Minggu, 16 Desember 2012

Mengatur Parameter Air Kolam Ikan

Untuk memperoleh kolam ikan yang sehat, anda mesti melindungi situasi airnya didalam situasi senantiasa baik serta sehat. situasi air kolam sehat dapat bikin ikan tidak gampang sakit.

Sekurang-kurangnya ada empat parameter mutu air yang butuh di perhatikan supaya kolam anda senantiasa didalam situasi sehat. empat parameter itu meliputi suhu air, keasaman serta kebasaan, kandungan oksigen, serta kandungan garam. simak catatan perihal empat parameter tersebut :

Suhu air
Suhu air dapat merubah perkembangan vegetasi air serta keinginan oksigen didalam kolam. peningkatan suhu air dapat mengakibatkan oksigen menyusut. disamping itu, tanaman serta ikan dapat memerlukan oksigen semakin banyak dikarenakan tingkat respirasinya meningkat.
Pada prinsipnya, ikan layaknya ikan koi tidak mempunyai problem dengan suhu. biasanya, ikan kuat hadapi pergantian suhu. cuma, bila ikan didatangkan dari luar, maka mesti beradaptasi dengan air di indonesia.
 
Pergantian suhu air dapat menyebabkan pergantian rutinitas ikan. makin dingin, maka nafsu makan serta pertumbuhannya justru melambat.

Waktu layaknya ini, porsi makanan baiknya dikurangi. dikarenakan apabila tidak dimakan dapat membusuk serta bikin air terkontaminasi.
 
Keasaman serta kebasaan

Keasaman atau kebasaan air diukur dengan ph mtr.. keasaman yaitu di antara factor mutlak mutu air yang merubah kesehatan ikan.
 
Derajat keasaman diukur oleh jumlah hidrogen serta hidroksil yang ada di air kolam. skala pengukurannya dari 1 – 14. bila ion hidrogen terlampau banyak maka ph terlampau asam. namun bila hidroksilnya lebih tinggi maka air terlampau basa.

Air kolam ikan biasanya memerlukan derajat keasaman 6, 9 – 8. angka ini mendekati nilai normal derajat keasaman. masih banyak kemungkinan kenapa nilai ph dibawah atau diatas nilai normal. layaknya banyaknya asam karbon dari sisa metabolisme ikan, perihal ini dipicu filter yang tidak bekerja baik, dan air kolam tidak teratur diganti.

Kandungan oksigen
Kandungan oksigen didalam air mesti memenuhi. untuk kolam ikan koi, contohnya, kandungan yang diperlukan lebih kurang 6 miligram per liter. kurang kandungan oksigen, maka dapat mengakibatkan kematian ikan.

Kandungan oksigen berkenaan suhu air, hingga jika ada kenaikan suhu air, maka kandungan oksigennya turun, serta demikianlah sebaliknya. turunnya kandungan oksigen dapat dikarenakan jumlah tanaman air yang tidak seimbang.
 
Banyaknya ikan didalam kolam, dan sirkulasi air yang tidak baik waktu masuk ke didalam filter juga menyumbang menyusutnya oksigen. untuk melindungi kestablian kandungan oksigen, buat sistem aerasi yang baik.

Kandungan garam
 
Walau kolam ikan diisi air tawar, kandungan airnya bisa memiliki kandungan sedikit garam. manfaat garam untuk menetralkan zat amonia serta nitrat.

Amonia yaitu limbah yang dihasilkan melewati pembusukan kotoran ikan. didalam kandungan spesifik bisa membahayakan ikan tersebut. kandungan garam yang diijinkan yaitu 0, 15 – 0, 20 %. kandungan garam terlampau tinggi dapat mengakibatkan kerusakan tanaman air, juga mengganggu kerja batu zeolit pada filter. untuk mengukur kandungan garam, anda dapat memakai salinity mtr., yang harga nya lebih kurang rp 700-rp 800 ribu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer