Jumat, 24 Mei 2013

Ikan Frontosa cichlid


ikan-frontosa-cichlid

Ikan Frontosa cichlid (akuariumhias) -Dikenal juga sebagai humphead cichlid merupakan ikan dari keluarga cichlide yang asli ditemukan di danau tanganyika, Afrika Timur. Di alam aslinya, frontosa bisa tumbuh sampai 35 cm namun di aquarium cuma dapat berukuran 20 – 30 cm. Ikan ini berwarna terang dengan pita hitam besar vertikal sejumlah 6 – 7 buah berwarna hitam kebiruan. sirip, ekor serta kepala juga berwarna biru. Ikan ini memerlukan akuarium yang lebar untuk perawatan serta berbentuk tidak terlampau agresif bila dalam kelompok. Frontosa berbentuk karnivora lantas janganlah dipelihara berbarengan ikan yang lebih kecil dikarenakan ikan ini dapat membuatnya sebagai santapan. Meskipun terlihat tak ada problem dalam kelompoknya, sebenarnya ikan ini dapat berbentuk teritorial untuk mendapatkan area yang pas.

Ikan frontosa hidup di air dalam, apalagi lebih dalam di banding ikan yang biasa menghuni rongga. mereka hidup pada kisaran suhu 23 – 29 derajat celcius,serta ph 7 – 8,9 dengan kedalaman 10 – 50 m. Ikan ini berbentuk monomorfik yakni nyaris identik atau tak ada perbedaan fisik pada jantan serta betina. Jantan umumnya memiliki “jenong” ( punuk diatas kepala ) di banding betina tetapi ini tidak senantiasa. Ikan frontosa merupakan perenang lambat serta tidak melepas banyak daya untuk berburu mangsa, hingga perburuan condong dikerjakan malam hari. sebagai mouth-brooder, frontosa berbentuk polygamous atau jantan tidak dalam cuma satu pasangan waktu bertelur. 

ikan-frontosa-cichlid

Tehnik breeding ikan frontosa tidak terlampau sulit di akuarium. Letakkan satu jantan serta sebagian betina dalam satu tangki. waktu melakukan aktivitas seksual, jantan dapat beralih jadi lebih biru terlebih pada hidungnya. Sesudah memililih betina, jantan dapat memastikan area serta merilis semen untuk mengisyaratkan di mana dia pergi. area yang dipilih umumnya berbatu untuk betina melepas telur. betina dapat melepas telur serta mengulangnya berapa kali serta sebenarnya semen jantan cukup dapat membuahi seluruh telur betina beberapa menit sesudah telur dikeluarkan. Betina dapat letakkan 50 telur yang sudah dibuahi di mulutnya serta menahannya sepanjang 5 minggu. anak ikan yang dirilis mesti segera dipisahkan dari dewasa dikarenakan anak ikan yang berukuran kurang dari 3 inci dapat dimakan oleh dewasa.

-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer