Selasa, 26 Februari 2013

Ikan Clown Killfish

 
Ikan clown killfish ( pseudepiplatys annulatus ) atau yang biasa dikenal dengan clown panchax atau rocket killifish datang dari Afrika barat terlebih dari liberia serta guinea. Clown killifish memiliki warna yang cerah menarik dengan strip vertikal kuning serta hitam di selama tubuhnya. sirip anal serta punggung berwarna sama juga dengan corak di tubuhnya, yang teristimewa yaitu ekornya yang berwarna biru dengan strip merah ( menyerupai warna api roket ). ikan dari family aplocheilidae ini berukuran kecil yaitu lebih kurang 4 cm ( 1, 5 inci ) serta hidup pada situasi lingkungan bersuhu 23 – 250c serta ph 6 – 7, 2. clown killifish berbentuk omnivora terima beragam makanan yaitu daphnia, bloodworm, makanan pellet serta komersil yang lain.

Di habitat aslinya, clown killifish hidup di sungai serta perairan dangkal. untuk perawatan di aquarium membutuhkan penutup karena ikan dikenal sebagai pelompat yang pandai, karakter ini jarang dimiliki oleh killifish yang lain. ikan ini yaitu perenang lambat hingga penempatan dengan ikan lain yang lebih agresif bisa membuatnya stress. 

Clown killifish tambah baik dipelihara didalam grup. aquarium butuh untuk dipapar dengan cahaya matahari setiap harinya sepanjang sebagian jam untuk melindungi warna ikan supaya terus cantik. ikan jantan berukuran semakin besar serta memiliki warna yang lebih cerah di banding ikan betina. Tehnik breeding bisa dikerjakan dengan mempersiapkan tangki dengan ph 5, 5 serta suhu 79 – 820f dan ada banyak makanan hidup. letakkan 3 ikan dengan komposisi 1 jantan serta 2 betina didalam tangki serta sistem bertelur dapat berlangsung didalam sekian hari. pisahkan telur setiap 24 jam sekali sepanjang 2 minggu sebelum saat induk dikembalikan ke tangki normal ( disarankan untuk sistem bertelur tidak kian lebih 1 minggu ). 

Sistem bertelur adalah aktivitas yang keras terlebih untuk betina hingga bila terlampau lama maka betina dapat kelelahan serta lemah. telur dipisahkan meskipun induk jarang memakannya serta ditaruh ke tangki dengan kedalaman 1 – 2 inci dengan diberi tetesan methylene blue. telur dapat menetas didalam 10 – 14 hari bergantung suhu air. anakan ikan yang baru menetas bisa diberi makanan infusoria serta sesudah sekian hari mereka siap mengonsumsi bloodworm.

sumber : wikipedia

-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer