Kamis, 21 Maret 2013

Pemijahan ikan guppy



Pemijahan ikan guppy (akuariumhias) -Pemeliharaan guppy didalam aquarium bisa dikombinasi dengan guppy atau ikan hias type lain. ukuran aquarium yang dipakai sesuai dengan tiap-tiap. yang mutlak ukurannya sesuai dengan jumlah ikan yang ada didalamnya. sebagai patokan guppy yang dipelihara tanpa campuran ikan lain bisa dipakai aquarium berukuran 40 kali 40 kali 60 cm untuk lebih kurang 50 ekor. bila dipelihara dengan ikan yang lain mesti semakin besar contohnya 100 kali 40 kali 60 cm.

Fasilitas penunjang aquarium layaknya filter serta lampu flourescence mesti ada. aquarium juga diberi dekorasi berbentuk dekorasi biotik (menggunakan tanaman hidup layaknya tanaman air) atau dekorasi abiotik (benda-benda mati layaknya pasir, batu kerikil kecil, karang, patung, kincir air serta tanaman imitasi).
 
Mutu air
Air yang dapat dipakai baiknya diendapkan serta diaerasi terlebih dulu sepanjang 2 hari supaya terbebas dari zat-zat beresiko. guppy dapat hidup dengan baik pada air bersuhu 25-28 derajat celcius dengan ph 7, 5-8. pada kisaran angka tersebut guppy amat bernafsu makan serta perkembangan ekornya dapat optimal. disamping itu guppy dapat mati bila ph air aquarium amat asam ( 5 ) atau amat basa ( 9 ).

Supaya kebersihan terus terjaga, sistem penyaringan didalam aquarium guppy mesti betul-betul dirancang dengan baik. media penyaringan bisa berbentuk under gravel atau sistem penyaringan di luar aquarium gunakan pompa. pompa yang dipakai untuk mendistribusikan air ke saat media penyaringan baiknya tidak terlampau besar, untuk menghindar guppy tidak tersedot. sesaat itu, untuk melindungi kualitasnya, air aquarium guppy mesti diganti tiap-tiap 1 minggu sekali.

Pemberian pakan
Pakan alami yang didapatkan untuk guppy yakni cuk ( jentik nyamuk ), kutu air, cacing sutra, serta cacing darah. uuntuk pakan buatan yakni pelet halus spesial guppy yang dapat didapatkan di toko ikan hias.

Pengendalian penyakit
Jamur mulut
Gejalanya yaitu nampak area berwarna putih di lebih kurang mulut guppy, lama kelamaan mulut guppy dapat memutih layaknya spon. bila dilewatkan guppy dapat mati. penyembuhan memberikan aeronomicnya sejumlah 250 gram per 20 liter air aquarium.

Jamur mahkota

Gejalanya yaitu timbulnya spons berwarna putih pada kepala guppy. serangan penyakit ini bisa membunuh guppy kurun waktu 3 hari. penyembuhan dikerjakan memberikan aeronomicnya sejumlah 100 gram per 10 liter air aquarium.


Jamur pada sirip serta ekor
Tanda-tanda ditandai dengan timbulnya warna abu-abu serta luka gores pada ekor serta sirip. supaya penyakit ini tidak berkembang suhu air mesti dinaikkan gunakan heater sampai meraih 23 derajat celcius. penyembuhan memberikan 2 cc methylene blue ke didalam aquarioum berukuran 40 kali 40 kali 60 cm.

Jamur pada insang
Serangan jamur ini mengakibatkan warna insang guppy jadi lebih merah dari umumnya serta tutup insang terangkat hingga insang tampak dengan jelas, tubuh guppy jadi kurus. penyembuhan dikerjakan memberikan larutan gabungan aeromicyn sejumlah 100 gram serta terramicyn sejumlah 100 gram ke didalam 20 liter air aquarium.

Penyakit tubercolusis

Penyakit ini dikarenakan oleh bakteri mycobacterium piscium. penyakit ini menyerang waktu guppy didalam situasi lemah akibat mutu serta pakan jelek. gejalanya yakni tubuh guppy tampak kurus. penyembuhan memberikan terramicyn dengan dosis sesuai panduan pada kemasan.

Kutu ikan
Penyakit ini dikarenakan oleh parasit copepoda. guppy yang diserang dapat jadi lemah serta tidak mempunyai nafsu makan. penyembuhan dikerjakan memberikan 4 tetes kalium permanganate ( pk ) ke didalam 20 liter air aquarium per minggu. kurun waktu 3-4 minggu umumnya penyakit kutu ikan ini telah dapat sembuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer