Sabtu, 23 Februari 2013

Filter Undergravel untuk Akuarium Hias


Filter Undergravel untuk Akuarium Hias - Banyak di antara kita hobby aquascape ataupun hardscape ( untuk setelah itu dimaksud saja graveled scape dengan kata lain akuarium yang dasarnya dilapisi oleh pasir, krikil, batu, dan lain-lain ) melupakan sistem penunjang ekosistem alami yang menyebabkan akhir dari kesehatan ikan ataupun tumbuhan peliharaan kita.
Jika dilihat fungsinya sudah sangat jelas yaitu sebagai filter untuk memisahkan antara kotoran yang dihasilkan ikan dan tumbuhan yang pastinya jatuh kebawah, nah di bawah itu ada filter undergravel yang akan perlahan menyedot kotoran ikan tadi.

Manfaat undergravel :
  1. Penjernih air / filter bio-mekanis.
  2. Media pernafasan dari bakteri yang hidup pada graveled scape.
  3. Melindungi sistem sirkulasi alami dari dasar dari  akuarium yang pada alam bebas dibentuk alami oleh pasang dan  surutnya air atau musim yang berlangsung.
Keunggulan sistem undergravel :
Harga amat murah dengan manfaat yang lebih optimal di banding semua type filter external yang lain.
Apakah undergravel ?
Undergravel yaitu papan terbuat dari plastik yang bisa dipasang pas dengan panjang serta lebar akuarium. Undergravel system dapat menggunakan hawa dari pompa aerator ( akuarium di bawah 90 cm ) atau menggunakan powerhead yang besarnya sudah pasti sesuai dengan ukuran akuarium.

Untuk akuarium yang kian lebih 160 cm baiknya undergravel output baiknya di filter lagi menggunakan filter luar ( canister filter ). menurut pengalaman saya isi filter canister gak butuh zeolit ataupun carbon active.

Isi filter saya cuma japan filtermat serta dacron 1 atau 2 lapis sdh cukup.
saya dulu mempunyai aquascape dengan akuarium selama 6 mtr serta menggunakan eheim 2260 sejumlah 6 set sebagai filter luarnya
Di bawah ini yaitu filter canister mat yang disusun dari yang sangat kasar sampai halus.

untuk ikan-ikan yang memerlukan heather, heather bisa dipasang berbarengan dengan undergravel.




sumber : kaskus.co.id



-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer