Selasa, 25 Desember 2012

Budidaya Ikan Cupang Hias


Untuk rekan-rekan yang senang dengan ikan hias barangkali telah tidak aneh lagi dengan yang namanya ikan cupang, terlebih yang senang turut kontes atau sekedar hanya hobi ikan hias, saat ini tak hanya kita mengkoleksi ikan hias, 

Saya dapat ajak teman untuk mengetahui bagimana sesungguhnya langkah pembiakan ikan cupang, ini sekedar hanya mengetahui namun dapat juga bila memanglah teman berminat untuk membudidayakannya.. 

Umumnya budidaya cupang amat diminati serta digandrungi oleh pengagum ikan atau oleh parapebisnis ikan hias. namun banyak juga peminat pembudidaya cupang yang kurang memahami problem langkah pembiakan atau pembibitan cupang. 

Sesungguhnya budidaya cupang amat mudah, kita cuma butuh mengeluarkan modal yang cukup sedikit serta kolam untuk budidaya cupang hapir serupa dengan budidaya ikan yang lain, terlebih apabila rekan-rekan telah memiliki kolam bekas budidaya lele atau budidaya ikan yang lain, untuk idealnya kolam cupang bisa berukuran dimulai dari 1m-5m/segi, serta kolam dapat terbuat dari kolam pelastik, kolam semen, kolam terpal juga akuarium, pastinya dengan ukuran kolam yang kecil kita dapat menaruhnya di area yang cukup sempit, contohnya dapat teman taruh di halaman rumah atau di mana saja cocok dengan lingkungan rekan-rekan, ikan cupang juga tidak membutuhkan pakan yang spesial. pakan ikan untuk benih umumnya bisa memakai pakan alami semisal kutu air juga daphnia sp. yang bisa ditemukan di selokan yang airnya menggenang. untuk mempercepat perkembangan benih cupang teman dapat juga berikan kutu air yang diselingi dengan cacing rambut. 
Uniknya didalam budidaya cupang ini yaitu di mana kita dapat memijahkan atau mengkawinkan cupang kita tidak memerlukan tempat besar, kolam perkawinan ini kita cukup memakai ember atau baskom juga aquarium yang ukuran kecil, namun terus teman mesti mencermati perawatan ikan ini apabila teman menempatkannya di area yang kecil. 

Tidak seluruh ikan cupang baik untuk dipijahkan, karenanya rekan-rekan mesti menentukan mana cupang yang baik serta kurang baik, ini mutlak sekali dikarenakan dapat memastikan pada mutu anakan cupang kedepannya, adapun tanda-tanda umum pada ikan cupang yang siap dipijahkan seperti berikut : 
  • Cupang jantan 

- Usia sekurang-kurangnya ± 4 bulan 
- Fisik tubuh juga siripnya cukup panjang dan berwarna indah 
- Gerakannya amat agresif juga lincah 
- Tidak terjangkit penyakit serta juga tidak cacat 
  • Cupang betina 

- Usia sama juga dengan cupang jantan sekurang-kurangnya ± 4 bulan 
- Wujud badan agak membulat yang mengisyaratkan siap dikawinkan 
- Gerakannya sedikit agak lambat 
- Sirip agak pendek serta juga warnanya kusam 
- Situasi sehat serta tidak cacat 

Sesudah tadi kita menentukan serta menyiapkan induk cupang yang dapat kita budidaya, saat ini rekan-rekan tinggal berusaha untuk mengawinkannya, beberapa langkah yang perlu kita buat persiapan didalam pmijahan ini yaitu seperti berikut : 
  1. Menyiapkan kolam pemijahan berbentuk jolang plastik atau aquarium kecil, ingat mesti bersih. 
  2. Isi kolam tersebut dengan air yang bersih, ketinggian air lebih kurang 15 – 30 cm. atau dapat disesuaikan 
  3. Masukkan induk cupang jantan yang tadi sudah kita buat persiapan terlebih dulu sepanjang 1 hari.
  4. Tutup kolam dengan penutup. 
  5. Sesudah 1 hari kita masukan induk cupang betina yang sudah cukup masak telurnya pada sore hari ke didalam kolam pemijahan. 

Biasanya ikan cupang dapat mijah saat malam hari serta saat pagi harinya cupang telah bertelur. telur cupang melekat pada sarang yang berbentuk busa yang sudah disiapkan oleh induk cupang jantan. 
apabila memanglah telah bertelur segera induk betina dipindahkan serta cupang jantan dilewatkan di dalam kolam tersebut untuk menjaga telur cupang hingga menetas. 

Bilamana anak cupang telah menetas serta mulai habis kuning telurnya, maka rekan-rekan telah mesti segera mempersiapkan media yang semakin besar sebagai area pembesaran. janganlah lupa perpindahan pertama teman mesti memindahkannya berbarengan induk jantannya, benih ikan tadi dapat rekan-rekan beri makanan berbentuk kutu air, umumnya sepuluh hari lantas anak ikan segera dipindahkan kembali ke area lain, serta setelah itu teratur tiap-tiap 1 minggu, ini ditujukan agar perkembangan ikan cepat besar. 

Sesudah benih cupang tadi meraih waktu 1 bln., ini telah bisa dikerjakan pemanenan serta bisa diseleksi mana yang berkwalitas serta kurang. diusahakan cupang yang berkwalitas baik juga cupang hasil penyeleksian dipisahkan, area pembelahan dapat berbentuk botol serta janganlah lupa satu botol satu ikan, ini ditujukan agar tidak berlangsung perkelahian, pada umur 1, 5 hingga 2 bln. cupang mulai menunjukkan keindahannya serta bisa segera di pasarkan. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer