Selasa, 26 Maret 2013

Ikan rainbow dari papua



Ikan rainbow dari papua (akuariumhias) -Ikan rainbow adalah ikan dari grup rainbowfish yang datang dari Papua ( Indonesia serta Papua nugini ) serta sisi utara Australia yang memiliki ciri khas sirip yang panjang. Di alam aslinya, ikan ini banyak didapati di rawa – rawa. 

Ikan rainbow mempunyai panjang tubuh 4 – 5 cm, namun belum terhitung ekornya yang panjang. ikan ini berwarna abu-abu keperakan, biasanya jantan dapat lebih berwarna menarik di banding betina, disamping itu, jantan juga memiliki sirip yang semakin besar, panjang serta menyolok di banding betina.

Ikan rainbow jantan kadang-kadang memiliki sirip punggung kemerahan atau kekuningan, begitupun pada pangkal ekornya. threadfin rainbowfish yaitu ikan tropis yang hidup pada situasi air dengan ph 6 – 7 serta suhu 23 – 290c. ikan ini berbentuk omnivora dengan mulut yang amat kecil, biasanya mengonsumsi mikro larva, anakan udang, microworms, crustaceae kecil serta makanan hidup kecil yang lain. threadfin rainbowfish hidup dengan berkelompok dengan jumlah bagian 6 ekor atau lebih. 


Tehnik breeding bisa dikerjakan cukup mudah di akuarium dengan tangki breeding yang dirancang dengan banyak tanaman ( layaknya java moss ) serta pangan hidup. ikan jantan dapat melingkari betina serta dapat menarik perhatian betina dengan langkah melebarkan sirip punggungnya hingga tampak amat menarik. sepanjang sistem bertelur, betina dapat mengeluarkan mini telur serta meletakkannya di tanaman. 

Sesudah sistem bertelur selesai, pisahkan tanaman tersebut ke tangki lain membuat perlindungannya dari predator. telur dapat menetas sesudah 8 – 12 hari. anak ikan yang baru menetas amat peka pada mutu air, serta mereka dapat mengonsumsi kuning telur mereka hingga mereka cukup dapat mengonsumsi mangsa yang semakin besar.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer