Kamis, 06 Desember 2012

Memilih Ikan Koi Sang Juara

Ikan koi yang aslinya datang dari jepang ini, nyatanya asal awalnya yaitu dari type ikan karper. dikarenakan beragam mutasi yang berlangsung dan perkawinan silang yang dikerjakan oleh pemiliknya, maka nampak type baru layaknya yang ada sekarang ini. 

Ikan Koi Juara ( gosanke ) : 
Dari beragam jenis perkawinan silang itu, nampak sangat banyak type ikan koi
tetapi, ada 3 type yang sangat favorit dinilai dari wujud tubuh serta warna sisiknya yang indah. 3 type itu nyaris senantiasa memenangkan perlombaan yang diselenggarakan oleh pengagum koi. mereka adalah 

1. Koha kukohaku 
Adalah idola dikalangan pengagum type ikan koi. ia adalah type yang sangat kerap menang didalam festival koi.Tanda-tanda kohaku juara yaitu warna putih yang ada didalam tubuhnya tidak bisa bercampur coklat atau kuning. mesti putih polos layaknya susuwarna merahnya mesti cerah condong ke arah gelap serta ada dibagian kepalanya. bila anda mendapatkan kohaku yang kepalanya tanpa sinyal hi, dengan kata lain botak, maka janganlah dipilih. juga, jauhi menentukan koi yang mempunyai hi di pipi hingga mengesankan layaknya tahi lalat di pipi


2. Taisho Sanke 
Taisho sanke juara mempunyai warna basic putih susu, ada warna merah dan hitam di tubuhnya. sanke juara mempunyai sinyal hi diatas kepalanya. tentukan koi sanke yang tidak memiliki bercak hitam ( sumi ) di kepala. bercak hitam baiknya cuma ada dibagian warna putihnya sajaperbandingan warna putih, merah serta hitam yang dimiliki oleh sanke juara yaitu 70 banding 20 banding 10. lantas terus warna putih susu dominan. upayakan pada siripnya janganlah ada warna atau bercak hitamnya

3. Showa Shansoku 
Tidak sama dengan taisho sanke, type ikan koi yang satu ini warna dasarnya yaitu hitam. tetapi, kesamaannya yaitu warna bercak tubuhnya terdiri atas 3 jenis. hi, atau sinyal merah di kepala mesti senantiasa ada. juga sinyal putih, serta hitam. tetapi, dominannya mesti terus merahkomposisi warna yang baik yaitu merah 60 persen, hitam 20 persen, serta putih 20 persen. warnanya mesti tegas serta garis batas antar warna tidak bisa blur. 
Penilaian koi juara umumnya meliputi wujud badan yang seimbang, warna tegas serta cerah, dan sikap berenangnya yang anggun.
Bermacam type ikan koi
Ikan koi adalah type ikan hias yang banyak dipelihara orang. ikan hias ini mempunyai corak atau pola dengan warna yang indah hingga layak untuk dikagumi. tak hanya memiliki bentuk yang menarik, ikan ini juga mempunyai karakter yang lemah lembut dan gerak gerik yang bikin orang kagum melihatnya. 

Ada bermacam type ikan koi/strong yang bisa dipelihara. sebagian diantaranya yang sangat popular yaitu : 
  1. Ikan koi kohaku, yakni type ikan koi yang mempunyai corak berwarna merah dengan warna putih sebagai basic.
  2. Ikan koi sanke, yakni ikan koi yang bercorak warna hitam diatas warna putih. 
  3. Ikan koi showa, yakni type ikan koi yang mempunyai corak merah serta putih dengan warna basic hitam.
Menurut type kulitnya, type ikan koi terdiri dari :
  1. Kingirin, pada ikan koi type ini tampak layaknya ada kemilau yang berwarna keemasan atau berwarna perak di beberapa kulitnya. ikan type kingirin umumnya dikenal juga dengan sebutan ikan ginrin.
  2. Doitsu, yakni ikan koi yang mempunyai sisik besar pada beberapa tubuhnya, namun di bagian lain tidak bersisik atau gundul. type ini adalah hasil perkawinan silang pada ikan koi dengan ikan karper jerman.
  3. Hikari, yakni ikan koi yang mempunyai kulit berwarna metalik atau silver.
Koi impor vs  Koi lokal  
Untuk tahu perbedaan pada type ikan koi import dengan koi lokal, tersebut disini ciri-cirinya. tanda-tanda fisik dari type ikan koi impor yaitu seperti berikut : 
- Ikan koi impor umumnya didatangkan dari negara jepang
- Badan ikan koi ini lebih panjang
- Berwarna putih pekat
- Mempunyai mata yang besar serta agak keluar
Umumnya harga nya lebih mahal bila dibanding dengan ikan koi lokal. Ikan koi lokal mempunyai tanda-tanda seperti berikut : 
- Biasanya hasil perkawinan silang pada ikan asli indonesia dengan ikan koi dari jepang. ikan koi lokal ini diakui sebagai turunan yang kesekian dari ikan koi imporbentuk badannya agak bulatwarnanya putih namun tidak pekat.
- Matanya tidak besar.
- Harga nya lebih murah dari koi impor.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer