Minggu, 09 Juni 2013

Mengobati koi dengan garam


Mengobati koi dengan garam (akuariumhias) -Banyak yang sudah tahu faedah garam saat mengobati ikan koi yang sakit. tetapi sesungguhnya penyembuhan dengan terapi garam ini tidak hanya cuma untuk koi, namun juga ikan-ikan yang lain. yang penting di perhatikan garam yang dipakai yaitu garam ikan, bukan hanya garam dapur. garam dapur mempunyai kandungan yodium yang tidak baik untuk ikan, terlebih ikan yang tengah sakit. garam diakui jadi obat yang efisien untuk ikan koi yang sakit.

Walau jadi obat yang efisien untuk ikan koi yang sakit, tetapi garam ikan tidaklah obat yang sesungguhnya. garam dapat menolong untuk menghimpit perkembangan parasit yang merugikan ikan hingga ikan jadi lebih sehat. berikan garam dibarengi dengan penyembuhan lain yang sesuai dengan penyakitnya yaitu penyembuhan terpadu yang cukup efisien.


Kenapa garam dapat menyembuhkan penyakit ikan koi ?

Pada prinsipnya ikan mempunyai konsentrasi garam internal sebesar 1%, namun air tawar umumnya mempunyai konsentrasi garam 0.1%. Pada waktu ikan koi ada didalam air dapat berlangsung gradien osmotik ada pada ikan serta air yang mengelilinginya. melewati sistem difusi ikan dapat kehilangan garam serta mendapatkan air tawar. Dalam rencana menjaga manfaat seluler yang pas, ikan air tawar dengan terus-terusan mesti menukar garam yang hilang serta mengusir air tawar berlebih. ini dimaksud osmoregulasi serta memerlukan pengeluaran daya untuk ikan. pada ikan yang sakit daya yang dikeluarkan ini dapat menyebabkan penurunan stamina ikan hingga dampaknya ikan lebih rawan pada penyakit sekunder.

Saat garam ditambahkan ke kolam koi, ikan dapat menggunakan daya osmoregulasi yang lebih sedikit. daya ikan bisa disimpan untuk melawan penyakit. keseimbangan osmotik dari sebagian parasit dapat terganggu oleh peningkatan konsentrasi garam sebesar 0. 3% – 0. 5%, pada situasi ini sel parasit alami dehidrasi, pada situasi ini berikan koi peluang berjuang untuk menyembuhkan penyakit.

Bagaimana penyembuhan ikan koi dengan garam ? 

Untuk penyembuhan ikan koi dengan garam, sebaiknya tidak segera berikan garam dengan konsentrasi yang tinggi. langkah terbaik yaitu memberikan garam sedikit untuk sedikit serta menambah konsentrasinya dengan bertahap dalam periode waktu spesifik.

Pada hari pertama dosis garam 0, 5% dari volume air, dengan dosis ke-2 ditambahkan pada hari ke-2 untuk membawa konsentrasi sampai , 0%. biarlah situasi ini sepanjang 1 minggu serta terus amati perubahan kesehatan ikan koi. bila situasi ini terus tidak membaik, koi dapat dimandikan ( bathing ) dalam air garam dengan konsentrasi 2 persen sepanjang lebih kurang 30 menit.

Penyembuhan bisa dikerjakan pada kolam maupun pada bak karantina, tetapi untuk efektifitas tambah baik dikerjakan pada kolam/bak karantina. kolam dikuras serta dikeringkan, ikan koi diobati dengan garam serta obat lain baru sesudah pulih dimasukkan kembali ke kolam. jika bila untuk pencegahan, kolam dapat di bom dengan garam, contohnya sesudah kemasukan air hujan.

Perihal yang butuh diwaspadai

Walau penyembuhan dengan garam yaitu langkah ampuh serta cukup efisien untuk ikan koi, tetapi ada perihal penting yang butuh diwaspadai diantaranya :
  1. Janganlah menggunakan malachite green serta garam pada saat berbarengan, ini tak lagi efisien apalagi menyebabkan negatif untuk ikan koi.
  2. Tutup bak karantina/kolam ikan koi dengan jaring halus. pada waktu penyembuhan dengan pemberian garam, ikan koi condong senang melompat.
  3. Imbuhkan aerasi yang kuat pada waktu penyembuhan dengan garam.
  4. Bila koi terlihat stress pada waktu penyembuhan dengan garam, segera kembalikan ke kolam/bak tanpa garam.
Terapi garam jadi jalan keluar efisien untuk menyembuhkan penyakit pada ikan koi. tetapi penting untuk di perhatikan sebagian situasi yang justru menyebabkan negatif untuk ikan koi.

sumber : central koi

-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer