Senin, 01 April 2013

Ikan flagtail characin




Ikan flagtail characin (akuariumhias) -Dikenal juga dengan silver prochilodus banyak ditemukan dibagian sedang sungai amazon, Brazil, tepatnya di danau, sungai rimba hujan serta anak sungai. tubuh ikan ini berwarna perak dengan sisik tubuh yang besar. Seluruh sirip serta ekor berwarna orange kemerahan, tetapi pada ekor, sirip punggung serta sirip anal memiliki garis-garis horizontal besar berwarna hitam. pada kepala serta insang mempunyai warna merah yang tersamar. 


Pada ikan muda warna orange belum nampak serta tetap dominan keperakan, warna orange nampak bersamaan pertambahan umur. makan flagtail characin yang utama yaitu sayuran. ikan ini lebih bertipe vegetarian di banding mesti mengonsumsi makanan hidup. type sayuran yang disukai diantaranya alga, bayam, selada, mentimun serta sebagian pakan beku. 

Flagtail characin bisa tumbuh dengan panjang maksimum 30 cm, oleh dikarenakan itu perawatan di aquarium memerlukan space yang luas. ukuran tangki yang pas adalah 150 cm kali 60 cm kali 60 cm. didalam perihal dekorasi tangki, ikan ini tidak terlampau rewel, tetapi agar lebih nyaman tangki dapat di set dengan setting alami sesuai lingkungannya. substrat tangki menggunakan pasir sungai dengan sebagian cabang atau akar. 


Suhu air dijaga pada level suhu 23 – 29 0c serta ph 5, 5 – 7, 5. perkembangan alga pada tangki tak perlu di kuatirkan dikarenakan ikan ini dapat memakannya. menyimpan tanaman pada tangki juga bukan hanya adalah pilihan yang baik mengingat ikan ini dapat mengonsumsi tanaman berdaun lunak. flagtail characin bisa berbentuk territorial waktu dia jadi tidak memiliki space yang cukup untuk berenang. 

Meskipun condong herbivora, diet ikan ini sesungguhnya omnivora. tak hanya sayuran, mereka juga mengonsumsi pakan kering serta beku layaknya cacing darah meskipun itu jarang. flagtail characin dapat berbentuk lebih agresif waktu dipelihara didalam jumlah kecil, tetapi dapat jadi tidak agresif saat dipelihara didalam grup 6 ekor atau lebih. tambah baik bila dijaga didalam satu spesies dari berukuran medium hingga besar pada satu tangki. tetapi tidak menutup kemungkinan apabila digabung dengan ikan lain sebagai tankmate layaknya characin besar yang lain, loricaridae, doradidae, sebagian cichlid, arowana, knifefish serta pari air tawar. 

Flagtail characin sulit dibedakan type kelaminnya meskipun dikatakan bahwa betina dewasa biasanya mempunyai perut yang lebih bulat di banding jantan. info breeding belum dulu diperoleh dari beberapa hobbies. ikan ini juga tidak dulu dijumpai bertelur didalam tangki perihal ini dikarenakan bahwa ikan ini sesungguhnya jenis bermigrasi sebelum saat bertelur. flagtail characin bermigrasi 2 x didalam 1 tahun serta meniti jarak ratusan km.. 


Sistem migrasi untuk bertelur ini diawali waktu musim hujan, saat itu ikan beralih dari perairan sungai serta anak sungai bersih yang telah memiliki nutris sedikit menuju sungai berarus deras mendekati hilir untuk bertelur. hilir sebagai area bertelur serta pembuahan telur adalah area yang kaya nutrisi hingga amat sesuai untuk makanan anakan ikan serta pertumbuhannya. sesudah sistem bertelur selesai, ikan dewasa dapat bermigrasi kembali menuju area asalnya yakni sungai rimba hujan untuk makan sepanjang 3-4 bln. kedepan. migrasi ini berlangsung dipertengahan musim hujan di mana ikan yang sudah meraih sungai rimba hujan dapat bermigrasi sekali lagi menuju anak sungai yang lebih kaya makanan. kegiatan ini terus berlanjut hingga level air alami penurunan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer