Sabtu, 12 Januari 2013

Cara Menyiasati Anak Susah Makan

Berkaca dari penga

[imagetag]laman pribadi ketika anak saya susah makan di waktu umurnya 1 tahun sampai sekarang. Berbagai referensi buku di baca, tanya dokter, orang tua, teman-teman dan keluarga. Tapi hasilnya kurang memuaskan saya. Akhirnya saya mencoba membuat resep sendiri untuk anak saya yang susah makan. Saya ingin berbagi tips ini kepada anda semua. Semoga aja tips saya bermanfaat ya ^^

1. Variatif

Anak saya susah banget makan nasi, sayur+ buah. Kalaupun dimakan, paling cuma sedikit. Itupun makannya lama, kadang bisa sampai 2 jam. Soalnya anak saya kalau makan suka dikunyah terlalu lama di mulut. Pastinya kan kasihan kalo makannya lama, ntar makanannya keburu dingin dah. Kebetulan anak saya sukanya makan mie goreng, maka untuk menjaga keseimbangan asupan gizinya, saya siasati dengan memvariasikan jenis karbohidrat (gandum, mie, pasta, havermut, kentang, ubi, dan lain-lain) tanpa mengabaikan masakan kesukaan anak. Boleh makan mie goreng, tapi tidak setiap hari kan, asalkan mie yang dimasak buat anak kita bukan mie instant. Saya biasanya masak mie pake mie cap telur 3 ayam, dan itupun masaknya ditambah wortel, daun bawang, ayam suwir, sosis, tomat, dll sesuai selera anak kita. Kuahnya pun pake kaldu ayam asli biar mienya tambah gurih nyam nyam. Pokoknya komplit karbohidrat, protein& vitamin. Empat sehat lima sempurna deh hehehe...

2. Do Not Force (Jangan Dipaksa)

Yang perlu diingat neh, ketika anak tidak mau makan jangan dipaksa. JANGAN PERNAH DIPAKSA !!! Soalnya dari pengalaman pribadi saya, saya dulu pernah paksa anak saya makan, malahan dia tidak mau makan sama sekali

[imagetag] akhirnya malah susah bujuk dia makan lagi. Akhirnya, saya diamkan beberapa saat, dia minta makan sendiri kalau lapar ; ) mestinya kita harus menciptakan suasana makan yang menyenangkan agar anak berselera makan. Jangan sampai ketika tiba waktu makan, anak malah takut karena kita paksa makan.

3. Nice serving

Saya sarankan juga untuk membuat penyajian makanan yang menarik, baik dari tempatnya maupun bentuk makanan itu sendiri. Makanannya bisa dibentuk senyum, karakter binatang ataupun karakter kesukaan anak kita. Gelas dan piringnya kalo bisa berwarna& berbentuk karakter the cars, barbie, dan lain-lain agar anak tertarik untuk makan ^^.

4. Make It Fun

Ciptakan suasana makan yang nyaman, asyik& ceria. Minimal makan bersama keluarga sehingga anak dapat melihat secara langsung bagaimana anggota keluarga lain lahap makannya ; ) ketika anak belum mau makan, berikan alternatif makanan atau camilan yang lain-lain. Seandainya anak minta susu waktu jam makan, sebaiknya tunda dulu beri susunya soalnya anak malah kenyang minum susu& tidak mau makan lagi

Berikut resep masakan hasil kreasi saya:

1. ayam sayur

bahan: 3 buah jagung, kukus, diparut halus

3 buah wortel, kukus, parut halus

1 batang daun bawang, cincang halus

daging ayam secukupnya, potong dadu kecil, kukus

1 butir telur, kocok rata

tepung terigu secukupnya

gula + garam secukupnya

keju parut

cara membuat: Campur semua bahan diatas, aduk sampai rata. Kemudian bentuk adonan bulat-bulat. Goreng dalam minyak panas. Sajikan dengan keju parut ^^

2. Orakarik telur, kentang& wortel

Potong kentang& wortel bentuk dadu. Kukus sampai empuk. Sementara itu, tumis bawang putih dengan sedikit mentega. Tambahkan daun bawang, telur . Terakhir masukkan kentang& wortel yang telah dikukus. Tambahkan garam& gula secukupnya.

3. Omelet nasi& sayuran

Kocok telur ayam, masukkan nasi dan sayuran yang telah dipotong kecil-kecil (wortel, daun bawang, brokoli, buncis). Tambahkan daging cincang. Goreng bentuk bulat. Sajikan dalam keadaan panas.

Sumber

#bcfda5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer