Sabtu, 12 Januari 2013

10 Cara Agar Tetap Sehat Ketika Naik Pesawat

Ketika berpergian dengan pesawat, banyak efek samping yang didapat oleh tubuh. Mulai dari dehidrasi hingga jet lag. Oleh karena itu, menjaga kesehatan saat berada di pesawat wajib dilakukan. Seperti yang dikutip dari Canadian Living, berikut 10 caranya.

[imagetag]

1. Perbanyak Minum

Menurut Dr Collin Saldanha, konsultan kesehatan travel tersertifikasi dan staff Etihad Airways, menyarankan agar selalu menghidrasi tubuh dengan banyak meminum air. Namun kurangi minuman beralkohol dan berkafein seperti teh dan kopi karena bersifat diuretik (mengeluarkan cairan tubuh).

2. Regangkan Kaki Anda

Berdiri dan berjalanlah berkeliling minimum satu jam sekali. Hal ini dapat membuat sirkulasi darah tubuh kembali lancar.

3. Lindungi Kaki Anda

"Gunakan kaus kaki saat menjalani penerbangan dengan menggunakan pesawat," jelas Dr.Saldanha. Terutama bila Anda memiliki penyakit kronis atau menderita obesitas. Hal ini dapat menghindarkan dan mencegah resiko pembekuan pada kaki.

4. Buat Sirkulasi Udara Tetap Lancar

Untuk mencegah udara terperangkap pada area hidung ataupun sinus, lakukan gerakan mengunyah ataupun menguap. Jika Anda bepergian dengan balita ataupun bayi, jangan lupa untuk membawa dot karena dapat menghasilkan efek yang sama.

5. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Gunakan pakaian dan sepatu yang longgar dan nyaman. Hal ini membuat Anda merasa nyaman terutama jika Anda menjalani rute penerbangan yang panjang.

6. Gerakan Kaki Anda

"Geser dan gerakan kaki Anda secara teratur terutama ketika Anda sedang duduk," ujar Dr. Saldanha. Hal ini penting untuk memberikan ruang gerak bagi kaki untuk melakukan peregangan. Oleh karena itu pindahkanlah seluruh barang bawaan pada kabinet yang berada di bagian atas kepala Anda.

7. Bawa Serta Obat-Obatan Bersama Anda

Dr. Saldanha menganjurkan Anda untuk membawa obat-obatan yang rutin dikonsumsi. Misalnya alat penguji tekanan gula dan insulin jika Anda mengalami masalah dengan tekanan gula darah.

8. Hindari Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Hindari makan secara berlebihan ataupun mengkonsumsi minuman bersoda. Hal ini mengakibatkan perut Anda kembung dan merasa tidak nyaman.

9. Beritahu Kru Pesawat Alergi yang Anda Derita

Selalu beritahu kru pesawat yang Anda tumpangi akan alergi yang diderita. Misalnya alergi terhadap cuaca yang terlalu dingin, maka kru tersebut akan membantu menjaga temperatur area duduk Anda tetap hangat dan nyaman, atau paling tidak memberikan selimut.

10. Berkonsultasi dengan Dokter

Konsultasikan kesehatan Anda pada dokter sebelum bepergian. Hal ini penting dilakukan untuk mengecek kesehatan, apakah sudah cukup baik dan sehat untuk menjalani penerbangan ataupun mintalah vaksin ataupun imunasi tertentu jika memang dibutuhkan.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer