Minggu, 06 Januari 2013

Budidaya Ikan Patin

Budidaya Ikan Patin -Siapa yang tidak kenal ikan patin ? ikan air tawar ini saat ini jadi primadona di kelompok umur penggemar kuliner ikan. dengan ukuran badan yang panjang, berwarna putih keperakan, ikan patin terhitung ikan yang istimewa di macamnya. tingkat mengonsumsi yang tinggi bikin beberapa peternak ikan mulai melirik budidaya ikan patin.
Tak hanya dikenal dikarenakan kelezatannya, ikan patin juga dikenal sebagai komoditi yang berprospek bagus dikarenakan harga jualnya yang tinggi. perawatan yang gampang juga jadi alasan lain beberapa peternak ikan tawar menentukan coba budidaya ikan patin.
Bernama latin pangasius hipothalmus, ikan patin adalah type ikan air tawar yang bisa dikonsumsi oleh manusia. produknya terhitung unggulan hingga banyak peternak yang coba usaha budidaya ikan patin ini. struktur daging ikan patin ini mempunyai banyak lemak serta agak basah tetapi tidak mempunyai banyak duri. harga ikan patin di pasaran condong stabil hingga usaha budidaya ikan patin ini cukup menjanjikan serta punya potensi membuahkan pendapatan besar.

Menentukan untuk usaha budidaya ikan patin memanglah membutuhkan prinsip yang berkepanjangan. aktivitas budidaya ikan patin ini sama layaknya beternak hewan perikanan lain membutuhkan ketelatenan serta kesabaran didalam tiap-tiap langkah serta prosesnya. beberapa orang tidak suka rasa ikan patin dikarenakan rasa dagingnya yang kurang gurih. dengan penambahkan bumbu-bumbu yang cocok pastinya hidangan memiliki bahan basic ikan patin ini dapat makin nikmat.
Ya, selera tiap-tiap orang tidak sama namun dengan umum, hidangan ikan patin banyak penggemarnya terlebih di kepulauan sumatera serta sulawesi. tak hanya jadikan hidangan untuk menu utama, ikan patin mempunyai potensi besar yang lain hingga beberapa orang makin tertarik untuk lakukan usaha budidaya ikan patin.

Daging ikan patin dapat diolah jadi panganan atau makanan pelengkap layaknya abon ikan patin. terasa yang khas serta unik menarik ketertarikan penduduk. usaha ini belum banyak dikerjakan orang oleh dikarenakan itu potensinya tetap terbilang besar. untuk anda yang tertarik untuk tekuni budidaya ikan patin ini, anda mesti sediakan kolam pemeliharaan terbuat dari tanah liat atau lempung yang bisa menahan massa air yang besar dan tidak bocor.

Tanah ini lantas dibentuk jadi kolam berbentuk pematang atau dinding-dinding kolam. sesudah mempersiapkan tanah sebagai kolam pemeliharaan budidaya ikan patin, maka perihal yang ke-2 yang butuh di perhatikan yaitu mutu airnya sendiri.

Syarat utama yaitu air mesti bersih, tidak terlampau keruh serta tidak tercemar beberapa bahan beracun. suhu air juga jadi perhatian utama. suhu air yang baik untuk budidaya ikan patin berkisar pada 26-28 derajat celcius.
Budidaya ikan patin bisa dibedakan jadi dua sisi yang tidak terpisahkan, yakni pembenihan serta pembesaran. keduanya memerlukan perhatian yang cukup gampang. walau ke-2 aktivitas ini belum cukup popular di kelompok umur penduduk dikarenakan untuk mencukupi keperluan ikan patin umumnya tetap memercayakan aktivitas penangkapan di alam.

Sistem pembenihan pada budidaya ikan patin


Aktivitas pembenihan ikan patin adalah usaha untuk membuahkan benih pada ukuran spesifik hingga yang dihasilkan yaitu benih yang dihasilkan sesudah periode pendederan. sistem mutlak yang perlu dilewati pada budidaya ikan patin. tiap-tiap bagian pada budidaya ikan patin dapat jadikan usaha tersendiri.

Pada step pembenihan contohnya, peternak dapat coba budidaya ikan patin cuma didalam step ini lantas segera jual benihnya pada mereka yang memerlukan benih-benih berkwalitas. pastinya harga yang dipatok tidak sama dengan ikan patin yang telah dewasa serta siap dikonsumsi.

Untuk mengawali budidaya ikan patin, anda dapat memperoleh benih ikan dari hasil tangkapaan di perairan umum ataupun beli dari balai pemeliharaan ikan air tawar di jawa barat. benih-benih ini umumnya dihimpun didalam satu wadah serta dirawat sepanjang lebih kurang dua minggu. sistem inilah yang memerlukan kehati-hatian. 

Perihal yang butuh di perhatikan didalam budidaya ikan patin yaitu mutu air, jika air didalam penampungan telah mulai kotor, ubahlah dengan air bersih serta hindari dari sengatan matahari. benih ikan patin ini dapat siap ditebar saat telah dipindahkan serta dipelihara terlebih dulu didalam jaring. perihal ini ditujukan supaya benih ikan patin dapat berdadaptasi dengan lingkungan barunya. budidaya ikan patin ini memanglah butuh perhatian yang besar.

Tanda-tanda induk patin yang sehat serta siap dipijahkan yaitu seperti berikut :

1. Sistem pembenihan pada budidaya ikan patin - induk betina
  • berusia tiga tahun
  • ukuran anatara 1. 5 – 2 kilogram
  • perut membesar ke arah anus
  • perut merasa empuk serta halus waktu diraba
  • kloaka membengkak serta berwarna merah tua
  • kulit di bagian perut lembek serta tipis
  • saat kloaka ditekan maka dapat keluar sebagian butir telur dengan wujud bundar yang besarnya seragam.
2. Sistem pembenihan pada budidaya ikan patin - induk jantan
  • berusia dua tahun
  • ukuran 1. 5 – 2 kilogram
  • kulit perut lembek serta tipis
  • apabila diurut dapat keluar cairan sperma berwarna putih
  • kelamin membengkak serta berwarna merah tua.
Sistem pembesaran budidaya ikan patin

Pembesaran ikan patin bisa dikerjakan di kolam, di jala apung baik dengan sistem pen ataupun didalam karamba. tersebut penuturannya :
  • pembesaran ikan patin di kolam bisa dikerjakan melewati sistem monokultur ataupun polikultur.
  • pembesaran ikan patin di jala apung baiknya memerhatikan lokasi pemeliharaan, bagaimana langkah menggunakan jala apung, bagaimana situasi perairan serta mutu airnya dan sistem pembesarannya.
  • pada pembesaran ikan patin, sistem yang butuh di perhatikan penentuan lokasi, mutu air, penebaran benih serta pemberian pakan dan pengontrolan.
pada pembesaran ikan patin di karamba yang butuh di perhatikan yaitu problem penentuan lokasi, penebaran benih, pemberiaan pakan tambahan, pengontrolan serta pemanenan.

Sistem panen budidaya ikan patin


Yakinkan ikan patin tidak terkoyak siripnya saat anda mengangkatnya dari kolam pembesaran. ikan patin yang terkoyak siripnya dapat alami penurunan harga hingga tidak laris di pasaran. budidaya ikan patin juga memerlukan kehati-hatian yang lebih detil.
Saat budidaya ikan patin anda telah mulai membuahkan hasil, janganlah pakai jala yang besar serta kasar untuk menangkap ikan patin dikarenakan dapat menyakiti serta mengakibatkan kerusakan tubuh ikan patin. baiknya pakai serok dengan jala yang halus. pastikan ikan patin yang betul-betul siap panen hingga hasil yang anda peroleh lalu optimal.

Pengemasan didalam budidaya ikan patin Pengemasan benih ikan patin mesti bisa menanggung keselamatan benih sepanjang pengangkutan. perihal yang butuh di perhatikan didalam pengemasan benih ikan patin saat anda mulai melakukan bisnis budidaya ikan patin yakni :
Siapkan kantong plastik cocok keperluan. tiap-tiap kantong dibikin rangkap untuk hindari kebocoran.
Benih ikan yang sudah dipuasakan sepanjang 18 jam ditangkap dengan serokan halus lantas dimasukan kedalam kantong plastik tadi.
Satu persatu kantong berisi oksigen murni ( perbandingan air ksigen = 1 :2 ). sesudah itu segera diikat dengan karet gelang rangkap.
Kantong-kantong plastik diisi benih dimasukkan kedalam kardus.
lama pengangkutan. benih ikan patin bisa diangkut sepanjang 10 jam dengan tingkat kelangsungan hidup meraih 98, 67%.

-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer