Senin, 03 Juni 2013

Ikan mata besar


Ikan mata besar (akuariumhias) - Yaitu keluarga dari 18 spesies ikan laut. Catalufa yaitu nama umum untuk sebagian bagian alternatif keluarga priacanthidae. Etimologi dari nama ilmiah ( prioo-, gigitan + akantha, duri ) merujuk pada yang amat kasar, berasal dari keluarga ikan berduri.
Nama umum dari bigeye merujuk pada bagian mata yang luar biasa besar dari spesies, pas untuk pola hidup serta karnivora nokturnal mereka. priacanthidae merah umumnya cerah, tetapi sebagian mempunyai pola dalam perak, hitam, coklat atau hitam. Beberapa besar spesies meraih keseluruhan panjang maksimum lebih kurang 30 cm ( 12 in ), walau dalam sebagian spesies panjang mencapai lebih dari 50 cm ( 20 in ).

Sebagian bagian keluarga ini yaitu ikan asli di perairan tropis serta subtropis dari samudra hindia serta pasifik, namun ada juga empat spesies (japonicus cookeolus, heteropriacanthus cruentatus, priacanthus arenatus serta pristigenys alta) di Atlantik. Mereka condong untuk tinggal di dekat batu atau batu karang, walau sedikit yang diketahui menghuni perairan terbuka.

Banyak spesies yang ditemukan di perairan yang relatif dalam, dibawah kedalaman dicapai dalam scuba diving normal. sebagian spesies ikan sebagai makanan ikan. priacanthidae diidentifikasi sejak awal tanggal fosil ke zaman eosen sedang periode tersier rendah, atau lebih kurang 40 sampai 50 juta tahun yang lalu.

-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer