Rabu, 06 Maret 2013

Ikan forktail rainbow


 

Ikan forktail rainbow (akuariumhias) -Adalah ikan golongan rainbowfish berukuran mungil dengan habitat asli di perairan dataran rendah papua nugini. habitat asli ditemukan pada sungai pada dyke ackland serta collingwood bays terhitung sungai peria yaitu anak sungai kwagira ( papua nugini sebelah timur ) serta sungai lembah musa, safia papua nugini. biasanya, habitatnya berbentuk sungai rimba hujan tropis yang bersih, berarus cukup deras serta mempunyai vegetasi air yang melimpah. situasi air yang dilaporkan di habitat aslinya yaitu mempunyai suhu 24-28, 50c, ph 7-8 serta kesadahan 90-180 ppm. ikan yang juga dikenal dengan yellow froktail ini terdaftar didalam iucn red daftar of threatened species dengan status “resiko rendah : kurang perhatian”.

Ikan froktail ranbow memperoleh namanya dari wujud ekornya yang bercabang menyerupai fork ( garpu /garpu tala ). tubuh ikan dewasa mungil cuma lebih kurang 5-6 cm. ikan memiliki dua sirip dada yang dipisahkan oleh celah kecil. sirip dada yang pertama lebih kecil di banding sirip dada ke-2. warna tubuh ikan berwarna kuning kehijauan baik jantan ataupun betina. pada ikan jantan memiliki sirip punggung serta anal berwarna transparan dengan garis pinggiran tidak tebal berwarna kuning. Ikan mempunyai sisik tubuh berwarna sedikit gelap di bagian pinggir. mata ikan berwarna biru hingga kerap juga dimaksud dengan froktail blue eye. 


Untuk membedakan pada ikan jantan serta betina cukup mudah yaitu ikan jantan dapat memiliki warna yang lebih mencolok serta sirip punggung yang lebih panjang. dengan fisik, ikan ini serupa dengan spesies popondentta rainbowfish ( pseudomugil conniea ), yang membedakan yaitu tak adanya garis hitam pada sirip punggung serta anal dan pinggiran sirip yang berwarna kuning apalagi putih. Ikan ini dulu dikenal dengan popondentta furcatus, di mana nama didapatkan dari nama tempat area ikan ditemukan di papua nugini, tetapi nama tersebut ditinggalkan dikarenakan ikan kembali dimasukkan ke didalam genus pseudomugil yang bermakna mata biru pada th. 1989. ikan mungil ini dapat bertahan hidup hingga umur tiga thn..

Ikan froktail rainbow amat pas apabila diletakkan didalam aquascape dikarenakan wujud serta warna ikan yang eksotik. ukuran tangki minimal yang dipakai untuk pemeliharaan yaitu 45cm kali 30cm kali 30 cm atau lebih kurang 40 liter air. Ikan ini yaitu type pendamai serta mudah dipelihara. ukurannya yang kecil bikin dia pas digabungkan dengan ikan pendamai lain yang berukuran sama, layaknya danio, live barrier serta grup tetra.

Ikan froktail rainbow tambah baik bila dipelihara didalam grup biasanya ikan kecil yang lain dengan jumlah minimal enam ekor. set up tangki dengan design yang menyerupai habitat asli yaitu berarus cukup deras serta banyak tanaman untuk bersembunyi dapat bikin ikan lebih nyaman. tangki mesti dijaga terus kebersihannya ganti air tiap-tiap minggu serta sistem filtrasi yang terus dikontrol. type rainbowfish ini terhitung spesies yang mudah terkena penyakit “oodinium”, karantina segera bila ikan tunjukkan gejalan atau telah terinfeksi penyakit ini.

Ikan froktail rainbowfish berbentuk omnivora. type makanan yang cocok layaknya pakan pellet atau granul kecil. untuk menambah mutu ikan, maka butuh diberi makanan layaknya brine shrimpe, daphnia serta larva serangga baik hidup, beku ataupun kering. variasi type makanan amat dibutuhkan ikan untuk melindungi kesehatan ikan.

sumber : za fish
-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer