Sabtu, 12 Januari 2013

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Cara Meramunya

Manfaat kunyit berikut ini bisa Anda coba dirumah. Kunyit merupakan rempah-rempah yang banyak terdapat di Indonesia. Kunyit juga mudah kita temukan, karena kunyit sangat banyak manfaatnya. Oleh ibu-ibu kunyit sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan seperti gulai, soto, sayur lodeh, atau juga sering dijadika pewarna alami dalam pembuatan anasi kuning. 

Selain itu kunyit juga sering dimanfaatkan dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Namun kunyit meski banyak manfaatnya ternyata harganya terbilang murah, makanya tangan-tangan kreatif dan otak-otak gemilang sudah mulai bersiap-siap melirik bisnis obat alami dari kunyit ini.

Kandungan Kunyit yang paling dominan adalah senyawa yang berkhasiat obat$2C yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin , desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan upkalsium.

Berikut ini beberapa manfaat kunyit atau kunir untuk kesehatan :
  1. Pengobatan Diabetes mellitus.  Cara pengobatannya : Ambil 3 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh garam. Kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. setelah itu diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.
  2. Untuk Sakit Tifus. Caranya : Siapkan 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. Lalu semua bahan  ditumbuk halus dan diperas untuk diambil airnya, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat, dan disaring. Diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut-turut. Atau yang paling sederhana ambil 1 rimpang kunyit parut, kemudian peras tanpa diberri air, kemudian air perasan kunyit tadi ditambahi madu aduk rata. Kemudian minum 2 kali sehari tiap pagi dan sore.
  3. Untuk Disentri. Caranya ambil 1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya. Lalu semua bahan  direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Diminum dan diulangi sampai sembuh.
  4. Perut Mulas pada saat Haid. Caranya ambil 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm. Kemudian semua bahan tersebut dicuci bersih dan diparut untuk diambil airnya, kemudian di tambah dengan perasan jeruk nipis, diseduh dengan 1/2 gelas air panas dan disaring. Bisa juga ditambah garam dan gula secukupnya dan diminum pada hari pertama haid. atau mungkin madu asli.
  5. Memperlancar ASI. Caranya 1 rimpang kunyit ditumbuk sampai halus, kamdianunakan: Dioleskan sebagai kompres diseputar payudara 1 kali setiap 2 hari.
  6. Cangkrang (Waterproken) Caranya 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng, lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu dioleskan pada bagian yang kena cangkrang.
  7. Berak Lendir (Disentri) Caranya 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih. Kemudian direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Lalu Diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.
  8. Mencret Caranya Rimpang kunyit 1/2 jari; Rasuk angin 1/2 sendok teh; Ketumbar 3 biji; Buah kayu ules 1 biji; daun trawas 1 helai, Campuran ditumbuk; ditambah air 115 ml dan dididihkan; kemudian disaring, Diminum pagi dan sore; tiap kali minum 100 ml

Anda juga bisa memanfatkan kunyit  untuk menghaluskan kulit, kayak putri keraton. Ini merupakan resep lulur turun menurun di Istana Raja di Jawa. Namun jika kita terlalu repot mengolah kunyit untuk obat-obatan diatas, Anda bisa mendapatkan yang sudah dalam bentuk serbuk. Banyak juga yang sudah dalam bentuk kapsul, semua bisa kita beli di toko herbal terdekat. Ini akan lebih memudahkan kita untuk mengkonsumsinya.

Bagi wanita yang sedang hamil, jangan konsumsi kunyit karena diduga kunyit pemicu kelahiran prematur. Semoga manfaat kunyit diatas bisa bermanfat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer