Minggu, 24 Maret 2013

Ikan mas koki Lionhead



Ikan mas koki Lionhead (akuariumhias)  -Di jepang, mas koki lionhead adalah di antara strain dari ranchu. strain mas koki inilah yang dikira rajanya maskoki, apalagi dijuluki mas koki sangat ganteng. Mas koki ranchu sendiri tercatat telah ada di jepang sejak th. 1704. Di indonesia lionhead ini dimaksud kepala singa (dikarenakan bentuk kepalanya yang menyerupai singa), atau ranchu. 

Lionhead ciri khas mas koki lionhead, pada punggungnya tidak ada sirip. karena cuma ada 5 sirip saja di tubuhnya, namun maskoki normal mempunyai 6 sirip. Sepasang sirip dada serta sepasang sirip perut pendek serta kecil. sirip ekor pendek serta rapi mekar. Mekarnya sirip ekor berupa layaknya telapak tangan yang dibalikkan. sosok tubuh lionhead pendek, berupa bulat lonjong serupa telur dengan warna emas metalik. punggung terlihat sedikit cembung, Serta melengkung pada ekor. tubuh lionhead berwarna emas metalik. tetapi saat ini banyak ditemukan di pasaran, mas koki lionhead berwarna hitam, putih, serta gabungan merah putih. 

Lionhead kepala lionhead berjambul lembut yang lazim dimaksud rudung. warna rudung merah atau oranye. bentuk serta keutuhan rudung merubah keindahan ikan koki lionhead dengan keseluruhan. Ranchu strain lionhead yang bagus mempunyai rudung yang menutup sekujur kepala, pipi, tutup insang hingga batas leher. demikian lebatnya rudung bikin muka lionhead seakan-akan bengkak. mata tampak cekung, mulut menciut ke didalam. tampilannya dengan total terlihat menggemaskan. lionheadranchu strain lionhead diperkirakan lahir dari hasil mutasi mas koki ranchu strain maruko, yaitu di antara dari mutasi mas koki wakin (common goldfish). 

Dengan demikan lionhead adalah turunan ke-2 dari mutasi wakin. menurut naskah kuno yang ditemukan, diketahui bahwa lionhead yang masuk ke jepang datang dari china. dikenal empat type mas koki ranchu. tak hanya ranchu lionhead ( kepala singa ), ada juga maruko ranchu, osaka ranchu, serta nankin ranchu. lionheadberdasarkan “silsilah mas koki”, ranchu osaka, ranchu nankin, serta ranchu kepala singa lahir dari mutasi ranchu maruko. Karena ranchu maruko adalah cikal-bakal kehadiran macam-macam ranchu lain. ranchu maruko adalah mutasi dari wakin. ranchu maruko tidak sama dengan ranchu lionhead dengan kata lain kepala singa. bentuk tubuh ranchu maruko memanglah seperti ranchu kepala singa, namun bentuk kepalanya sekalipun tidak sama. bila kepala singa berjambul menyerupai sisi empat, maka bentuk kepala maruko lancip serta tidak berjambul. 


Dengan total tampilan ranchu maruko bukan hanya tandingan lionhead. tersebut penyebab maruko kalah pamor dari lionhead. saat ini maruko telah jarang dipelihara orang. lionheadseperti halnya lionhead, ranchu osaka juga adalah mutasi dari mas koki ranchu maruko. bentuk tubuh ranchu osaka bulat gemuk serta lebih pendek dari lionhead. kepala berupa lancip serta tidak berjambul. warna tubuh mas koki terdiri dari gabungan pada merah serta putih. ekor pendek bersirip sepasang, membentuk ekor pesawat. saat berenang, ranchu osaka bergerak khas ke kanan serta ke kiri. sekarang ini ranchu osaka telah tidak dikenal orang. dulu sebelum saat lionhead ada, mas koki type osaka dulu merebut hati pengagum mas koki.
Ranchu nankin juga lahir dari mutasi ranchu maruko. bentuk basic tubuhnya normal memanjang layaknya wakin. kepala kecil serta lancip tanpa jambul. warna tubuh putih dengan gabungan merah pada ujung mulut, tutup insang, serta sirip-sirpnya. dikarenakan warnanya yang khas itu, mas koki ranchu ini oleh pengagum ikan hias di jepang dimaksud rokurin. ranchu ini cuma diternak masyarakat di lokasi shimane, jepang.

-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer