Minggu, 23 Juni 2013

Makanan untuk ikan koi

makanan ikan koi
  
Makanan untuk ikan koi (akuariumhias) -Biasanya dipergunakan untuk merangsang perkembangan, menambah kualitas warna serta melindungi kesehatan ikan. Ikan koi mempunyai manfaat metabolisme tubuh yang sangat baik pada suhu diatas 21 derajat celcius. Dikarenakan itu tak hanya makanan yang memiliki kandungan unsur-unsur penting yang diperlukan ikan koi, butuh memperhitungkan juga saat-saat yang pas untuk berikan makanan. Didalam berikan makanan pada ikan koi mesti dijaga komposisi yang seimbang serta ideal pada makanan yang ditujukan untuk perubahan serta makanan untuk mencerahkan warna. makanan growth stimulant ( untuk perubahan ) yang terlampau banyak dapat bikin warna ikan koi jadi pudar, walau perkembangan ikan dapat amat cepat. pemberian pakan dengan color enhancher yang terlalu berlebih juga tidak baik dikarenakan perkembangan dapat terhalang. Bikin koi jadi indah serta berkembang dengan baik yaitu atur makanan berikut pola makannya.

Makanan serta perkembangan koi

Makanan mempunyai peran yang cukup penting untuk perkembangan serta perubahan ikan koi. tak hanya factor makanan factor lain yang merubah perkembangan koi yaitu kualitas air, temperatur air, kepadatan ikan dalam kolam, luas kolam serta factor keturunan. walau ikan koi bisa tumbuh serta jadi tambah besar bersamaan jadi tambah usianya, tetapi pada umur masak untuk reproduksi ( kurang lebuih 2 tahun ) perkembangan ikan koi dapat alami perlambatan. pada saat ini makanan semakin besar dipergunakan untuk produksi telur pada koi betina serta produksi sperma untuk koi jantan.

Makanan untuk ikan koi layaknya halnya hewan lain mesti memiliki kandungan mempunyai kandungan sebagian elemen, layaknya protein, lemak, karbohidrat, vit. serta mineral.

1. Protein
Protein terbuat dari asam amino. tiga belas asam amino esensial mesti terdapat didalam diet koi. protein sangat mungkin koi tumbuh, memperbaiki jaringan yang rusak serta membuahkan telur atau sperma dengan baik. kekurangan protein atau asam amino essensial mengakibatkan ikan koi tumbuh lebih lambat serta bila problem ini berlanjut, bisa mengakibatkan deformasi tulang belakang. amat baik menentukan makanan koi dalam wujud pellet yang mempunyai prosentase protein yang tinggi ( di atas 30% ). Protein alami bisa didapatkan dari hewan alam layaknya cacing sutera.

2. Lemak
Lemak merupakan sumber daya untuk ikan koi, peran penting mereka saat menyediakan fattyacids, layaknya trigliserida serta fosfolipid, komponen vital dari membran yang melingkari seluruh dinding sel. koi bisa bikin nyaris seluruh asam lemak yang mereka perlukan dengan pengecualian dari asam linoleat serta linolenat, yang amat penting serta mesti disiapkan dalam makanan. Asam linolenat dibutuhkan untuk perkembangan. seluruh lemak yang dibikin dalam langkah yang serupa dengan protein, namun asam lemak, dari pada asam amino, terikat berbarengan dengan gliserol. Bila asam lemak esensial dihilangkan dari makanan, tanda-tanda rusak sirip, jantung serta bisa menyebabkan problem hati. lemak mempunyai titik lebur yang rendah serta dikarenakan itu lebih gampang dicerna oleh ikan koi.

Lemak bisa didapatkan berbahan makanan dari ikan, kedelai serta minyak jagung serta gandum. asam lemak jadi tengik bila bersentuhan dengan udara yang dikenal dengan satu sistem kimia oksidasi. dalam koi, hati yaitu organ utama untuk menaruh lemak serta bila diberi makan makanan basi pada mereka, bisa mengakibatkan penyakit serta kematian.

makanan ikan koi
3. Karbohidrat
Karbohidrat juga membentuk daya untuk metabolisme ikan koi. terlampau banyak karbohidrat dapat amat jelek untuk kesehatan koi, yang menyebabkan merosotnya kekuatan hati saat menyimpan zat-zat glikogen. squash, roti, kacang polong, jeruk buah-buahan serta semangka yaitu sumber karbohidrat yang baik.

4. Vitamin
Vit. yang penting untuk metabolisme tubuh serta perkembangan ikan koi, keperluan vit. dapat meningkat sepanjang masa pemijahan. vit. merupakan zat kompleks terstruktur, cuma diperlukan dalam jumlah kecil di makanan, namun kekurangan bisa mengakibatkan masalah klinis. Vit. dibagi jadi dua kelompok : larut dalam lemak serta larut dalam air. 

Vit. yang larut lemak yang ditemukan dalam beragam wujud, seluruh yang dimetabolisme perlahan-lahan serta bisa disimpan dalam lemak tubuh. berlebihan vit. yang larut dalam lemak bisa mengakibatkan kondisi yang dikenal sebagai hypervitaminosis, yang, bergantung pada vit., bisa mengakibatkan masalah klinis. vit. yang larut dalam air bisa diserap dengan gampang serta tidak umumnya diekskresikan. vit. a, d, e, k, b1, b2, b6, b12, biotin, kolin & folic acid. vit. c – melindungi sistem kekebalan tubuh untuk menambah resistensi pada penyakit.

5. Mineral
Mineral, dapat menolong manfaat metabolisme basic, dan lakukan tugas-tugas mereka sendiri, yang termasuk susunan kerangka bangunan, osmoregulasi, pembangunan saraf, serta melindungi efisiensi pertukaran gas dalam sistem darah. Sedikit yang diketahui perihal kekurangan mineral pada ikan, barangkali dikarenakan umumnya mineral diserap dari air sekitarnya. umumnya 12 % dari diet terdiri dari mineral, yang terdapat dalam makanan ikan dalam wujud abu.

 Menentukan makanan koi

Pada prinsipnya koi yaitu hewan pemakan segala nya ( omnivora ), dikarenakan itu bisa diberikan makanan apa saja. makanan koi bisa diberikan dalam wujud alami ataupun wujud pellet. makanan alami didapatkan dari sayuran serta binatang yang ada di lebih kurang kita. Untuk perkembangan contohnya bisa diberikan cacing sutera, ulat hongkong, bekicot, udang, kerang, cacing tanah, dapnia ( kutu air ) dan sebagainya. dari sayuran serta buah-buahan bisa diberikan kangkung, wortel, semangka, jeruk serta lain -lain. makanan koi dalam wujud pellet juga mempunyai wujud serta kandungan gizi yang bermacam biasanya ada dua wujud : mengambang serta tenggelam. Makanan mengambang meringankan kita untuk lihat serta mengamati ikan koi waktu mengkonsumsi makanan dipermukaan.

Harga pelet koi juga amat bermacam, mulai yang bernilai murah sampai yang mahal. pakan koi import dari jepang umumnya bernilai mahal namun berkwalitas bagus. pakan koi yang baik yaitu makanan yang memiliki kandungan seluruh zat yang diperlukan koi. disamping itu makanan yang baik tidak bikin kolam koi jadi keruh serta tidak tersisa banyak residu. pakan koi bernilai mahal umumnya diberikan untuk koi kualitas super yang bernilai mahal juga, bila diberikan untuk koi kelas biasa cuma dapat menghambur-hamburkan duit, dikarenakan tak lagi berikan pergantian yang significant pada ikan koi.

Dari segi kandungan makanan koi mempunyai manfaat'>fungsi-fungsi, untuk perkembangan umumnya mempunyai kandungan protein yang tinggi. untuk mencerahkan warna umumnya memiliki kandungan karoten sebagai color enhancher layaknya ganggang spirulina yang banyak menagndung karoten. karoten merupakan zat yang terdapat dalam tumbuhan yang berguna untuk kecemerlangan warna koi. Ganggang spirulina banyak memiliki kandungan zat ini. karoten merubah pigmentasi merah, namun bila dipakai pada konsentrasi terlampau tinggi menyebabkan pigmen putih pada koi dapat jadi merah muda.

Warna ikan koi yang baik bukan sekedar ditingkatkan dengan makan penambah warna yang baik saja, namun butuh makanan yang bisa menambah kesehatan serta daya tahan tubuh yang baik dikarenakan ikan yang sehat condong mempunyai warna lebih terang dari pada yang berpenyakit.

Warna putih pada koi dapat cemerlang bila kondisi lingkungannya baik. pigmen merah serta kuning berkembang dengan baik di air yang kaya fitoplankton hijau ( tanaman bersel tunggal ). Walau demikian pada kolam yang memiliki kandungan fitoplankton sukar untuk nikmati keindahan koi dikarenakan air berwarna hijau, dikarenakan itu butuh makanan diet yang dapat menambah pigmentasi merah. pigmen hitam diperkaya dalam hard water yakni air dengan dengan tingkat ph 7, 5-8, 5. walau demikian merubah serta tingkat ph air bisa merubah toksisitas amonia serta nitrit.
berikan makan ikan koi

Umumnya orang biasanya berikan makan koi 2-5 kali 1 hari. bila koi diberi makan lebih kurang 2-3 kali 1 hari, mereka dapat tumbuh lebih lambat dibanding bila diberi makan 5 kali 1 hari, bila mereka diberi makan 3-5 kali 1 hari, mereka dapat tumbuh cepat serta meraih ukuran maksimum lebih cepat. panduan membarui makan ikan koi yaitu tambah baik berikan makan dalam jumlah sedikit namun dalam frekuensi yang kerap dibanding berikan makanan dalam jumlah banyak dalam frekuensi yang sedikit. pada prinsipnya ikan koi tidak mempunyai perut, bila telah penuh, walau tetap akan makan makanan dapat segera dikelurakan sebagai kotoran. makin banyak ikan koi diberi makan, makin banyak kotoran yang dapat dikelurkan. dikarenakan itu yang butuh dipertimbangkan supaya jangan sempat overfeeding. overfeeding dapat bikin kolam gampang kotor serta dalam periode panjang perut koi jadi buncit.

-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer