Senin, 14 Januari 2013

Cara Mengobati Batuk Secara Tepat Dan Benar

Cara mengobati batuk dapat dilakukan dengan beberapa cara. Batuk sebenarnya bukanlah penyakit, melainkan gejala penyakit. Batuk adalah kegiatan atau gerakan tubuh secara otomatis dalam rangka mengeluarkan dahak, riak atau benda asing lainnya yang terdapat dalam sauran pernafasan.

Ada dua jenis batuk yang sering terjadi pada manusia, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Kedua jenis batuk ini memang sangat mengganggu kita. Aktivitas pekerjaan sehari-hari menjadi tidak lancar karena batuk datang tanpa diduga.

Cara Mengobati Batuk

cara mengobati batuk

Penyebab batuk bisa bermacam-macam, diantaranya disebabkan karena infeksi saluran napas, alergi, asma, influenza, tersedak atau karena menghirup asap rokok yang berada disekitar kita. Tanda-tanda jika kita terkena batuk biasanya bersamaan dengan gejala lain seperti demam, nyeri dada, sakit tenggorokan, hidung tersumbat dan nyeri dada.

Cara mengobati batuk dapat Anda lakukan dengan cara melihat jenis batuk yang Anda alami. Untuk batuk kering, dapat diatasi dengan Anti-tusif: dekstrometorfan dan difenhidramin. Sedangkan batuk berdahak dapat diobati dengan Ekspektoran: guaifenesin, gliseril guaikolat, ammonium klorida, bromheksin dan succus liquiritae. Sebaiknya minta resep dokter untuk melakukan pengobatan tersebut.

Cara mengobati batuk bisa juga dilakukan dengan cara alami seperti memerbanyak air putih dan meminum ramuan jeruk nipis. Caranya ambil jeruk nipis sebanyak setengah sendok teh, kemudian tambahkan sedikit kecap atau madu setengah sendok teh. Campuran bahan tersebut dapat diminum tiga kali sehari, selama kurang lebih lima hari. Cara mengobati batuk yang benar akan membuat aktivitas kita menjadi lancar. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer