Rabu, 10 April 2013

Ikan pisau





Ikan pisau (akuariumhias) -Mempunyai nama lain knifefish. Knifefish ini adalah type knifefish yang amat unik. Tubuhnya transparan layaknya kaca hingga organ-organ didalam tubuhnya tampak dengan jelas. datang dari sungai amazon di amerika selatan.

Menempati habitat yang berbentuk perairan tawar dataran rendah, kolam, serta sungai yang pada substratnya mempunyai banyak detritus tanaman. umumnya glass knifefish yang dijual di perdagangan ikan hias dunia datang dari kolombia. ukuran knifefish ini cukup besar, ikan jantan bisa meraih ukuran 45 cm namun ikan betina berukuran lebih kecil, ukuran maksimalnya cuma bisa meraih 20 cm. glass knifefish mempunyai tubuh yang semi-transparan atau kadang-kadang berwarna agak kehijauan dan mempunyai bentuk tubuh yang memanjang. mereka tidak mempunyai sirip punggung atau sirip ekor, tetapi mempunyai sirip yang memanjang di bagian bawah tubuhnya yang bergerak dengan langkah gerakan bergelombang. tidak layaknya knifefish yang lain, tubuh knifefish ini relatif lebih kaku.

Knifefish yaitu ikan yang non agresif dan pemalu. knifefish ini bisa dipelihara didalam akuarium yang lumayan besar berbarengan spesiesnya sendiri. walau ikan ini umumnya dapat membentuk hirarki ikan yang dominan didalam akuarium, knifefish ini tak lagi melukai ikan yang lain. Knifefish yaitu ikan yang kernivora. pakan yang didapatkan mesti terdiri dari pakan hidup atau beku yang kecil layaknya bloodworm, brine shrimp, atau black worm. di alam liar, ikan ini berburu saat malam hari untuk memangsa cacing, krustasea, serangga, serta siput. tambah baik dipelihara dengan berkelompok dengan jumlah ikan sekurang-kurangnya lima ekor. apalagi ikan ini terus terlihat pemalu meskipun dipelihara dengan berkelompok. perihal ini karena mereka dengan alami aktif saat malam hari hingga mereka umumnya terlihat tidak aktif atau pemalu pada siang hari. situasi air yang diperlukan ; ph 6-7 temperatur air 23-28° celcius.


Supaya ikan ini jadi aman serta nyaman ada didalam akuarium siapkan banyak area persembunyian buat mereka. area persembunyian itu bisa berbentuk tanaman air, kayu bogwood, atau batu halus. sesudah mereka beradaptasi hidup didalam akuarium ikan ini dapat jadi lebih terbuka ciri-cirinya terlebih pada saat makan. 

Knifefish umumnya tinggal dibagian bawah akuarium yang ada naungan untuk mereka untuk berlindung. dikarenakan ikan ini yaitu ikan yang pemalu, pencahayaan yang dipakai yaitu pencahayaan yang redup atau temaram. sepanjang ini, ikan type knifefish dikenal sebagai predator yang memangsa dengan diam-diam dengan mulut mereka yang berukuran cukup lebar. tidak sama halnya dengan knifefish ini, walau ikan ini yaitu predator, tetapi mulut mereka berukuran kecil hingga knifefish ini tak lagi memangsa ikan lain yang berukuran lebih kecil jika ikan tersebut berukuran amat benar-benar kecil. ubah air pada akuarium dikerjakan dengan berkala, minimal sebulan sekali.

-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer