Jumat, 01 Maret 2013

Ikan Catfish yang berenang terbalik



Ikan Catfish yang berenang terbalik (akuariumhias) -Upside down catfish ( synodontis nigriventris), adalah ikan dari sungai kongo yang memiliki langkah berenang unik yaitu didalam posisi terbalik. s. nigriventris cuma memiliki ukuran optimal 9, 6 cm, mata yang besar, sirip punggung yang lebar serta tiga gunakan barbels ( kumis ). hidup didalam grup serta berbentuk nocturnal hingga banyak menggunakan waktunya untuk bersembunyi di bebatuan selama hari. Synodontis nigriventris biasanya berwarna cokelat muda dengan bintik – bintik cokelat tua didalam berbegai ukuran.

Synodontis nigriventris adalah ikan omnivora memakan larva serangga, crustacea, cacing darah, sebagian tanaman air serta makanan komersial yang lain. ikan muda belum dapat berenang didalam posisi terbalik sebelum saat mereka berumur dua bln.. mereka hidup pada situasi air dengan temperatur 22 – 260c serta ph 6 – 7, 5. Betina memiliki tubuh yang lebih bulat serta warna lebih pudar di banding jantan. sistem breeding amat sukar dikerjakan di akuarium. betina dapat lebih bulat waktu siap bertelur. 

Set air akuarium layaknya air waktu musim hujan ( kesadahan kecil ), sesuatu pot atau pipa yang dijungkirbalikkan barangkali bisa jadikan area ikan bertelur. induk dapat mengerami telur, serta telur dapat menetas sesudah dua hari. anakan ikan yang baru menetas dapat membawa kuning telur mereka sepanjang empat hari, sesudah itu mereka siap mengonsumsi udang kecil. membalikkan tubuh adalah langkah adaptasi untuk hindari pemangsa, perut yang berwarna lebih gelap di banding punggung bikin adaptasi lantas tambah baik.


Tak hanya s. nigriventris, ada juga s. contractus yang dikenal juga dengan upside down catfish yang mana berukuran tubuh semakin besar.

sumber : zafact fish

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer