Jumat, 10 Mei 2013

Penyakit pada ikan cupang


Penyakit pada ikan cupang (akuariumhias) -Penyakit yang menyerang cupang biasanya penyakit parasiter serta nonparasiter. penyakit parasiter dikarenakan parasit berbentuk jamur, bakteri, virus yang menyerang organ didalam serta luar tubuh. sesaat penyakit nonparasiter bersumber dari factor lingkungan, contohnya ph serta dh yang tidak stabil, air kotor sampai mengakibatkan minimnya oksigen yang terlarut di dalam air.
Whitespot
Pemicunya yaitu cendawa ichthyopthirius multifiliis. ikan dapat berenang layaknya tersentak-sentak, ikan kerap mengosok-gosokan tubuhnya kedinding wadah serta tubuh ada banyak titik putih layaknya butiran garam dapur.
Perendaman dengan air yang kemudian dilarutkan dengan mythylene blue selama kurang lebih 5 hari serta penjemuran matahari pagi dapat menangani penyakit ini.

Velvet

Pemicunya parasit famili dinoflagellate, yakni oodinium pillularis yang berukuran di bawah 15 mikron. ikan dapat seringkali berdiam diri dipermukaan air, ekor menguncup, tubuh diselaputi lendir serta tubuh pucat. Perendaman dengan air yang terlarut dengan menggunakan obat antibakteri bisa menghindar serta mengobati penyakit ini.

Dropsy
Pemicunya yaitu salmonella sp serta virus-virus yang sulit sekali dikenali. yang terbawa oleh pakan yang kurang higienis atau air yang kurang bersih. tanda-tanda umum sisik ikan layaknya berdiri layaknya kulit biji salak serta ikan dapat kesusahan bikin kotoran sampai perut ikan dapat membesar. Sulit mengobati ikan yang diserang penyakit ini.

Cacingan
Pemicunya parasit golongan cacing nematoda, yakni ascaris lumbricoides. yang tertular melewati pakan yang kurang higienis. Perendaman dengan obat anti cacing layaknya wormx dsb sepanjang 4-7 hari bisa mengobati penyakit ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer