Senin, 08 April 2013

Ikan mata empat


Ikan mata empat (akuariumhias) -Adalah ikan dari keluarga anableps yang memiliki mata unik. mereka tersebar di bumi Amerika sedang serta selatan dari Venezuela melalui Guyana, Suriname, French guiana serta berakhir di delta amazon brazil. ikan golongan livebarrier ini memiliki tampilan mata yang tidak biasa.

Meskipun dijuluki bermata empat tetapi sesungguhnya mereka cuma mempunyai dua mata. dua mata tersebut beradaptasi luar biasa untuk mendukung keberlangsungan hidupnya. mata ikan dilengkapi dengan jaringan pigmen pita yang membagi mata dengan horisontal jadi dua sisi. Perihal ini bikin ikan waktu mengapung di permukaan air bisa lihat dua arah sekalian yaitu sisi bawah mata bisa lihat didalam air serta sisi atas mata bisa lihat diatas permukaan air. Jaringan pita ini juga membagi pupil mata jadi dua yakni pupil didalam air serta pupil atas air, perihal inilah yang bikin ikan ini dujuluki bermata empat. ke-2 pupil dikaitkan dengan sisi yang bernama iris. dengan kekuatan ini ikan beradaptasi untuk lihat di hawa serta didalam air dengan berbarengan. lensa mata dapat merubah ketebalannya dari atas ke bawah waktu lihat objek di hawa serta air.

Sebagai penghuni permukaan air, ikan mata empat adalah ikan yang amat lincah. ikan ini juga kerap ditemukan di perairan payau dengan banyak tetumbuhan bakau. tubuh ikan berwarna emas keperakan dengan garis putih di dalam tubuhnya, namun sisi perut berwarna putih polos. tubuh ikan dewasa bisa meraih kian lebih 20 cm di mana ukuran tubuh betina umumnya semakin besar rata-rata lebih kurang 26 cm namun jantan lebih kurang 20 cm. Ikan mata empat berbentuk karnivora dengan makanan utama yaitu serangga yang ada di permukaan air serta kepiting kecil. tak hanya serangga, mereka juga mengonsumsi invertebrata serta ikan-ikan kecil. untuk makanan komersil, ikan ini bisa diberi makanan kering atau beku layaknya brineshrimpe, artemia, cacing tanah serta bloodworm. perihal yang butuh diingat yaitu jangan sempat makanan ikan tenggelam ke didalam air dikarenakan ikan ini tak lagi memburunya.


Ikan mata empat punya kebiasaan hidup berkelompok di alam bebas dengan bagian di atas enam ekor. pemeliharaan dibawah enam ekor bikin ikan mudah stress serta gugup. Didalam grup, ikan jantan serta betina sulit dibedakan waktu tetap muda tetapi sesudah dewasa umumnya ikan betina berukuran jauh semakin besar di banding jantan. Ikan ini bereproduksi dengan vivipar serta umumnya sedikit problem nampak apabila banyak grup dikumpulkan waktu breeding. ikan jantan memiliki alat kelamin gonopodium yang menonjol serta ini tidak sama dengan yang ada pada keluarga livebarrier yang lain. 

Namun alat genital betina ditutupi dengan sisi kulit yang dimaksud foricula. gonopodium ikan jantan memiliki tujuan yang tidak sama untuk setiap individu demikian juga foricula betina. perihal ini bermakna, jantan yang memiliki tujuan ke kanan pas untuk berkompulasi dengan betina yang bertujuan ke kiri serta sebaliknya. tetapi sebagian sumber mengatakan bahwa gonopodium jantan cukup fleksibel sebagian derajat hingga kemungkinan jantan bisa berkompulasi dengan tiap-tiap betina. sistem pembuahan berlangsung dengan internal dengan gonopodium sebagai alat penetrasi untuk betina. betina dapat hamil sepanjang lebih kurang 12 minggu diiringi dengan nafsu makan yang meningkat mencolok. 

Pada waktu dapat melahirkan betina dapat jadi lebih agresif serta menyerang tankmate yang lain. ikan betina lantas dapat berupaya melacak area yang pas untuk melahirkan bayi-bayinya. jumlah janin bayi yang dilahirkan berkisar 13 sampai 20 ekor tidak sejumlah keluarga livebarrier yang lain. bayi ikan umumnya berukuran lebih kurang 4-5cm panjangnya serta segera dapat mengonsumsi pellet atau butiran. untuk masalah kelahiran prematur umumnya bayi ikan dapat alami infeksi serta untuk mencegahnya bisa dikerjakan memindahkan mereka ke tangki terpisah yang diisi air steril.

Untuk pemeliharaan di aquarium tidaklah terlampau sulit. satu perihal yang mutlak yaitu kebersihan air mesti terjaga, sistem filtrasi mesti cukup kuat untuk mengeluarkan amonia hasil sisa makanan yang tidak termakan. ukuran tangki 120cm x 45cm x 30cm yaitu cukup ideal dikarenakan ikan tidak demikian nyaman dengan tangki yang berukuran besar. sebagai ikan yang menempati permukaan air, tinggi air cukup 80% tinggi tangki dikarenakan di kuatirkan ikan dapat melompat bila tangki terisi penuh. dekorasi tangki dengan substrat pasir yang cukup tidak tipis dengan cabang kayu atau akar bakau. 

Substrat dangkal atau bebatuan dapat disiapkan untuk area tinggal ikan muda atau untuk ikan dewasa yang pingin istirahat serta makan. tanaman air tidak demikian dibutuhkan tetapi bila pingin coba bisa dipakai tanaman berdaun keras layaknya anubias. Ikan tropis ini butuh temperatur air pada level 25-31 Celcius dengan ph 7, 5-9 serta kesadahan 15-35 dh. Ikan mata empat berbentuk pendamai tetapi tidak pas apabila digabung dengan ikan yang berukuran kecil dikarenakan dapat dikira sebagai makanan. tankmate yang pas layaknya sebagian type livebarrier serta type ikan basic layaknya spesies gobi stigmatogobius sadanundio. sebagian ikan permukaan yang lain layaknya toxotes spp serta scatophagus bukannlah pesaing alami di habitat aslinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer