Jumat, 11 Januari 2013

Tips Agar Tubuh Lebih Sehat

Tips Agar Tubuh Lebih Sehat: Mempunyai tubuh yang sehat pastinya harapan semua orang, tapi terkadang banyak yang males untuk melakukan pola hidup sehat. Sering begadang, makan makanan cepat saji, dan pastinya males olahraga, itulah yg sering kita lakukan. Tapi ada sedikit tips sehat yg bisa kamu lakukan.

Gak perlu membuat resolusi sehat yang terlalu muluk, karna ada cara sehat yang lebih baik dan lebih mudah yang bisa dilakukan. Berikut beberapa tips agar tubuh tetap sehat yg bisa kamu terapkan:

Tips Agar Tubuh Lebih Sehat

*) Kurangi Stres
Stres kronis bisa menyebabkan hipertensi, melemahkan sistem imun tubuh bahkan mempersingkat harapan hidup. Sebisa mungkin, jauhkan pikiran Kamu dari stres.
Caranya bisa dengan mengikuti kelas meditasi, atau terapi dengan aroma. Meditasi yang intens akan memberi Kamu pasokan energi yang cukup untuk bisa mengatasi tantangan hidup yang berat setiap harinya.

*) Push-up Setiap Hari
Push-up salah satu latihan kekuatan terbaik yang pernah diciptakan dan merupakan olahraga yang mudah, murah dan efektif untuk menyehatkan badan. Dengan satu gerakan berulang, Kamu bisa melatih beberapa otot tubuh sekaligus seperti dada, bahu, lengan, perut dan kaki.
Sebelum push-up, jaga tubuh Kamu tetap lurus seperti papan, lalu lakukan gerakan push-up. Cobalah melakukannya 10 hingga 20 kali setiap hari.
Dengan menjalankan kebiasaan yang simpel ini, kekuatan tubuh dan stamina akan meningkat dalam waktu singkat.

*) Perbanyak Jalan Kaki
Jadikan berjalan kaki sebagai kebiasaan Kamu. Mulailah berjalan kaki dari jarak yang terdekat, seperti keliling komplek rumah, jalan-jalan di taman, dari rumah ke pasar atau parkir mobil/motor di tempat yang jauh sehingga Kamu bisa berjalan sebentar sebelum akhirnya sampai ke tempat tujuan.
Jalan kaki selama 30 menit bisa meningkatkan kesehatan jantung, tulang, menghindarkan Kamu dari stres harian dan tentunya membakar lebih banyak kalori. Jalan kaki juga bisa menurunkan hipertensi dan mengurangi kadar kolesterol jahat.
Perbanyaklah berjalan dalam keseharian Kamu, dan Kamu akan melihat perbedaan yang lebih baik.

*) Makan Kacang
Lupakan keripik kentang, stik keju atau cookie sebagai camilan. Pilihlah yang lebih sehat tapi gak kalah gurih dan enak seperti kacang-kacangan; almond, walnut, kacang tanah, hazelnut atau mede.
Kacang telah terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol. Orang yang makan dua genggam kacang almond per hari, kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah hingga 9,4 persen. Kacang walnut bahkan bisa menurunkannya sekitar 10 persen.
Mungkin Kamu berpikir ngemil kacang lebih mahal daripada keripik kentang atau biskuit, tapi rasakanlah hasilnya untuk kesehatan Kamu. Lebih baik (dan murah) mencegah daripada mengobati bukan?

*) Diet Serat Tinggi
Banyak ahli diet yang menyarankan untuk makan buah-buahan dan sayuran lebih banyak. Makanan ini bisa meningkatkan gerakan usus pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol.
Serat dapat menyerap kolesterol buruk (LDL) yang berlebihan dalam darah dan membuangnya. Kamu bisa juga makan bubur gandum karena memiliki fungsi yang sama.

*) Tidur yang Cukup
Saat Kamu terlelap tidur, tubuh akan memproduksi hormon yang menstimulasi produksi kolagen serta elastin. Membuat kulit tampak muda dan sehat, serta menjaga kesehatan tubuh.
Kekurangan tidur akan menyebabkan timbulnya kantung mata, lingkaran gelap bawah mata, kulit kusam dan tubuh lesu.
Jadi, tidurlah minimal tujuh atau delapan jam sehari.

Terkadang, melakukan hal yg bisa menyehatkan malah males, tapi sebaliknya sering melakukan hal-hal yg bisa membahayakan kesehatan tubuh. Semoga sedikit tips sehat agar tubuh lebih sehat diatas bisa bermanfaat. Disalin Arie Pinoci dari Sumber Wolipop.com dan google.com.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer