Jumat, 28 Desember 2012

Tips Budidaya Ikan Sepat Mutiara


Sepat mutiara ( tichogaster leeri ) dengan nama dagang pearl gouramy atau mosaic gouramy datang dari sumatera, kalimantan, malaysia, serta thailand. ikan yang berbentuk omnivora ini hidup pada suhu maksimal 26-28° c ; ph 6, 5-7, 0 ; serta kekerasan 6-8° dh. 

Panjang tubuh ikan ini bisa meraih 12 cm. warnanya biru muda dengan violet terang. semua tubuhnya dipenuhi totol-totol putih scperti mutiara dengan poly mosaik. pada waktu birahi, warna sisi perut jantan jadi orange. 

Sepat mutiara ( trichogaster leeri ) yaitu sejenis ikan hias air tawar bagian suku gurami ( osphronemidae ). didalam bhs inggris dimaksud pearl gourami, mosaic gourami atau lace gourami mengacu pada pola warna berbintik-bintik indah dengan garis hitam di segi tubuhnya. 

Ciri khas 
Ikan yang bertubuh pipih serta bermoncong runcing sempit, panjang total beserta ekor sampai 120mm. berwarna abu-abu atau kebiruan dengan pola butir-butir berwarna kehijauan atau keperakan sama mutiara sangat banyak. sesuatu pita berwarna gelap jalan pada sedang segi tubuh, dimulai dari ujung moncong melalui mata serta berakhir dengan sesuatu bintik pada pangkal ekor. hewan jantan lebih berwarna-warni, dengan tenggorokan serta sirip dubur sisi depan berwarna kemerahan. 

Rumus sirip dorsal, v-vii ( jari-jari keras atau duri ) serta 8–10 ( jari-jari lunak ) ; serta sirip anal xii-xiv, 25–30. gurat segi 30–37 buah. panjang standar ( tanpa ekor ) kurang lebih 2, 4 kali tinggi badan. sepasang jari-jari paling depan pada sirip perut beralih jadi alat peraba yang menyerupai cambuk atau pecut, yang memanjang sampai ke ekornya, dilengkapi oleh sepasang duri serta 2-3 jumbai pendek.

Persebaran dan habitat 
sepat mutiara menyebar dimulai dari thailand, malaysia, sumatra, sampai kalimantan. ikan ini adalah penghuni rawa-rawa dataran rendah yang berair sedikit asam. ikan ini umumnya suka ada dekat permukaan sampai 1/2 kedalaman air. 

Pemeliharaan di akuarium 
Untuk memelihara sepasang sepat mutiara baiknya dipakai kolam atau akuarium berukuran sedikitnya 60 liter ; semakin besar ukurannya dapat tambah baik, dikarenakan ikan ini dapat tunjukkan tanda-tanda stres jika jadi terbatasi ruangannya. suhu air baiknya berkisar pada 22–28 °c ( 72–82°f ). permukaan airnya sebaiknya terkait segera dengan hawa terbuka, supaya organ labirin ikan ini bisa berperan dengan baik. kelengkapan akuarium yang dibutuhkan diantaranya yaitu substrat serta ornamen yang cocok, tetumbuhan air, filter air, pencahayaan, dan perawatan. 

Sepat mutiara yaitu ikan yang cinta damai. ikan ini bisa hidup bercampur dengan beberapa jenis ikan yang lain, tetapi baiknya janganlah dipadukan dengan ikan-ikan yang berbentuk agresif atau terlampau aktif. juga butuh dijaga supaya akuarium tidak terlampau penuh supaya sepat mutiara tidak gelisah. tandanya, sepat jantan bisa tiba-tiba saja menyerang atau menggertak ikan lain yang merasa mengganggunya. 

Pakan 
sepat mutiara yaitu hewan omnivora, pemakan semua. di akuarium, ikan ini bisa diberi pakan kering layaknya pelet atau cacing tubifex kering. sesekali, juga bisa diberikan pakan hidup layaknya udang renik.


Pemijahan 
Langkah pemijahan serta pemeliharaan ikan ini nyaris sama juga dengan dwarf gouramy. perbedaannya cuma pada ke-2 induknya yang amat sctia menjaga telurnya. oleh dikarenakan itu, pembelahan induk jantan serta betina dengan anaknya bisa dikerjakan sesudah larva dapat berenang atau lebih kurang usia 1 minggu. ukuran jual lebih kurang 4 cm atau telah berusia 3, 5 bln.. 

Untuk area memijah, akuarium butuh dilengkapi dengan tanaman air yang mengapung. disini ikan jantan dapat bikin sarang busa atau sarang gelembung dari air ludahnya, sebagai area memijah serta menaruh telur sampai menetas kelak. percumbuan serta pemijahan dapat berjalan di sarang ini, serta setelah telur dikeluarkan serta dibuahi, sepat betina dapat diusir keluar oleh si jantan. sebagaimana beberapa jenis sepat yang lain, jantan sepat mutiara dapat menjagai telur-telur ini sampai menetas. 

Sekali memijah umumnya betina dapat mengeluarkan 150–200 butir telur. telur ikan dapat menetas sesudah 24 jam lantas. sekian hari selanjutnya burayak ( anak-anak ikan ) mulai aktif berenang. pada waktu itu sebaiknya ikan jantan dipisahkan dari anak-anaknya, supaya burayak-burayak itu tidak dimakannya. anak-anak ikan semula bisa diberi pakan udang renik, serta minggu-minggu selanjutnya bisa diberi pakan kering yang dihaluskan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer