Rabu, 09 Januari 2013

8 Cara Menghidupkan Sebuah Hubungan Persahabatan

Ketika kita sedang sangat sibuk, beberapa persahabatan akan terabaikan. Tapi itu tidak berarti Anda tidak dapat menghidupkan kembali sebuah hubungan.  "Meskipun sudah lama berlalu, ada baiknya menjaga teman-teman yang telah membantu Anda dalam masalah dan teman curhat yang mendengarkan keluhan Anda," ujar Vicki Field, pelatih di Chapel Hill, NC. 


Tetapi keinginan saja tidak cukup. Anda harus menemukan cara untuk menyambung persahabatan kembali, hal itu bisa saja menjadi sangat sulit setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun tanpa kontak. Berikut adalah langkah pertama terbaik untuk membuat untuk mendapatkan teman Anda kembali di dalam hidup Anda. 

1. Menulis pesan di Facebook

Berhubungan via media elektronik adalah salah satu cara termudah untuk kembali berhubungan, ujar Field. Tapi apa yang Anda katakan pertama kali? Mulailah dengan bercerita tentang seberapa sibuk Anda dan kemudian menambahkan rincian tentang apa yang telah Anda lakukan. 

Berbagi info tentang kehidupan Anda dapat mendorong teman Anda untuk membalas dengan keterbukaan yang sama. Setelah Anda terhubung kembali, buatlah rencana untuk bertemu secara pribadi. “Anda tidak dapat menggantikan hubungan yang nyata dengan Facebook atau media sosial apa pun," ujar Field.

2. Kembali terhubung dengan kegiatan favorit Anda
Sebuah aktivitas yang Anda kerjakan bersama-sama bisa menggerakkan sebuah persahabatan yang pernah terhenti, ujar Celestine Chua, pendiri blog Personal Excellence. 

"Karena  hal itu bisa membuat Anda bersama-sama di masa lalu, seharusnya hal itu bisa mengingatkan kembali kenangan positif dan membawa Anda menjadi dekat lagi," jelasnya. Mulailah dengan mengirim email ke teman Anda dengan daftar kegiatan favorit bersama dan menyarankan melakukan salah satunya.

3. Kirim kartu yang ditulis tangan

Sebuah catatan di kotak pos bisa menjadi kejutan untuk teman yang belum Anda ajak berbicara dalam beberapa waktu. Dan tidak perlu menunggu sampai liburan untuk mengirimkannya, sebuah kartu dapat memulai hubungan Anda kapan saja, ujar Shari Goldsmith, pelatih kehidupan wanita  dan terapis kesehatan mental di Cincinnati. 

Ingatlah, "jangan terlalu menuntut," ujarnya memperingatkan. "Wanita selalu sibuk dan tidak ingin merasa persahabatan datang dengan niat tersembunyi." Jadi hindari menyebutkan masa lalu atau tanggal spesifik untuk bertemu. Sebaliknya, tinggalkan pesan terbuka, katakan Anda bersedia untuk makan siang atau minuman dalam beberapa pekan ke depan, ujarnya. Dan ingatkan dia tentang cara terbaik untuk menghubungi Anda.

4. Mengatur tanggal untuk menelepon

Mendengar suara seorang teman dapat menjadi cara yang bagus untuk berhubungan kembali. Tetapi dengan jadwal sibuk, Anda mungkin harus menunggu lama sampai bisa berbicara. Itulah sebabnya cara terbaik adalah untuk menjadwalkan chat. 

Tinggalkan pesan suara dengan menyebutkan waktu luang Anda, ujar Shasta Nelson, pendiri GirlFriendCircles.com, situs persahabatan wanita. "Mungkin aneh untuk meneleponnya tanpa alasan, tapi orang-orang pasti mengerti," ujarnya. Setelah bisa menelepon teman Anda, pastikan untuk mengatur waktu dan tanggal untuk telepon lain atau pertemuan, ujarnya.

5. Lakukan sesuatu yang baik dan tak terduga

Mengirimkan hadiah buatan tangan atau kue favoritnya, mempersiapkan kejutan kecil, bisa memiliki efek besar dalam menghidupkan kembali persahabatan, terutama dengan seseorang yang Anda pernah anggap sebagai sahabat baik. 

"Ini akan membuka hati teman Anda untuk Anda, yang akan melanjutkan persahabatan," ujar Chua. Hanya saja, jangan berlebihan. Kirimlah sesuatu yang tidak terlalu mahal.

6. Gelar pesta makan malam
Ada kemungkinan lebih dari satu teman Anda yang datang, sehingga mengundang sejumlah orang bisa memulai kembali beberapa persahabatan sekaligus, ujar Nelson. Biarkan teman-teman Anda tahu betapa mereka berarti bagi Anda dengan "makan malam ucapan terima kasih," ujarnya menyarankan. Pertimbangkan untuk mengundang orang yang saling mengenal satu sama lain, seperti beberapa mantan rekan kerja.

7. Undang dia menghadiri acara bersama-sama

Memiliki tiket tambahan untuk konser, pesta atau membaca buku? Membawa teman Anda untuk sebuah pertemuan bisa lebih santai dan tidak menakutkan seperti pertemuan satu lawan satu. "Hal itu akan mengurangi tekanan dan memungkinkan Anda berdua bersantai di lingkungan yang berkelompok," jelas Chua. 

Daripada melompat ke diskusi serius mengapa Anda berpisah, Anda akan bersosialisasi dengan orang lain atau menikmati beberapa hiburan, yang dapat membuat reuni Anda tidak terlalu canggung.

8. Coba pengalaman baru

Menciptakan kenangan menyenangkan bersama-sama adalah cara yang pasti untuk menghidupkan kembali persahabatan, ujar Chua. Kirim email ke teman Anda untuk bertemu dan sarankan daftar kegiatan untuk saling mendekatkan. 

Beberapa ide seperti: bermain paintball, panjat tebing, mengambil pelajaran tari dan pergi trekking, ujar Chua. "Itu adalah cara yang bagus untuk belajar hal-hal baru tentang teman Anda dan menemukan kesamaan baru untuk lebih akrab."
Sumber: yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer