Kamis, 16 Mei 2013

Ikan seluang

Ikan seluang (akuariumhias) -Merupakan di antara bagian ikan dari genus rasbora. ikan type ini mempunyai tubuh memanjang, agak pipih, bersisik tidak tebal, warna tubuh putih kekuningan serta memiliki sepasang mata jernih, pada sebagian spesies ada garis kehitaman dibagian sedang badan.

Banyak type ikan rasbora bisa ditemukan di indonesia, di antaranya rasbora bankanensis, ikan seluang dari pulau bangka, sumatera, mempunyai panjang tubuh 10 cm dengan garis kebiruan dari pangkal ekor sampai ke pertengahan tubuh.

Sekarang ini, rasbora telah umum jadikan ikan hias, dikarenakan warna keperakan mereka yang sesuai dengan tanaman air ( untuk aquascape ) serta perawatannya gampang. sebagian spesies rasbora yang kerap jadikan ikan hias aquascape diantaranya : red-tail rasbora, eye-spot rasbora, scissortail rasbora, serta harlequin rasbora.

Habitat
Ikan seluang bisa ditemukan di lokasi asia tenggara serta afrika. seluang hidup di sungai serta rawa berair tenang didalam rimba. populasi seluang di perairan umum telah jarang ditemukan. di alam bebas, seluang umumnya hidup begerombol di bagian permukaan sampai sisi sedang perairan.

Waktu curah hujan tinggi serta permukaan air meningkat, seluang lebih gampang ditemukan dikarenakan mereka bergerak bebas di permukaan air mengejar makanan. tetapi, saat suhu air meningkat terlebih pada musim kemarau, seluang dapat condong berkumpul serta berteduh dibawah pohon. seluang dapat bertahan hidup pada suhu air pada 22 sampai 26°c.

Waktu berkembang biak, ikan seluang dapat melekatkan telur-telurnya pada tumbuhan air. ikan seluang yang tetap berukuran kecil bercorak putih keperakan dengan garis-garis kehitaman yang membentang di ke-2 segi tubuhnya. tetapi waktu membesar, warnanya dapat memudar jadi putih kekuningan.

Makanan
ikan seluang yaitu ikan omnivora. makanan mereka bermacam dimulai dari zooplankton, lumut, crustacea kecil ( layaknya kutu air ), telur ikan ( terhitung telur dari type mereka sendiri ), serangga, sampai cacing tanah.

Kerabat
Seluang/rasbora juga mempunyai kerabat dari satu keluarga/family cyprinidae yang mempunyai cii-ciriistik nyaris sama, yakni danio, devario, puntius, serta boraras.

-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer