Senin, 17 Desember 2012

Tips Budidaya Neon Tetra

Neon Tetra ( paracheirodon innesi ) adalah type ikan hias air tawar yang terhitung keluarga characin ( famili characidae, ordo characi formes ). Type tetra dari genus paracheirodon adalah ikan-ikan asli perairan amerika selatan. warnanya yang cerah bikin type ikan ini bisa tampak pada perairan sungai pedalaman yang gelap serta perihal ini adalah di antara karena populernya type ikan ini sebagai ikan hias. 

Neon tetra mempunyai warna yang cerah, ada garis horizontal berwama biru-hijau selama ke-2 segi ikan dimulai dari hidung sampai sisi depan ekor serta warna kemerah-merahan selama 1/2 sisi posterior bawah tubuh. saat malam hari warna tubuhnya dapat menghilang sepanjang ikan beristirahat serta dapat nampak kembali saat ikan aktif saat pagi harinya. Neon tetra bisa tumbuh sampai 4 cm. ikan betina mempunyai perut yang sedikit agak besar di banding ikan jantan. 

Ikan neon tetra adalah di antara type ikan akuarium yang amat dikenal serta sudah dibudidayakan didalam jumlah yang besar. type neon tetra lain yang populer yaitu green neon tetra ( paracheirodon simulans ) serta black neon tetra adalah spesies tersendiri, apalagi type ikan yang paling akhir datang dari genus yang tidak sama. ikan cardinal tetra atau biasa dimaksud dengan red neon mempunyai kemiripan dengan neon tetra serta kerapkali dikira sebagai neon tetra sejati. 

Type tetra ini tidak sama dengan neon tetra sejati dipandang dari garis lateral berwama merah selama tubuhnya. persamaan kata neon tetra atau paracheirodon innesi yaitu hyphessobrycon innesi. walau neon tetra bisa beradaptasi dengan baik pada perubahan-perubahan situasi air, di alam ikan ini menempati perairan yang sedikit asam ( ph agak rendah ), kesadahan rendah, serta suhu pada 20 - 26 °c. ikan neon tetra bisa hidup sampai lima th.. 

Ikan neon tetra amat gampang dipelihara di akuarium dengan air yang mempunyai ph lebih kurang 5, 0 - 7, 0 serta kesadahan 1, 0 - 2, 0. dikarenakan ukurannya yang kecil, baiknya ikan ini tidak dipelihara berbarengan dengan ikan yang berukuran besar atau ikan yang agresif. ikan ini bisa dipelihara berbarengan dengan type tetra yang lain layaknya rummy-nose tetra, cardinal tetra atau type ikan yang lain. 

Neon tetra adalah omnivora serta suka makanan berbentuk flake food, udang-udang kecil, daphnia, cacing darah beku, tubifex atau pelet berukuran kecil. untuk membudidayakan neon tetra, letakkan sepasang ikan di bak pemijahan yang gelap. intensitas sinar lantas bisa ditingkatkan dengan bertahap sampai pemijahan berlangsung. sepanjang sistem perkawinan ini, ikan bisa diberi pakan berbentuk larva nyamuk. dikarenakan induk ikan kerap mengonsumsi anak ikan yang baru menetas, maka baiknya induk ikan ini dipindahkan sesudah mereka memijah. telur lantas dapat menetas sesudah 30 jam.
Penyakit neon tetra Penyakit ini diketahui spesial menyerang ikan neon tetra serta sebagian spesies berkenaan yang lain. walau demikianlah, tidak bermakna bahwa ikan lain kebal terhadapnya. sebagian type cichlid layaknya manvis, serta cyprinid layaknya rasbora serta barb, dilaporkan jadi korban puia dari penyakit ini.
gejala
Warna ikan memucat serta dibarengi dengan hilangnya garis merah. pada infeksi mudah dapat tidak tunjukkan tanda-tanda apa-apa. namun pada tanda-tanda menengah hingga kronis, tak hanya warna memucat serta kehilangan warna merah, juga kerap dibarengi dengan munculnya bercak-bercak putih di bawah kulit. timbulnya bercak putih tunjukkan berlangsungnya rusaknya pada jaringan otot ikan. disamping tanda-tanda tersebut di atas ikan yang terinfeksi bisa juga tunjukkan tanda-tanda malas/lesu, kesusahan berenang, serta kehilangan berat badan ( kurus ).
 
Pemicu. Dikarenakan oleh parasit pleistophora hyphessobryconis. penyebaran penyakit biasanya berlangsung melewati spora yang terbawa oleh pakan, atau melewati sisi ikan terinfeksi yang mati serta dimakan oleh ikan yang berkaitan.
 
Infeksi bisa juga dipicu oleh situasi mutu air yang memburuk atau tidak cocok dengan keperluan neon tetra. oleh dikarenakan itu, sebelum saat lakukan perlakuan apa pun pada penyakit ini, yakinkan terlebih dulu bahwa situasi air akuariumnya telah ideal untuk kehidupan ikan neon tetra.
Sesudah ada didalam usus ikan, parasit dapat masuk kedalam jaringan tubuh serta menggandakan diri disana lantas menyebar. jaringan yang memiliki kandungan parasit dapat mati, warnanya jadi pucat lantas beralih berwarna putih.
 
Pencegahan serta perawatan belum ada obat-obatan yang diketahui efisien untuk menangani infeksi pleistophora. walau demikianlah tak ada salahnya coba obat-obatan yang di tawarkan di toko akuarium yang disediakan untuk penyakit tersebut, percobaan penyembuhan gunakan toltrazunil diketahui cukup menjanjikan. pencegahan tampaknya adalah perihal yang amat disarankan untuk menghidar dari infeksi penyakit. karenanya jagalah agar mutu air terus optimum serta parameternya cocok untuk keperluan hidup neon tetra.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer