Minggu, 13 Januari 2013

Cara mencegah motor berkarat di musim hujan

Cara mencegah motor berkarat -Musim hujan telah tiba, sedia mantel saat bepergian ke luar rumah agar tidak kebasahan akibat hujan. Saat musim hujan seperti ini sangatlah merepotkan, sebab kondisi lingkungan yang tidak sesuai kadang - kadang membuat jalanan banjir. Akhirnya perjalanan kita terganggu dan kendaraan akan mengalami masalah seperti mogok. Walaupun kita telah berusaha bangun pagi agar tidak terlambat masuk kantor justru bisa jadi terlambat karena hujan yang deras. Efek berkepanjangan setelah musim hujan adalah beberapa komponen mesin menjadi berkarat dan cepat rusak. Sebelumnya kita juga telah menuliskan tentang cara merawat motor Nah bagaimana cara mencegah aksesoris motor berkarat? simak tipsnya berikut ini.

 

Cara mencegah motor berkarat

1. Cuci motor setelah hujan

Penyebab mesin atau komponen besi pada motor berkarat bukan karena hujannya, tetapi karena air hujan tersebut bercampur dengan udara yang terakumulasi menjadi penyebab karatan pada kendaraan.  Cucilah motor anda setiap kali terkena air hujan dalam waktu lama, atau bila tidak sempat cukup disiram dengan air yang banyak agar efek kontaminasi air hujan tersebut menghilang.

 

2. Berikan pelumas

Berikan pelumas sejenis oli atau pelumas mesin pencegah karat pada bagian kunci atau bagian yang penting dan mengandung besi. Bagian kunci motor sering mengalami karatan tanpa kita sadari akibat hujan. Air hujan masuk ke dalam sela - sela kunci motor kita sehingga kunci motor utama bisa menjadi karatan.

 

3. Berikan pelindung hujan

Bila meninggalkan motor dalam keadaan mendung dan ada tanda- tanda akan hujan, maka sebaiknya anda  memberikan pelindung pada motor anda. Anda dapat menggunakan jas hujan atau penutup sejenisnya. Bila perlu simpan di tempat yang aman dari hujan.

3 tips sederhana yang cukup ampuh merawat kendaraan anda dan mencegah dari kerusakan akibat karatan motor. Selamat mencoba baca juga Cara menghilangkan Jerawat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer