Senin, 01 April 2013

Mas koki wakin


 

Mas koki wakin (akuariumhias) -Type mas koki yang dijuluki oleh orang jepang dengan nama mas koki wakin ini sebenarnya mas koki biasa ( common goldfish ). Dimaksud mas koki wakin, dikarenakan bentuk fisiknya belum banyak beralih. Tampilannya tetap layaknya karper krusian, cikal akan ikan mas koki. bila karper krusian berupa memanjang serta langsing, wakin mempunyai tubuh agak bundar. panjang 17, 5-20 cm. ekor ikan koki wakin lebih lebar serta panjang. apabila mencermati peta genetika yang dibikin oleh Dr. Matsui.

Bisa dilihat bahwa wakin adalah mutasi segera karper krusian merah. saat kecil, mas koki wakin mempunyai gabungan warna pada kecokelatan, biru serta hitam. gabungan warna itu lebih dikenal sebagai warna besi. pada perubahannya, dengan bertahap warna itu beralih jadi kuning, oranye, putih, atau belang oranye serta putih. 


Di antara karakter khas koki wakin yaitu gerakannya yang lincah serta atraktif. ikan ini kurang pas dipelihara didalam akuarium berbarengan dengan type mas koki yang bergerak lamban serta tenang layaknya veiltail ( koki tosa ), lion head ( kepala singa ). bila dipaksakan digabung, maka sirip serta mata mas koki yang bergerak lamban dapat rusak akibat kerap dicolek mas koki wakin. 

Mas koki wakin juga senang memonopoli pakan, mengakibatkan pasangannya yang berbentuk lamban kemungkinan jadi kurus akibat kurang makan. mas koki wakin lahir di China. ikan ini masuk ke Jepang melewati tempat sakai, sesuatu kota dekat osaka, Jepang. orang jepang amat suka mas koki wakin dikarenakan tubuhnya yang gagah. warna merah yang dominan di tubuhnya adalah lambang pada acara perayaan tradisional jepang. mas koki wakin amat pas untuk dipelihara di kolam ikan hias yang ada di taman. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer