Jumat, 11 Januari 2013

Peluang Usaha Budidaya Mas Koki


Peluang Usaha Budidaya Mas Koki (akuariumhias) -Ikan mas koki adalah di antara type ikan hias yang telah tidak asing lagi untuk kita. dengan wujud badannya yang khas, yaitu bulat, sirip lebar, serta sebagian ada yang mempunyai jambul, kita dapat dengan gampang mengenalinya. ikan mas koki ini banyak dikembangkan di negara cina serta jepang, tetapi ada juga yang datang dari belanda, yaitu ikan mas koki type oranda yang nama aslinya yaitu hollanda. untuk lokasi indonesia sendiri, ikan mas koki ini banyak dibudidayakan di kabupaten magelang. Namun untuk lokasi yogyakarta, tim binisukm pernah berkunjung ke area budidaya ikan mas koki punya sunaryadi. ayah berumur 38 th. ini telah 4 th. membudidayakan ikan mas koki di rumahnya. bertempat di gedungkiwo mj 1/1071 rt. 58 rw. 12 mantrijeron yogyakarta, yadi-panggilan akrabnya-memiliki koleksi 5 type ikan mas koki, yaitu type mutiara, ranchu, butterfly, oranda, serta ryukin. 

Sejak th. 1998, yadi memanglah telah menekuni didalam usaha budidaya ikan hias. ia lebih menentukan budidaya ikan hias dikarenakan cost operasionalnya yang lebih mudah daripada budidaya ikan mengonsumsi. pada th. 1998, ia membudidayakan ikan hias type beta atau lebih dikenal dengan ikan cupang. Bersamaan berjalannya waktu, ia lalu mulai menambah koleksi ikan hiasnya memelihara ikan guppy tak hanya ikan beta. pada th. 2006, ia lalu mulai coba membudidayakan ikan mas koki. awalannya ia studi membudidayakan ikan mas koki dari rekan-rekannya yang biasa mengadakan kontes ikan mas koki di lokasi yogyakarta. dari situ, ia memperoleh banyak pengetahuan perihal ikan mas koki, ditambah pengalamannya memperlakukan sebagian type ikan hias, ia lalu berani coba membudidayakan ikan mas koki yang menurut beberapa orang sukar untuk dibudidayakan. 


Berkat ketekunan serta kesabarannya, ia lalu dapat membudidayakan ikan mas koki tersebut, apalagi ikan mas koki yang ia punyai pertama kali tetap hidup sampai saat ini. langkah yang ia kerjakan setelah itu yaitu memasarkan ikan mas koki hasil budidayanya. awalannya ia tawarkan ke pedagang-pedagang ikan hias, serta diakuinya itu sebagai satu perjuangan yang biasa saat mengawali usaha. sampai selanjutnya sekarang ini ia justru kewalahan untuk mencukupi keinginan pasar. tak hanya tempat untuk budidaya yang tetap kurang, pembudidaya ikan mas koki di yogyakarta juga tetap amat jarang, tidak ayal banyak pesanan yang terpaksa dipending, serta sebagian pelanggan setianya umumnya lalu bersabar untuk memperoleh ikan mas koki punya ayah satu putra ini. 

Saat ini, di rumahnya yang simpel, yadi biasa terima orderan ikan mas koki untuk beberapa pedagang ikan dengan kisaran order 500-1. 000 ekor. disamping itu, ia juga mempunyai pelanggan dari kelompok umur pengagum ikan mas koki ini. untuk kelompok umur pengagum, umumnya yadi jual ikan mas koki kepunyaannya yang berkwalitas great a atau mutu paling baik dengan rata-rata harga 100 ribu rupiah per ekor. untuk ikan mas koki dengan kualifikasi great a ini umumnya memanglah dipakai untuk kontes, apalagi ia dulu jual ikan mas kokinya yang menang kontes dengan harga 1 juta rupiah. dikarenakan terkendala modal untuk mengembangkan usahanya, sekarang ini yadi mengaku baru dapat memperoleh omset rata-rata 2 juta rupiah per bln., dengan keuntungan bersih lebih kurang 1, 5 juta rupiah. perawatan yang tidak terlampau rumit, tingkat reproduksi yang tinggi, serta cost operasional yang rendah inilah sebagai alasan utama yadi untuk focus mengembangkan usaha ikan mas koki kepunyaannya, walau ia tetap membudidayakan ikan hias type yang lain, tetapi dianggap bahwa ikan mas koki ini lebih menjanjikan. semoga perihal ini dapat jadi inspirasi untuk anda. salam berhasil.


-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer