Senin, 08 April 2013

Ikan serpent loach


Ikan serpent loach (akuariumhias) -Adalah di antara type ikan loach atau serowot bagian famili balitoridae. datang dari sungai sekong atau xe khong di negara laos serta tampaknya adalah spesies endemik sungai tersebut. sungai sekong sendiri adalah di antara dari anak sungai mekong.

Sebagai sisi dari sistem sungai mekong, ada gagasan untuk membendung sungai ini dengan bendungan plta. tetapi sayangnya gagasan tersebut sudah disetujui pemerintah, di kuatirkan kelangsungan ikan-ikan yang hidup pada sungai ini dapat terancam. Habitat yang didiami oleh ikan ini yaitu sungai-sungai dangkal yang mengalir dengan cepat, hulu sungai yang sarat oksigen, kolam-kolam, dan tempat air terjun didalam sebagian masalah. tempat yang dihuni oleh ikan ini umumnya penuh dengan bebatuan serta kerikil dan kaya dapat oksigen. serpent loach berukuran kecil, panjangnya cuma lebih kurang 5 cm saja. tubuhnya berupa memanjang, dengan sirip berwarna belang hitam serta putih. warna tubuhnya yaitu coklat muda yang diselingi garis-garis berwarna kuning, coraknya tersebut bikin ikan ini terlihat menarik.

Ikan ini sesungguhnya tidak terlampau sukar dipelihara, seandainya dipelihara didalam situasi yang benar. direkomendasikan untuk memeliharanya didalam akuarium yang di-setting menyerupai habitat aslinya. supaya sesuai layaknya habitat aslinya, pakai substrat pasir atau kerikil halus dibarengi dengan batu-batuan. imbuhkan juga sebagian cabang kayu serta tanaman air supaya lanskap pada akuarium tidak berkesan kaku. akuarium yang diperlukan tak perlu besar, cukup siapkan akuarium berukuran 75 kali 30 kali 30 cm. dengan alami, ikan ini toleran pada akumulasi polutan organik layaknya ikan yang lain, tetapi supaya tumbuh dengan sehat situasi air yang bersih amatlah diperlukan. tiap-tiap 1 minggu sekali, minimal 30-50 persen dari keseluruhan volume air mesti diganti. situasi air yang diperlukan ; ph 6-7 temperatur air 23-26 °c.
 
Serpent loach yaitu ikan omnivora walau beberapa besar makanannya di alam liar terdiri atas serangga kecil, cacing, krustasea, dan zooplankton yang lain. terlebih, ikan ini jarang konsumsi makanan yang bersumber dari tetumbuhan. didalam akuarium ikan ini bisa diberi makan pakan kering dengan pembagian yang sesuai. makanan sehari-hari lain yang bisa diberi yaitu pakan hidup atau pakan beku, salah satunya daphnia, artemia, bloodworm, dan sebagainya. situasi makanan yang baik dapat punya pengaruh pada pewarnaan tubuh. 

Serpent loach berkarakter pendamai pada ikan lain maupun spesiesnya sendiri. pemeliharaan dengan berkelompok amat disarankan, idealnya minimal ada empat ikan didalam satu grup. ikan yang pas sebagai tankmates untuk ikan ini diantaranya gourami ( sepat ) hias ; type cyprinid layaknya barb, danio, rasbora ; loach ; maupun type ikan pendamai yang lain. berhubung ikan ini berukuran kecil, janganlah memeliharanya berbarengan ikan yang agresif atau predator dikarenakan ikan ini dapat dimangsa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer