas ( golden red ). keempat varietas ini dengan umum diberi julukan super red atau merah grade pertama ( first grade red ), walau dalam perubahannya super red lebih mengacu pada merah cabai serta merah darah. namun dua varietas paling akhir seringkali dikira sebagai super red dengan grade lebih rendah.

2. Arwana Cross Back Golden 


Golden varietas cross back adalah sisi dari varietas arwana golden. Varietas ini didapati di beragam area di malaysia, layaknya perak, trengganu, danau bukit merah serta johor,oleh karenakan itu, mereka kerap diberikan julukan cocok dengan area asalnya, layaknya golden pahang, bukit merah blue atau malaysian gold. dikatakan sebagai cross back, dikarenakan varietas ini waktu dewasa mempunyai warna emas penuh sampai melalui punggungnya. varietas ini harga nya relatif lebih mahal apalagi sangat tinggi dibanding yang lain dikarenakan terhitung jarang didapati.
cbg dibagi jadi sebagian kelas menurut warna basic sisik, yakni purple-based ( warna basic ungu ), blue-based ( warna basic biru ), gold based ( warna basic emas ), serta silver-based ( warna basic perak ). arwana gold dengan warna basic emas diketahui bisa meraih warna penuh pada umur lebih muda dibanding dengan varietas lain. 


3.Arwana Red Tail Golden


Adalah verietas dari arwana golden serta kerap dikatakan sebagai arwana golden indonesia (Indonesian Golden Arwana). varietas ini didapati di tempat pekan baru, sumatera. tidak sama dengan Cross Back Golden (CBG), warna emas pada verietas ini tak lagi berkembang sampai melalui punggung tetapi cuma dapat meraih baris ke empat sisik (baris sisik dihitung dari bawah, perut), atau tambah baik dapat meraih baris ke lima. layaknya halnya verietas cross back, warna basic sisik rtg dapat biru, hijau, atau emas.

Demikian juga dengan warna bibir, ekor, serta sirip, ke-2 varietas ini mempunyai keragaan yang amat serupa. rtg muda mempunyai warna lebih kusam dibanding dengan varietas cross back muda.
rtg bisa dikatakan lebih tahan banting dibanding dengan cbg bisa tumbuh semakin besar, serta juga lebih agresif. jumlahnya di alam relatif semakin banyak dibanding dengan cbg, walau demikianlah terus adalah varietas yang dilindungi cites.

CBG sekilas serupa dengan ikan arowana golden red yang datang dari negara kita. perbedaan yang amat mencolok bisa dipandang bila ukuran ikan telah agak besar dengan ukuran 20 cm lebih. pada cbg warna emas menutupi semua tubuh hingga ke sisi punggung ikan ditutupi oleh ring yang berwarna keemasan. namun pada golden red (RTG) punggung nya tidak. berwarna keemasan namun terus hitam (kelabu).
Membedakan cbg serta rtg pada ukuran kecil ( 10-12 cm ) sukar dikerjakan serta butuh kehati-hatian. perbedaan harga juga amat mencolok. harga cbg ukuran 12 cm dihargai kian lebih 10 juta, ukuran 20-25 cm berkisar 15-25 juta. golden red berukuran 12 cm dihargai 2 juta, namun ukuran 20-25 cm dihargai 2. 5-3. 5 juta.

4. Arwana Hijau.


 
Arwana hijau ditemukan di thailand, malaysia, myanmar, komboja, serta juga di sebagian area di indonesia. variasi penampakandan warna mungkin ditemukan di tiap-tiap tempat. walau demikianlah dengan umum bisa dikatakan bahwa biasanya berwarna kelabu kehijauan dangan pola garis-garis berwarna gelap pada ekor. kepala serta mulutnya semakin besar serta lebih membulat dibanding dengan type arwana asia yang lain.


 5.Arwana Banjar Merah.


Arwana banjar merah bisa dikatakan adalah varietas arwana merah kelas 2 serta diketahui bukan hanya adalah strain murni arwana merah. Penampakannya diperlihatkan oleh warna sirip yang orange pucat, ekor berwarna orange atau kuning, serta tidak mempunyai warna merah di badan ataupun di pipi. sepintas banjar merah muda amat serupa dengan arwana merah muda, hingga sering perihal ini bisa mengecoh beberapa hobiis baru. banjar dicirikan juga oleh wujud kepala yang condong membulat dengan mulut yang tidak terlampau lancip.


6. Arwana Irian (Jardini)
Aarowana irian ada 2 jenis. yang umum didapati berwarna basic hijau serta bermutiara merah. type jardini lain berwarna basic hitam serta bermutiara emas dan lebih sukar didapati.
di australia ditemukan juga jardini jenis (warna basic hijau, mutiara merah) yang dimaksud red spotted pearl ( scleropages leichardty ).cross back serta golden red;red spotted pearl serta jardini yaitu kerabat,dengan perbedaan lingkungan yang merubah performa.
Perbedaan yang amat mencolok yaitu pada red spotted pearl, mutiara merah bertaburan dengan mencolok pada tubuhnya. namun pada arowana jardini di mutiara di badannya tidak semencolok arowana red spotted pearl dari australia. harga jardini ( mutiara merah, warna basic hijau ) 12-15 cm dijual dengan kisaran harga 60-80 ribu rupiah, namun arowana red spotted pearl dikarenakan langka di indonesia dihargai 1. 3-1. 5 juta rupiah.

sumber : artikelikan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer