Rabu, 06 Maret 2013

Ikan Alligator (Gar)

 
Alligator gar (akuariumhias) -Yaitu ikan primitif dari type “gar”, tetapi tidak layaknya gar yang lain, alligator gar memiliki dua barisan gigi yang di rahang atas. nama alligator sendiri didapat dikarenakan ikan ini memiliki jejeran gigi di selama moncongnya. alligator gar ditemukan di selama sungai mississipi, Amerika utara. alligator gar adalah ikan besar dengan rekor yang dulu ditemuin di air tawar amerika utara yaitu panjang 2, 4 - 3 mtr. serta berat 91 kg ( sebagian temuan memiliki berat yang lebih ).

Alligator gar memiliki warna coklat gelap di bagian atas dengan putih kekuningan di bagian bawah serta sebagian bintik – bintik gelap pada bawah garis anterior. seluruh sirip berwarna coklat gelap dengan bintik yang lebih gelap. Ikan muda memiliki punggung terang dengan belang atau pola coklat gelap yang memanjang dari ujung moncong hingga pangkal punggung, namun sirip serta ekor juga memiliki corak yang sama. 

Ikan yang mempunyai tubuh silinder memanjang ini adalah predator dengan mangsa ikan yang lebih kecil, crustacea, kura – kura, burung serta apalagi mammalia kecil. alligator gar condong pasif serta banyak bersembunyi di vegetasi air waktu dapat menangkap mangsa. meskipun ikan air tawar, alligator gar juga bisa hidup di air payau serta air laut. alligator gar dapt hidup di sungai beraliran tenang selama bertahun tahun., 

Tetapi nampaknya ikan ini memerlukan tempat berarus deras serta banyak vegetasi untuk sistem bertelur. telur ditempatkan pada sarang yang terbuat dari tanaman yang berbentuk adesif pada telur ikan. tak hanya di amerika utara, alligator gar juga dulu ditemukan di negara lain layaknya Indonesia, Malaysia, Turkmenistan, Hongkong serta Singapura, Tetapi kemungkinan ikan tersebut yaitu ikan yang telepas dari akuarium.

sumber : za fish

-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer