Senin, 06 Mei 2013

Membuat sendiri akuarium


Membuat sendiri akuarium (akuariumhias) -Konstruksi wadah akuarium amat bergantung pada design yang dapat ditangani menurut bentuk akuarium yang di idamkan. Bentuk akuarium yang biasa dipakai sebagai wadah budidaya ikan diantaranya yaitu akuarium segiempat, akuarium trapesium, akuarium segidelapan, akuarium segienam, akuarium botol serta akuarium ellips. yang dapat kita ulas didalam langkah bikin akuarium ini yaitu akuarium segi empat.

Sesudah berencana bentuk akuarium kaca yang dapat dibikin, langkah setelah itu memastikan ukuran kaca yang dapat dipergunakan untuk bikin akuarium. Ukuran kaca yang dapat dipakai umumnya berkisar pada 3 mm – 16 mm. sebagai acuan didalam langkah bikin akuarium, ukuran kaca yang dapat dipakai bisa dilihat pada tabel . untuk kaca yang dapat dipakai sebagai basic akuarium baiknya ketebalannya ditambah – 2 mm.

Perbandingan pada ukuran akuarium dengan ketebalan kaca untuk bikin akuarium.




Sesudah memastikan bentuk serta ukuran kaca yang dapat dipergunakan untuk langkah bikin akuarium maka langkah setelah itu yaitu memotong kaca. Kaca yang dipergunakan untuk bikin akuarium tetap didalam bentuk lembaran kaca. ada sebagian langkah yang perlu di perhatikan saat memotong kaca diantaranya yaitu:

1. Tempatkan lembaran kaca pada meja kerja, meja kerja mesti didalam situasi datar serta bersih. perihal ini untuk hindari berlangsungnya keretakan kaca yang dapat dipergunakan waktu sistem bikin akuarium.


Langkah meletakan lembaran kaca

2. Ukuran kaca yang dapat dipotong ini sesuai dengan bentuk akuarium yang dapat dibikin. saat membuat potongan potongan kaca, lembaran kaca dibikin polanya terlebih dulu gunakan spidol serta penggaris besi. pola yang telah dibentuk bisa segera dipotong. ( langkah bikin kaca akuarium )



Mengukur kaca

3. Untuk memotong kaca pakai alat pemotong kaca yang banyak dijual di toko besi.


Memotong kaca waktu bikin akuarium

4. Sesudah kaca terpotong, sisi tepi dari potongan-potongan kaca mesti dihaluskan dengan gerinda atau batu asahan karborondum.


Langkah menghaluskan sisi tepi kaca

Sesudah kaca yang diperlukan untuk bikin akuarium tersebut disediakan langkah setelah itu didalam langkah bikin akuarium sendiri ini yaitu melakukan perakitan akuarium. saat merakit akuarium diperlukan kecermatan serta ketepatan saat merangkainya.
Kaca sebagai bahan utama didalam langkah bikin akuarium bisa didapatkan dengan langkah beli lembaran kaca atau beli potongan kaca sesuai dengan ukuran yang pas. akuarium sebagai di antara wadah yang bisa dipakai untuk membudidayakan ikan baik ikan hias ataupun ikan mengonsumsi yang datang dari perairan tawar serta laut bisa didapatkan dengan langkah beli segera ditoko atau membuatnya sendiri.

Membuat akuarium sendiri dapat didapatkan keuntungan diantaranya yaitu harga nya relatif lebih murah, ukuran sesuai dengan keperluan serta kaca yang dipakai memiliki ketebalan sesuai dengan luasan akuarium yang dibikin. ( leuntungan dari langkah bikin akuarium sendiri )

Didalam langkah bikin akuarium, ada banyak hal yang perlu dikuasai supaya akuarium yang dibikin tidak bocor serta tahan lama, yakni merancang/mendesain akuarium, memotong kaca, merakit akuarium serta lakukan uji cobalah pada akuarium tersebut. Akuarium yang dapat dirakit sendiri, langkah awal yang perlu dikerjakan yaitu menyiapkan kaca sebagai basic utama langkah bikin akuarium sendiri. kaca yang dapat dirakit jadi akuarium ini telah didalam bentuk potonganpotongan kaca yang ukurannya sesuai dengan ukuran akuarium yang dapat dibikin.

Sebelum saat dirakit kaca-kaca tersebut baiknya dikerjakan penggosokan gunakan batu asahan karborundum atau gerinda. perihal ini mempunyai tujuan supaya didalam langkah bikin akuarium tidak beresiko untuk pemakainya.

Kaca-kaca yang sudah dihaluskan seluruh sisi tepinya dengan gerinda ini sudah siap untuk dirakit. langkah setelah itu yaitu menyiapkan alat serta bahan yang lain yakni lem kaca silikon, alat tembak lem, lakban besar serta cutter. lem kaca yang dipakai yaitu lem silikon yakni lem spesial buat merekatkan kaca supaya menempel dengan baik supaya saat membuat akuarium tidak bocor. alat tembak lem silikon ini berperan untuk meringankan si pembuat akuarium saat merakit akuarium, bentuk alat tembak ini layaknya pistol hingga dimaksud alat tembak.
 



Lem silikon serta alat tembak lem yang dipergunakan didalam langkah bikin akuarium sendiri


Pemakaian alat tembak lem

Namun lakban yang dipakai didalam langkah bikin akuarium sendiri baiknya lakban plastik yang berwarna coklat atau hitam dengan ukuran lebar lakbannya yaitu 5 cm. lakban ini berperan untuk menolong berdirinya kaca dengan kaca yang lain supaya tidak berubah yang meringankan didalam pemberian lem kaca waktu bikin akuarium sendiri.

Plakban pada kaca

Pada waktu tempelkan lem silikon ke kaca waktu bikin akuarium sendiri baiknya ketebalan lem pada seluruh permukaan kaca sama. perihal ini dapat bikin ketebalan lem sama pada tiap-tiap sudut. sesudah seluruh kaca terakit jadi akuarium, langkah setelah itu yaitu mengeringkan akuarium tersebut minimal sepanjang 24 jam supaya lem silikon tersebut betul-betul kering.


Mengeringkan akuarium

Langkah paling akhir saat merakit akuarium yaitu melakukan uji cobalah pada akuarium tersebut. ujicoba tersebut dikerjakan isi air ke didalam akuarium sepanjang 24 jam serta cermati adakah sisi yang bocor. untuk beroleh akuarium yang rapi sesudah diuji cobalah bersihkan lem yang tidak rapi gunakan cutter. (langkah membuat akuarium selesai)

-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer