Selasa, 11 Juni 2013

Cara memberikan pakan ikan koi


memberi pakan ikan koi

Cara memberikan pakan ikan koi (akuariumhias) -Berikan makan ikan koi merupakan waktu yang menyenangkan saat memelihara ikan koi. Tetapi kadang-kadang ada sebagian kekeliruan yang dikerjakan saat memberikan makanan koi yang tidak disadari. kekeliruan ini kadang-kadang sampai menyebabkan fatal dari penurunan kualitas sampai kematian ikan koi. Kaidah umum saat memberi makan ikan koi yaitu tambah baik berikan makan dengan jumlah sedikit tetapi dalam frekuensi yang kerap tambah baik dari pada berikan makan dengan jumlah banyak dengan frekuensi yang jarang. 

Kekeliruan pertama 
Yang kerap dikerjakan orang saat memberi makan koi yaitu overfeeding atau berikan makanan terlalu berlebih. Walau koi senantiasa lahap bila diberi makanan tetapi makanan yang terlalu berlebih ini tak lagi dicerna dengan baik oleh koi serta dapat dibuang sebagai kotoran. Kotoran ini tak hanya dapat mencemari lingkungan kolam akan bikin filter kolam bekerja lebih keras. 

Sisa makanan yang berlebih ini mesti segera dibuang dari kolam sesegera barangkali sebelum saat membusuk. makanan koi yang membusuk dapat membuahkan racun yang beresiko untuk ikan koi. 

Kekeliruan kedua
Yaitu terus-terusan berikan makan atau kurang. frekuensi berikan makan ikan koi beragam bergantung pada suhu air kolam. makin dingin suhu air kolam, metabolisme tubuh koi makin lambat hingga frekuensi pemberian makanan juga mesti dikurangi, sebaliknya bila suhu air kolam meningkat metabolisme tubuh ikan koi juga meningkat hingga frekuensi pemberian makanan juga meningkat.

memberi pakan ikan koi

Kekeliruan ketiga
Yaitu mengubah pemberian makanan dengan merk yang tidak sama dengan mendadak. Ganti makanan dengan merk yang tidak sama butuh dikerjakan dengan bertahap, dengan mencampurkan dengan makanan yang lama. campuran makanan dengan pembagian yang sedikit makanan baru, lantas meningkat sampai seluruh berpindah ke makanan baru. rentang waktu lebih kurang 7-10 hari. 

Jenis-jenis makanan spesifik tidak bisa diberikan pada ikan koi serta butuh dihindari. makanan-makanan tersebut diantaranya makanan burung, jagung, kacang tanah, roti, nasi serta kacang polong. alasan nasi serta roti tidak dapat diberikan untuk makanan koi yaitu dikarenakan mengembang saat terkena air. makanan yang berkarbohidrat tinggi dapat mengakibatkan obesitas pada ikan koi. 

Kekeliruan lain yaitu memberikan makanan suplemen yang terlalu berlebih. makanan suplemen untuk ikan koi berbagai macam, yakinkan berikan suplemen sesuai dengan keperluan serta janganlah terlalu berlebih. janganlah berikan suplemen yang tidak diperlulan. 

Memberikan makanan yang baik serta pas dapat menghindari kita dari berikan makanan yang salah pada koi, hingga koi terus sehat serta indah pastinya.

-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer