Minggu, 31 Maret 2013

Mas koki oranda


Mas koki oranda (akuariumhias) -Mas koki oranda yaitu type mas koki yang amat populer di seluruh dunia dikarenakan kecantikannya. di Jepang oranda dikenal sebagi shishigashira, di China disebut dengan hon mao tze.

Di Indonesia,oranda lebih dikenal dengan nama mas koki penser. oranda yaitu type ikan mas koki yang mempunyai ciri ada tonjolan-tonjolan menyerupai buah berry ( raspberry ) yang membungkus kepalanya. tonjolan-tonjolan kepala ( dikenal juga dengan sebutan wen ) ini membungkus nyaris seluruh sisi kepala, jika mata serta mulut. dikarenakan ada tonjolan-tonjolan daging di bagian atas kepala serta segi berwajah inilah yang mengakibatkan oranda jadi di antara ikan mas kaki sangat popular. 


Ciri ini oleh beberapa pencinta mas koki dikatakan sebagai wen. Oranda yaitu ikan koki yang mempunyai sisik berwarna metalik atau matte yang serupa tampilan mas koki veiltail. oranda mempunyai tubuh besar serta panjang, dan ekor yang dapat meraih empat kali lipat panjang tubuh. Ekor berubentuk empat rumbai serta dapat berkontraksi ini umumnya dapat melebar saat oranda berhenti berenang. sisi punggungnya tidak menonjol membentuk punuk layaknya halnya ryukin. 

Pembentukan tonjolan kepala pada benih muda oranda dapat membutuhkan waktu satu hingga dua th. untuk berkembang. oranda dapat meraih ukuran panjang 20-31 cm. satu species oranda dari cina, bernama bruce ( ikuti nama aktor bela diri bruce lee ), bisa meraih panjang 15 inci. Terkadang tonojolan kepala ( wen ) bisa tumbuh menutupi sisi mata, hingga membatasi penglihatan oranda atau apalagi tidak dapat lihat sekalipun. perhatian spesial mesti diberikan pada sisi wen ini, dikarenakan tonjolan kepala ini rawan pada infeksi bakteri. oranda mempunyai toleransi pada suhu berkisar 17-28 ° c. 

Baru-baru ini type oranda bersisik biru sudah dikembangbiakan, namun ikan ini tetap amat jarang. mas koki oranda amat peka pada suhu dingin, melebihi type ikan mas koki yang lain. Bentuk tubuh serta kepala oranda serupa lionhead, namun tubuh oranda sedikit lebih panjang. sirip punggung oranda panjang, namun lionhead tidak mempunyai sirip punggung. dikarenakan nyaris serupa, ada teori menyebutkan bahwa oranda lahir dari kawin silang ( crossbreeding ) pada lionhead dengan fantail. 

Teori itu dibantah matsui, ahli mas koki yang menulis buku goldfish guide. menurut pengalamannya, oranda lahir tidak dari hasil kawin-silang lionhead dengan fantail, namun hasil mutasi dari fantail. tersebut penyebab seluruh oranda mempunyai sirip punggung. bila oranda adalah hasil kawin silang, tentu beberapa dari turunannya ada yang lahir tanpa sirip punggung. 


Oranda mempunyai warna standar oranye cemerlang serta merah. dikarenakan ikan banyak dikawinkan dengan maskoki type lain, saat ini banyak ditemukan oranda yang berwarna di luar merah serta oranye. contohnya, ada oranda berwarna putih, kemerahan, serta hitam. apalagi di china ada oranda biru, coklat, serta biru cokelat. disamping itu juga ada mas koki oranda yang dimaksud veiltail oranda, comet-tail oranda, calico oranda. oranda ada didalam beragam warna tubuh, sangat banyak berwarnna oranye, merah, merah-putih, merah-hitam, hitam, biru, coklat, perunggu, putih atau perak, hitam-putih ( warna panda ), merah-hitam-putih (triwarna), serta warna kaliko.

-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer