Senin, 04 Maret 2013

Ikan jordanella floridae (American flagfish)



Ikan jordanella floridae (akuariumhias) Adalah ikan grup killifish yang datang dari daratan USA. ikan ini tersebar dimulai dari yucatan peninsula hingga florida. di florida sendiri ikan ini banyak ditemukan di sungai, rawa, danau apalagi parit atau selokan yang berarus pelan. karakternya yang mudah beradaptasi membuatnya banyak ditemukan di beragam habitat di florida. ikan ini juga dilaporkan menempati habitat air payau. 

American flagfish berukuran mungil dengan panjang tubuh optimal 6 cm. ikan ini memperoleh namanya dari corak tubuh ikan jantan yang menyerupai warna bendera amerika. pada ke-2 segi tubuh ada titik-titik biru/hitam serta garis yang berwarna merah serta biru. pada sirip punggung serta anal berwarna kekuningan dengan tambahan jejeran titik berwarna merah. di bagian sedang ke-2 segi tubuhnya ada bintik hitam yang cukup besar. di bawah pengaruh lampu atau cahaya, gabungan warna tubuh ikan dapat terlihat bercahaya serta menyebabkan dampak gabungan warna yang indah. layaknya halnya killifish yang lain, ikan betina tidak memiliki warna seindah ikan jantan. ikan betina berwarna kuning suram pada ke-2 segi tubuhnya dengan dipenuhi bintik-bintik. satu lagi ciri khas ikan betina yaitu ada pola besar yang terdapat pada sirip punggungnya. 


American flagfish berbentuk omnivora serta tidak sulit didalam penentuan makanan. meskipun omnivora, ikan ini condong suka alga apalagi reputasinya mengonsumsi alga menyamai algae eater. spirulina, ganggang hijau kebiruan bisa jadikan makanan ikan ini. intinya mereka dapat mengonsumsi alga type apa pun yang ada didalam aquarium. kemungkinan ikan ini akan mengonsumsi tanaman waktu dipelihara didalam aquarium yang berdaun lunak. Memakan tanaman atau material tanaman dapat bikin kesehatan ikan senantiasa terjaga. tak hanya mengonsumsi material tanaman, ikan ini juga mengonsumsi makanan hidup layaknya cacing, crustacea serta material makanan yang lain. pakan kering atau beku juga bisa dipakai sebagai variasi makanan layaknya pellet, bloodworm beku serta yang lain. 

Desain tangki yang pas untuk american flagfish yaitu menyerupai habitat aslinya dengan banyak tanaman serta sedikit arus. ukuran tangki untuk sepasang ikan yaitu 40 liter dengan dimensi 45 x 30 x 30 cm. sistem pencahayaan diatur condong suram dengan menyimpan tanaman mengapung untuk kurangi sinar masuk ke tangki. air tambah baik bersuhu rendah yaitu lebih kurang 19-25 celcius, ikan dapat tidak bertahan lama bila suhu di atas itu. ph sedikit basa yaitu 6-8 dengan kesadahan 5-20 oh. 

Periode hidup american flagfish bisa meraih 8 th.. ikan ini berkarakter cukup pendamai waktu tidak bertelur tetapi dapat jadi bertemperamen agresif waktu bikin sarang untuk bertelur. disamping itu, ikan ini berbentuk pemalu serta dapat bersembunyi waktu dikumpulkan dengan ikan yang semakin besar serta waktu ada gerombolan ikan. Penentuan tankmate amatlah terbatas, tankmate yang cocok yaitu ikan-ikan kecil yang biasa didalam grup serta berbentuk pendamai layaknya cardinal tetra, minnow, small danio, live barrier serta yang lain. tankmate yang berbentuk pendamai dapat bikin ikan ini jadi lebih yakin diri. american flagfish bisa dipelihara sendiri ataupun berkelompok. 

Ikan yang tidak terevaluasi didalam IUCN red status ini, adalah ikan killifish yang agak sulit dipelihara di banding killifish yang lain. Menurut cara mereka bertelur, ikan ini lebih serupa sebagai cichlid serta sunfish. namun menurut ciri fisik yakni sirip punggung yang berduri maka ikan ini terhitung didalam cyprinodontie. american flagfish terdaftar didalam guiness book of record sebagai ikan dengan jumlah telur terkecil yaitu lebih kurang dua puluh butir telur didalam sekian hari. ikan ini dapat jadi spesies yang menarik waktu ada di air berkondisi condong basa. 

Tehnik breeding american flagfish tergolong cukup mudah. pasangan ikan dipisahkan pada tangki yang berukuran lebih kecil lebih kurang 18”x10”x10”. situasi tangki sebaiknya berarus pelan, bersuhu 77-79 fahrenheit serta ada rerumpunan layaknya javamoss. tangki jangan sampai terlampau didalam yakni optimal 8”. 

Pasokan makanan layaknya pakan hidup serta material tanaman mesti senantiasa ada. upayakan cuma sepasang ikan didalam satu tangki serta pastikan ikan jantan dengan mutu warna yang baik serta ikan betina yang berbadan bulat. sistem pemijahan dapat dimulai dengan ikan jantan dapat memburu ikan betina, bila ikan betina belum siap maka dapat menyebabkan luka. induk betina bukannlah jenis penjaga lantas segera pindahkan induk betina waktu sistem bertelur selesai. Induk jantan dapat melindungi telur-telurnya dari apa pun terhitung induk betina hingga telur menetas. telur ikan dapat menetas 6-10 hari, serta induk jantan bisa dipindahkan sesudah telur menetas. 

Anakan ikan amat kecil serta memerlukan meterial makanan layaknya infusoria untuk sekian hari pertama hingga mereka sanggup terima microworm, artemia naupli, grindal worm dan sebagainya. anakan ikan umumnya dapat mati bila tidak segera meraih permukaan sesudah menetas. sesudah dua minggu, anakan ikan bisa dipindahkan ke tangki pembesaran dengan bahan makanan alga. 

sumber : za fish


-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer