Sabtu, 18 Mei 2013

Selamatkan habitat asli ikan arwana


Selamatkan habitat asli ikan arwana (akuariumhias) -Warga desa Serapung kabupaten Pelalawan, Riau, merencanakan mengelola rimba desa untuk menyelamatkan habitat ikan arwana yang keberadaannya terancam punah.
Kami berbarengan sebagian pihak pingin lakukan revitalisasi ikan arwana di rimba desa, kata direktur yayasan mitra insani ( YMI ) Zainuri Hasyim pada pada di Pekanbaru.
Rimba desa segamai ada di kecamatan teluk meranti, namun desa serapung ada di kecamatan kuala kampar.

Ia menjelaskan, YMI merupakan pendamping warga setempat berbarengan sebagian LSM lingkungan yang lain turut menginisasi pengusulan dua rimba desa di tempat itu, yaitu rimba desa serapung serta desa segamai.


Menurut dia, habitat ikan arwana ada di sesuatu tasik (danau) di dalam rimba desa serapung. Warga setempat telah lama tahu keberadaan arwana type perak di area itu, serta melalui pengelolaan rimba desa dapat dicoba untuk dilestarikan. harapannya, populasi ikan tersebut dapat terus jadi tambah serta dapat dibudidayakan dengan alami supaya berikan kesejahteraan untuk warga setempat.
Dari dinas perikanan serta kelautan pelalawan juga mulai lakukan pemetaan potensi arwana disana, tuturnya.

Warga setempat dengan pertolongan ymi mulai mengusulkan status rimba desa di desa serapung serta segamai sejak dua tahun lantas. walau dalam perjalanannya alami banyak hambatan, tetapi selanjutnya menteri kehutanan ( menhut ) mengeluarkan SK menhut nomer 154 serta 155/menhut-ii/2013 perihal penetapan areal kerja rimba desa segamai serta serapung.

SK persetujuan untuk rimba desa seluas 4. 000 hektar itu di tandatangani pada 8 maret 2013, hingga berikan keabsahan atas hak kelola masyarakat yang pertama di provinsi riau.

Menurut dia, warga setempat kelak dapat membentuk instansi pengelola dapat koperasi. lantas, gagasan pengelolaannya dapat segera disepakati yang di antaranya dapat berbentuk revitalisasi habitat ikan arwana di rimba desa serapung.

Menurut Zainuri, gagasan pengelolaan dua rimba desa itu kedepannya dapat dikelola berbarengan serta keuntungannya untuk keperluan komunal warga yang turut melindungi kelestarian rimba desa itu. dengan spesifik, zainuri menyebutkan gagasan pengelolaan dapat berbasis pertanian layaknya penanaman kebun karet serta juga tanaman jelutung.

Warga juga telah menanami 6. 000 bibit jelutung apalagi sebelum saat memperoleh SK menhut, tuturnya.

Penanaman beberapa ribu pohon jelutung itu merupakan bentu usaha merehabilitasi lokasi rimba serta kedepannya dapat di dukung dengan langkah penutupan kanal di tempat gambut dengan pembuatan bendungan ( dam ).

Tanaman jelutung itu kelak dapat membuahkan dikarenakan getahnya layaknya karet serta dapat dipanen 1 minggu sekali, tuturnya.

Tetapi, sebelum saat itu zainuri menyebutkan pihaknya membidik pada tahun ini bisa beroleh hak pengelolaan rimba desa dari gubernur riau. pengusulan hak pengelolaan rimba desa itu dapat diserahkan melewati bupati pelalawan.

Penyebab, bila sampai dua tahun tidak diterbitkan hak-hak pengelolaan rimba desa, maka izin rimba desa dari menhut dengan otomatis dapat dicabut, tuturnya.

Namun, jika seluruh kriteria dapat dipenuhi, maka warga setempat dapat mengelola dua rimba desa itu sepanjang 35 tahun sesuai ketetapan yang berlaku.

Rimba desa ini dapat mengembalikan marwah kami sebagai masyarakat yang hidupnya tidak dapat terlepas dari rimba, tetapi sebenarnya sekarang ini tidak mempunyai rimba, kata kepala desa serapung, jasman.

Ia menyebutkan, warga setempat selalu beri dukungan pengelolaan rimba tersebut untuk kehidupan periode saat ini serta anak-cucuk mereka dimasa depan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer