Minggu, 19 Mei 2013

Ikan Kribensis


ikan kribensis

Ikan kribensis (akuariumhias ) -Merupakan ikan golongan cichlide yang endemik dari sungai – sungai di afrika barat ( nigeria serta kamerun ). ikan ini amat popular sebagai ikan hias aquarium dikarenakan tak hanya warna tubuh yang menarik juga ukuran tubuh yang relatif kecil yaitu 8 – 10 cm.

Sisi punggung berwarna kecoklatan dengan kemilau biru serta perut berwarna putih dengan pola ungu yang cukup lebar. insang ditutupi dengan pola coklat yang berwarna merah diatas serta biru dibawah. tubuhnya memiliki stripe hitam yang membujur dari pangkal ekor sampai ke mulut. mulut kribensis berwarna pink sampai merah. ukuran tubuh ikan betina biasanya lebih kecil serta lebih bulat di banding jantan.

Ikan kribensis berbentuk omnivora memakan apa saja terhitung cacing, alga, crutacea serta serangga. di habitat aslinya, kribensis hidup pada sungai bersuhu hangat yaitu 24 – 26 derajat celcius,serta ph 5, 6 – 6, 2. Membedakan ikan jantan serta betina tak hanya bisa dilihat dari ukuran tubuh, bisa dilihat dari sirip panggulnya. sirip panggul ikan jantan berupa meruncing namun pada betina berupa bulat.

ikan kribensis

Tehnik reproduksi atau breeding tetap sedikit diketahui tetapi di alam bebas ikan dapat bertelur gali lubang dibawah tanaman air. lubang buatan di tangki kemungkinan juga bisa dipakai sebagai area bertelur meskipun ikan dapat condong tetap menggali juga untuk letakkan telur.

Betina dapat menentukan jantan yang sangat kuat di grupnya dengan langkah mencerahkan warna ungu di perutnya serta menggetarkan badannya didepan si jantan sebagai sinyal siap bereproduksi. telur umumnya ada di permukaan lubang dengan jumlah 50 sampai 300 butir di sarangnya. telur yang berwarna cokelat kemerahan tersebut dapat menetas sesudah 2-3 hari serta ke-2 induknya selalu melindungi anakan ikan tersebut umumnya sampai 28 hari.
ikan kribensis

Anakan ikan dapat bebas berenang sesudah 4 hari serta bisa diberi makanan berukuran mini layaknya artemia atau pellet. perawatan di aquarium suka setting dengan banyak tanaman meskipun kribensis tak lagi menyentuhnya, disamping itu keberadaan kayu serta batu dapat bikin ikan ini lebih nyaman. kribensis bukannlah ikan agresif hingga bisa dipelihara dengan ikan lain yang seukuran layaknya cichlid kecil, barb serta tetra.


-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer