Rabu, 09 Januari 2013

Tips Memelihara Sepat Mutiara


Tips Memelihara Sepat Mutiara (akuariumhias) - Searah dengan pergeseran pola mengonsumsi ikan, dari pemenuhan keperluan pangan kearah pemuasan rohani, dunia perdagangan ikan hias lalu mulai memperoleh perhatian yang serius dari penduduk. melewati type, warna, ukuran serta wujud tubuhnya, ikan hias memegang fungsi mutlak untuk menambah kesegaran, keindahan serta kesejukan lingkungan sekalian bisa menyingkirkan rasa jemu serta ketegangan, hingga baik untuk kesehatan. 

Di antara type ikan hias yang mempunyai warna cukup indah yaitu ikan sepat mutiara ( trichogaster leeri ) yang dikenal dengan sebutan ikan sepat. ikan sepat mutiara adalah ikan hias air tawar yang tetap memiliki jalinan keluarga dengan ikan sepat siam yang kerap dikonsumsi oleh penduduk. perbedaannya yakni ikan sepat mutiara mempunyai warna yang lebih indah hingga orang jadi sayang untuk mengkonsumsinya lantas ikan tersebut cuma untuk di nikmati keindahan warna serta geraknya. 

Ciri - ciri ikan sepat mutiara yakni memiliki badan yang memanjang dengan potongan pipih kesamping. mulutnya kecil dengan moncongnya runcing. sirip anal amat panjang layaknya benang, sirip sebelah belakang menonjol keluar. warna dasarnya sawo masak, segi badannya kelabu terkadang - terkadang biru kehijauan menghias tubuhnya. dengan panjang bisa meraih 12 cm. perihal yang sangat khas dari ikan sepat mutiara yaitu keindahannya yang menyerupai manik - manik mutiara yang terpencar dari pola warnanya yang memikat. perihal ini yang mengakibatkan ikan ini dimaksud ikan sepat mutiara. 

Langkah pemeliharaan ikan sepat mutiara tidak terlampau sukar, cukup hanya melindungi air pemeliharaan supaya tidak tercemar serta kelarutan oksigen terus terjamin dan makanan yang terus ada. untuk menanggung kelarutan oksigen di dalam wadah pemeliharaan baiknya menggunakan aerator. kelarutan oksigen yang ideal untuk ikan sepat mutiara tidak kurang dari 2, 6 ppm. suhu air berkisar 24 - 28 derajat celcius serta derajat keasaman ( ph ) 6, 5 - 8. 

Type makanan untuk ikan sepat mutiara bisa berbentuk makanan alami ( makanan yang didapatkan dari hasil penangkapan di alam atau pemeliharaan ) atau makanan buatan. makanan alami bisa berbentuk jentik nyamuk, kutu air atau cacing sutera ( tubifex ), namun makanan buatan bisa didapatkan di toko - toko makanan ikan hias. hasil penelitian di laboratorium tunjukkan bahwa pemberian makanan yang pas, baik jumlah ataupun type punya pengaruh pada perkembangan serta keindahan warna ikan sepat mutiara. sebagai perumpamaan, pemberian jentik nyamuk berikan perkembangan tambah baik pada ikan sepat mutiara di banding pemberian makanan dengan kutu air atau cacing sutera ( tubifex ).Tetapi tidak bermakna bahwa ikan sepat mutiara mesti senantiasa diberi jentik nyamuk. karena pemberian satu type makanan terus - menerus dapat menyebabkan rasa jemu untuk ikan, disamping itu bisa menyebabkan kekurangan zat - zat makanan untuk keperluan ikan, apabila zat - zat makanan tersebut tidak ada didalam jentik nyamuk. setelah itu dari hasil penelitian diketahui juga bahwa pemberian makanan yang beragam, menyebabkan warna ikam dapat jadi lebih indah serta pertumbuhannya tambah baik. perihal ini dikarenakan dikarenakan pemberian makanan yang berbagai - jenis bisa melengkapi keperluan zat - zat makanan yang diperlukan oleh ikan sepat mutiara. 

Keindahan warna ikan sepat mutiara bisa juga ditentukan oleh situasi air pemeliharaan. perubahan air yang teratur dapat beresiko positif pada warna serta kesehatan ikan. untuk pemeliharaan didalam akuarium perubahan air baiknya dikerjakan sekali 1 minggu sejumlah 20% dari volume akuarium, namun untuk pemeliharaan di kolam - kolam ikan, perubahan air dikerjakan sekali didalam dua minggu sejumlah 20% dari volume kolam ikan. 

Warna yang pudar serta gerakan yang lamban adalah ciri - ciri bahwa ikan sepat mutiara terkena penyakit. tindakan awal yang perlu dikerjakan yakni memisahkan ikan yang kurang sehat tersebut dari ikan sepat mutiara yang lain. perihal ini ditujukan untuk hindari berlangsungnya penyebaran penyakit yang bisa berjangkit pada ikan - ikan yang lain. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer